Daftar Fintech Payment Legal Untuk Transaksi Anda

  • February 7, 2022
  • 132 Views
fintech payment legal di indonesia

Bertransaksi dengan mudah menggunakan fintech payment legal. Berikut informasi cara kerja, manfaat, dan rekomendasi produknya untuk Anda!

Aktivitas pinjam-meminjam uang menjadi hal wajar bagi kebanyakan dari kita. Pun sekarang ini, pesatnya arus informasi menjadikan kegiatan tersebut semakin mudah dilakukan. Fintech melalui produknya P2P Lending membawa kemudahan bagi Anda dalam peminjaman dana. Eksistensinya telah merambah ke payment gateway. Berikut informasi tentang cara kerja, manfaat, dan rekomendasi fintech payment legal untuk Anda!

Bagi anda yang mobilitas pembayaran onlinenya tinggi, tentu saja kehadiran Fintech ini sangat membantu. Inovasi teknologi Finansial ini memberikan kemudahan “tanpa batas”. anda dapat melakukan transaksi keuangan kapanpun dan dimanapun tanpa menyita waktu produktif anda dengan signifikan.

Namun, disatu sisi, inovasi teknologi finansial ini juga dapat saja dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk melakukan kejahatan cyber finansial. oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk memperkaya literasi tentang fintech ini agar tidak mudah tertipu dikemudian hari.

Fintech payment yang menjadi alat pembayaran sebuah transaksi, untuk dilakukan melalui aplikasi belanja online/e-commerce dengan pemanfaatan internet, dari tempat dan waktu tak terbatas. Adapun sistem ini disertai dengan penunjang untuk kegunaannya, meliputi address verification system, security code, 3D secure password.

fintech payment legal

Munculnya sistem fintech payment di Indonesia hadir di tahun 2017. Kemunculan ini disambut oleh pemerinta. Hingga menyiapkan tim pihak khusus untuk kesuksesan Gerbang Pembayaran Nasional. Adapun pihak ini seperti Lembaga Standar, Lembaga Switching, serta Lembaga Service. Tim ini dibentuk untuk ditugaskan dalam pengelolaan dan pengembangan payment gateway di Indonesia, termasuk fintech payment legal.

BACA JUGA  5+ Tips Financial Planning untuk Anak Muda 2022

1.     Cara Kerja Fintech Payment

Jika Anda sering menggunakan e-commerce untuk belanja kebutuhan sehari-hari, hingga belanja dalam jumlah besar untuk dijual kembali, tentu sistem pembayaran ini tak luput menjadi opsi pembayaran belanja Anda.

Adapun cara kerja sistem pembayaran ini meliputi : (1) konsumen melakukan transaksi, (2) penerusan informasi pembayaran ke prosesor pembayaran, (3) notifikasi penerimaan oleh asosiasi penerbit, (4) pemberian kode khusus, (5) informasi keberhasilan transaksi.

2.     Manfaat dan Kegunaannya

Cara kerja fintech payment di atas menjadi gambaran untuk Anda tentang manfaat kegunaan fitur ini di P2P Lending. Berikut manfaat yang akan Anda peroleh: (1} memudahkan transaksi online, (2) cara pembayaran beragam, (3) transaksi lebih cepat, (4) terjamin keamanannya, (5) tidak dikenai limit transaksi, (6) tersedia penukaran kurs secara mudah, (7) transaksi dapat dilakukan dalam satu waktu.

Baca Juga : 20+ Daftar Fintech Legal yang Ada di Indonesia

Penggunaan fintech payment membawa keuntungan bagi debitur, karena sering membagikan promo-promo khusus, bagi customer yang menggunakan sistem pembayaran ini. Adapun informasi fintech payment legal yang sering digunakan, serta memberikan keamanan dan kenyamanan, sebagai berikut.

Doku : sebuah layanan dompet elektronik dengan fitur link kartu kredit dan uang elektronik/cash wallet. Bank yang sudah bergabung dengan Doku antara lain BCA dan Mandiri. Pengguna Doku juga dapat menggunakan fasilitas ini baik untuk belanja online maupun offline.

Finpay : sistem pembayarn yang dikelola oleh PT Finnet Indonesia, sebuah anak perusahaan Telkom Indonesia. Finpay telah melakukan kerjasama dengan perusahaan serta menawarkan hadiah berupa Motor Honda Beat, Iphone 6, dan gadget.

Veritrans : menjadi perusahaan  payment yang bergerak di bidang pembayaran transaksi online. Sistem pembayaran ini juga bekerjasama dengan perusahaan besar seperti Garuda indonesia, Blitz Megaplex, Sribu.com, serta Groupon Indonesia.

Tentu dalam pemanfaatannya, sistem pembayaran ini memiliki kelemahan yang perlu Anda perhatikan. Misalnya sistem pembayaran ini tidak dapat melakukan balance rekening layaknya online banking. Anda pun perlu memiliki jaringan internet baik, agar tidak terjadi masalah saat bertransaksi.

Itulah adalah informasi tentang cara kerja, manfaat, dan rekomendasi fintech payment legal, yang dapat Anda gunakan dalam aktivitas transaksi online. Anda pun perlu menelaah ciri ciri fintech ilegal yang ada di Indonesia melalui web resmi OJK, agar terhindar dari  pinjol online yang kian marak terjadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x