Tata Cara Sholat Taubat yang Benar Sesuai Ajaran Rasul

  • June 2, 2022
  • 11 Views
cara sholat taubat

Tata Cara Sholat Taubat – Manusia di dunia ini tidak sempurna karena setiap orang pernah melakukan kesalahan, baik itu dosa besar maupun dosa kecil, namun semua dosa dan kesalahan itu dapat dibersihkan dengan taubat dan shalat taubat.

Untuk mendapatkan update dan memudahkan membaca artikel dari web ini tanpa membuka browser internet, anda dapat mengunduh Aplikasi dunialiterasi.com di Play Store.

Daftar Isi

Syarat Diterimanya Taubat

Sebelum kita belajar tata cara sholat taubat dengan benar, lebih baiknya kita mengetahui dahulu apa saja syarat di terimanya taubat.

syarat diterimanya taubat - cara sholat Taubat

Di antara nya seperti yang telah di sebutkan oleh  Imam Nawawi rahimahullahu ‘anhu  dalam karyanya Riyadhus Shalihin bahwa ketika terjadi ketidaktaatan antara seorang hamba dan Allah (artinya tidak ada hubungannya dengan hak-hak orang lain),  tiga syarat harus dipenuhi untuk bertobat kepada Allah subhanahu wa ta’ala, antara lain:.

  • 1. Meninggalkan maksiat yang telah dilakukan
  • 2. Menyesalinya dengan jujur
  • 3. Bertekad tidak akan mengulanginya

Dan jika dosa itu berhubungan dengan orang, maka kamu harus membatalkan/mengembalikan hak orang yang pernah kamu dzolimi dan minta maaf padanya.

baca juga: Hukum Sholat jamak karena hajatan – Bolehkah?

Ingatlah juga bahwa dasar penting untuk diterimanya semua pekerjaan kita di dunia ini adalah niat untuk Allah subhanahu wa ta’ala, bukan untuk tujuan duniawi lainnya.

Itulah syarat-syarat di terimanya taubat seorang hamba yang dapat admin ulas. Sekarang mari kita masuk ke pembahasan tata cara sholat taubat dengan baik dan benar.

Tata Cara Sholat Taubat

cara sholat taubat

1.Wudhu dengan wudhu yang sempurna menurut sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam

2. Lakukan sholat taubat dengan 2 rakaat . Sholat taubat dilakukan sendiri, tidak dengan berjamaah.

3. Tidak ada Lafadz khusus untuk niat shalat taubat. Cukup diniatkan hanya dalam hati, tidak perlu diucapkan.

4. Dalam shalat taubat ini tidak ada bacaan khusus seperti pada shalat sunnah dua rakaat lainnya. Setelah membaca Surat Al Fatihah Anda dapat membaca surat – surat pendek apa saja.

5. Setelah selesai sholat taubat, memohon ampun kepada Allah , bertaubat atas segala dosa yang  dilakukan, membaca istighfar dan dzikir sebanyak-banyaknya. Tidak ada bacaan Istighfar khusus setelah sholat taubat. Anda dapat membaca setiap Istighfar. Anda juga bisa memperbanyak sayyidul istighfar:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ أَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Engkau. Engkaulah yang telah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, maka karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yang dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri.”

6. Setelah shalat taubat, sangat dianjurkan untuk bersungguh-sungguh melakukan perbuatan baik lainnya.

Di antara amal saleh yang bisa menjadi penyebab ampunan Allah atas dosa adalah  memperbanyak sedekah. Dorongan untuk memperbanyak sedekah ini adalah untuk meraih cinta Allah ketika sedang bertaubat.

Allah subhanahu wa ta’ala  berfirman,

إِن تُبۡدُواْ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِيَۖ وَإِن تُخۡفُوهَا وَتُؤۡتُوهَا ٱلۡفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيۡرٞ لَّكُمۡۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمۡۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ خَبِيرٞ

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus dosa-dosamu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqarah :271)

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

“Sedekah itu akan memadamkan dosa sebagaimana air dapat memadamkan api.”

(HR. Tirmidzi, di shahihkan Al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi No. 614)

Itulah ulasan admin tentang tata cara sholat taubat yang benar dan sesuai dengan ajaran Rasulullah saw. Setiap orang memang mempunyai banyak kesalahan, maka dari itu sebagai seorang muslim harus banyak meminta ampun dan bertaubat kepada Allah SWT.

Supaya dosa kita diampuni oleh Allah kamu harus tau apa saja syarat bertaubat dan belajar cara sholat taubat dengan benar. Segeralah meminta ampun kepada Allah ketika melakukan dosa dan jangan mengulanginya lagi.

baca juga: Bilangan Rakaat Shalat Tarawih menurut ulama

Semoga artikel tentang tata cara sholat taubat membantu kamu dan semoga dosa-dosa kita di ampuni oleh allah dan semoga kita termasuk dari golongan ahli surga.

Leave a Reply