New: Cara Mulai Usaha Kecil! inilah 12 Tips Suksesnya

Overview

Cara Mulai Usaha Kecil – “Sedikit sedikit lama lama menjadi bukit” kiranya pepatah ini telah lama kita kenal. Hal ini juga berlaku sebagai motivasi kita dalam memulai berbisnis. Bagi kamu yang terbatas modalnya, bisa memulai bisnis dari hal yang kecil, padat karya bukan padat modal. lanjutkan membaca Tips Sukses usaha kecil ini.

Mengawali usaha dari Nol, apapun jenisnya diera modern dan digital saat ini bisa membuka peluang untuk meraih kesuksesan besar di kemudian hari. Sama halnya kita membangun rumah, pastinya diawali dengan pondasi, kemudian secara bertahap dilanjutkan bagian bagian lain yang pada akhirnya terbentuk bangunan utuh yang kokoh.

Usaha kecil, apapun jenisnya tetap memiliki potensi mengantarkan Anda untuk meraih sesuatu yang besar di kemudian hari. Sama seperti kata pepatah, sukses besar diawali dari langkah- langkah kecil. Yang terpenting adalah fokus, tekun, telaten, sabar yang dibarengi usaha dan Doa. Usaha kecil Anda, bukan tidak mungkin akan menjadi semakin besar dan membawa Anda ke level baru yang berbeda.

Sayangnya kebanyakan orang ragu untuk segera memulai usaha kecil, terlalu banyak pertimbangan. Terlalu banyak mendengarkan dan membaca kisah sedih kegagalan membangun usaha. Hehe. Belajarlah dari orang yang telah sukses dengan memulai usahanya dari Nol. Misalnya Juragan 99, crazy Rich dari Malang, yang memulai usahanya dari Nol, menjadi tukang cuci kendaraan, Istrinya berjualan kosmetik online. Kini juragan 99 telah sukses dengan omset ratusan Milyar, memiliki 3 pabrik dan puluhan usaha lainnya.

Pertimbangan sebelum melangkah memang hal penting, namun terlalu banyak pertimbangan akan membuat kita jalan ditempat, mematikan langkah dan pada akhirnya Anda terkungkung di kubangan yang sama. Ketika teman Anda yang lain sedang di puncak gairah dengan bisnis mereka.

Khawatir itu wajar,   dalam bisnis dan usaha memang selalu dihadapkan pada situasi yang tidak pasti. mulai dari khawatir bisnis tidak sesuai, khawatir dengan pemasaran atau juga khawatir tidak balik modal.

Karena itu, penting bagi anda yang akan memulai usaha, selain gerak cepat juga penting sekali untuk memulai usaha dengan cermat, bukan asal- asalan. Kegagalan adalah hantu mengerikan yang seringkali menghantui calon pengusaha. Gagal itu boleh dan tidak masalah. Tapi bukan berarti Anda harus melakukan kegagalan yang sama juga.

Sebaliknya, Anda bisa meminimalisir kegagalan dengan belajar dari kegagalan orang lain. Lakukan lah kegagalan yang lebih keren dan memberi Anda pelajaran yang lebih berkesan. Pelajaran yang menjadikan Anda pebisnis tangguh dan hebat di masa depan. lanjutkan membacara “Sedikit sedikit lama lama menjadi bukit” kiranya pepatah ini telah lama kita kenal.

Hal ini juga berlaku sebagai motivasi kita dalam memulai berbisnis. Bagi kamu yang terbatas modalnya, bisa memulai bisnis dari hal yang kecil, padat karya bukan padat modal. lanjutkan membaca Tips Sukses usaha kecil ini.

cara mulai usaha kecil
wiratech.co.id/

Ingin Sukses? Ikuti tips sukses dan cara mulai usaha kecil berikut ini

Pengalaman adalah guru paling berharga, belajrlah dari pengalaman. Bagaimana jika saya belum memiliki pengalaman dalam bisnis? Belajarlah dari pengalaman orang lain. Ya, anda bisa belajar dari pengalaman orang lain yang telah sukses. Baik pengalaman manis maupun pengalam pahit.

Disekitar saya tidak ada orang yang telah sukses membangun bisnis! Anda dapat belajar dari kisah mereka yang sudah tersebar di internet. Saat ini tidak sulit mencari informasi kisah sukses pengusaha yang memulai usahanya dari NOL. Kisah memang untuk diambil pelajaran. Sebagaimana pepatah arab: Tudzkarol Qissoh lil mawaidz. Kisah dituturkan untuk diambil pelajaran.

Oke, pengantarnya sudah cukup ya… inilah Beberapa Tips Sukses usaha kecil yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda

1. Kuatkan niat, bulatkan tekad

point pertama dalam Tips Sukses usaha kecil ini adalah niat dan kebulatan Tekad. Bahasa kerennya anda harus punya Visi dan misi untuk membangun usaha. Visi Misi ini penting dalam memulai setiap bisnis, baik itu bisnis kecil maupun bisnis besar. Dengan memiliki visi dan misi usaha, maka Anda akan memiliki pijaklan yang kuat untuk mulai melangkah dan membesarkan usaha kecil Anda.

BACA JUGA  Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan Masyarakat Lokal

Bagi anda yang muslim, mungkin anda bisa terinspirasi dari sebuah hadits bahwa segala amal perbuatan itu tergantung pada Niatnya. Dan apa yang akan didapatkan adalah apa yang diniatkan. Analogi visi misi termasuk salah satunya adalah Niat yang kuat dan benar. Visi misi yang bagus, dibarengi Niat yang baik. Itulah dua hal penting dalam memulai usaha. Point ini menggabungkan dua dimensi, dimensi lahir dan dimensi batin.

Ibarat perangkat ada hardware ada software. Maka dari itu, di awal memulai usaha, bersabarlah dalam melangkah. Pastikan Anda sudah mengusung visi dan misi yang kuat dan rencana serta didukung niat yang baik. Kombinasi keduanya akan menjadi pijakan langkah dalam bisnis anda hingga mencapai kesuksesan.

2. Ide Bisnis yang Unik

Tips Sukses usaha kecil selanjutnya adalah Gali Ide Usaha Sedalam- Dalamnya temukan model bisnis yang unik. Bacalah sekitar anda, manfaatkan tools untuk mencari informasi yang berguna mengembangkan ide usaha kecil anda. Segala situasi dan kondisi pun bisa menjadi inspirasi untuk menemukan ide bisnis anda. Misalnya ketika anda diperjalan macet, orang pada emosi dijalan, anda bisa melihatnya sebagai ide bisnis.

Bisa jadi, banyak sekali orang yang stress dengan pekerjaan, mereka butuh media melampiaskan emosinya. Anda bisa menjadikannya sebagai ide bisnis, membuka Bilik pelampiasan amarah. Customer bisa melampiaskan amarahnya di bilik yang anda sediakan, memecahkan piring, merobek foto mantan, berteriak, menangis. Lengkapi biliknya dengan properti yang biasa menjadi sasaran luapan emosi. Pasang tarif dan go bisnis bilik pelampiasan amarah. hehe

Salah satu kunci suskes usaha dari sisi jenis usaha adalah kebaruan dan keunikan. Ibarat orang menulis artikel ilmiah, hal penting yang harus diperhatikan adalah state of the art sesuatu yang baru, belum banyak dipakai bisnis oleh orang kebanyakan.

Hal lain yang mudah anda lakukan juga menggali ide bisnis dari hobi atau passion anda. Rubahlah hobi anda menjadi bisnis dan sumber penghasilan. Point ini akan menambah semangat melangkah anda, cenderung akan stabil dan gampang isiketika sedang berada di titik jenuh atau terbentur masalah, karena memang suai dengan passion anda. jika ingin sukses lanjutkan membaca Tips Sukses usaha kecil ini.

3. Belajar ilmu Bisnis

usaha kecil
https://money.kompas.com/

Pelajarilah ilmu bisnis dan sesuatu yang terlkait. Ilmu adalah dasar dalam melakukan sesuatu. Dalam usaha juga demikian, selain visis misi, niat, ide bisnis, anda harus melengkapi dengan ilmunya. Bukan hanya nekat, dan niat, tapi bagaimana mengelola bisnis, management keuangan, investasi modal, perhitungan BEP, management pemasaran.

Memang benar, ada beberapa orang yang sukses secara “tidak sengaja”, bermodal nekat dan niat tanpa ilmu bisnis. Tapi lebih baik baik kalau anda memiliki ilmu bisnis terlebih dahulu. Tenang saja, bukan berarti anda harus kuliah ilmu bisnis hingga 4 tahun. Anda bisa belajar secara bertahap sambil start bisnis anda. Tentunya sesuai porsi kemampuan anda dalam mengelola bisnis sebagai pemula.

4. Optimis pantang pesimis

Optimis itu penting. Optimisme biasanya dibarengi oleh positif thinking. Namun, jangan kelewat optimis, optimis yang baik adalah dibarengi dengan ilmu. Artinya optimisme anda memiliki dasar, bukan asal optimis dan yakin saja. Tapi dibarengi dengan analisis terlebih dahulu, artinya anda optimis dan yakin dengan peluang, serta pilihan anda didasarkan pada analisis peluang dan hambatan. Jika memang sedang dihadapkan pada dua atau beberapa pilihan.

Salah satu prinsip dalam mengambil pilihan adalah “dar-ul mafaasid muqoddamun ‘ala jalbil masholih” mengutamakan menghindari kerugian daripada mencari keuntungan. Kurang lebihnya demikian dalam memilih langkah bisnis.

 Anda juga pantang pesimis, Jika belum apa- apa Anda sudah pesimis, maka bisa ditebak usaha kecil Anda akan selalu kecil dan sulit untuk berkembang. memang dalam kehidupan ini kita harus balance, seimbang. Over optimis maupun pesimis juga tidak baik. Terapkan prinsip Equilibrium keseimbangan dalam diri, tumbuhkan mental optimis mantabkan langkah.

5. Tidak Ada yang Salah dengan Memulai dari Nol

Tanamkan keyakinan ini, Memulai dari nol tidak perlu membuat Anda merasa minder. Tidak perlu gengsi memulai bisnis dari kecil, bisnis sederhana karena dari yang kecil itulah anda akan mendapatkan yang besar suatu saat nanti.

BACA JUGA  Mengenal 5 Jenis Investasi Syariah yang Bebas riba

Anda dapat belajar dari filosofi menanam pohon jati, durian, kelapa artinay dalam jangka waktu tertentu, untuk mendapatkan hasil yang besar, Anda perlu menginvestasikan waktu, pemeliharaan, pengorbanan dan tentu saja kesabaran. Ringanlah beban Anda dengan memulainya tanpa beban dan tanpa keraguan dan tentunya tanpa Gengsi.

6. Optimalkan Pelayanan

ketika anda sudah memulai bisnis anda, ingatlah satu satu kunci penting ini. Pelayanan optimal. Salah satu yang unik dari karakteristik customer di Indonesia adalah mereka sangat menyukai pelayanan yang baik dari sebuah brand, baik itu yang besar atau usaha kecil yang baru dimulai. Ketika sebuah layanan membuat mereka puas dan bahagia, mereka cenderung akan berlangganan dan tidak akan berpaling ke kompetitor.

Maka dari itu, sangat penting untuk meningkatkan keahlian dalam berkomunikasi dengan mereka. Sesekali sapa lah pelanggan Anda via pesan teks atau #socialmedia. Jika bisnis anda adalah bisnis online. Tanyakan bagaimana kesan mereka terhadap produk Anda. Perhatian kecil seperti ini biasanya akan membuat mereka tidak sungkan untuk melakukan repeat order.

7. Bangun Brand Anda

Ibarat warga atau pendatang baru, anda harus memperkenalkan diri. Membangun citra positif anda. Begitu juga brand usaha baru anda. Anda harus membangun branding usaha anda dengan baik. Hal ini bisa anda lakukan mulai dari pemilihan brand. Mudah diingat, mudah dikaitkan dengan hal hal sehari hari. Sehingga orang akan mudah mengingatnya.

untuk media membangun branding ini, anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis anda. berdasarkan data dari Kominfo pada 2020 pengguna internet 95% nya adalah menggunakan media sosial. besar sekali bukan. potensi anda membangun branding melalui media sosial ini sangat besar.

Proses branding di tahap awal memulai usaha memang lah tidak mudah. Tapi dengan bekerja keras membangunnya, hasil yang Anda peroleh akan sebanding dengan effort yang Anda keluarkan. Dengan menciptakan brand yang baik, Anda akan lebih mudah menjual di masa depan sekaligus meningkatkan level bisnis Anda menjadi lebih baik lagi.

Jika bisnis anda adalah online, cantumkan alamat yang jelas, jika perlu lampirkan foto fisik tempat usaha anda. Bisa proses produksi, rumah usaha, atau anda juga bisa melampirkan foto anda bersama keluarga. Selain untuk branding, hal ini juga meningkatkan kepercayaan calon pelanggan tetap anda.

8. Pandai memanfaatkan teknologi

Jika ingin usaha Anda stabil dan sukses, maka pekalah terhadap inovasi. Kehadiran inovasi teknologi dan trend, tak bisa dipungkiri merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam bisnis. Saat ini revolusi industri 4.0 era digital dan IOT atau internet of things, peran teknologi sangat besar dalam semua sendi kehidupan. Termasuk dalam bisnis anda. oleh karena itu, anda harus meningkatkan Literasi Tekonologi anda

Misalnya kehadiran finansial teknologi atau teknologi pelayanan keuangan dalam bisnis. Anda harus mampu memanfaatkan fintech ini sebagai salah satu metode pembayaran bisnis anda. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan inovasi teknologi dalam promosi, membangun brand anda. Ingatlah, kompetitor anda juga akan melakukan hal sama. Jadi selalu mengikuti perkembangan teknologi merupakan salah satu hal esensial dalam perjalanan bisnis anda. dan bahkan teknologi bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasil yang besar di era saat ini.

Masih ingatkah anda bagaimana kehadiran ojek online mendisrupsi ojek pangkalan. Bagaimana kehadiran marketplace online memaksa ritel offline menerima penurunan omset. Bagaimana gojek, grab mendisrupsi perusahaan taksi konvensional. Mereka harus beradaptasi dengan kehadiran teknologi ini. Begitu juga anda.

Tidak sedikit bisnis yang tumbang hanya karena mereka tidak mau mengikuti ritme teknologi. Jika Anda melakukan kesalahan yang sama, hasil yang buruk bisa menampar Anda dengan cara yang sama.

9. Kenali Kebutuhan Dasar bisnis Anda

meskipun usaha kecil , anda tetap membutuhkan infrastrukjtur Bisnis. baik fisik maupun teknologi. Apa saja yang Anda butuhkan dalam menjalankan jenis usaha Anda? Buatlah catatan tentang kebutuhan dasar ini dan lakukan analisa. Misalnya yang termasuk kebutuhan dasar ini adalah modal, asset ( seperti komputer, website, ruko, alat tulis kantor, dsb ). Jika kebutuhan tersebut over budget atau melebihi kemampuan modal, maka berusahalah mencari substitusinya.

Dengan mengenali kebutuhan dasar dan menganalisa porsi dan level urgensi nya, Anda dapat mengatur budget dengan bijak serta lebih siap ketika usaha kecil Anda sudah mulai berjalan.

BACA JUGA  Kepemimpinan– 5+ cara Meningkatkan semangat kerja 

10. Identifikasi pasar secara berkala

Bisnis tidak sekedar persolaalan modal dan management pengelolaan. Tapi penting bagi anda mengenali market atau pasar. Sebaik produk yang anda miliki, akan percuma jika tidak ada pasarnya. Dalam salah satu teori resiliensi memanfaatkan dan mengenali market atau harness market forcess adalah salah satu cara untuk mempertahankan keberlanjutan.

Tiga hal penting yang harus anda perhatikan, dimensi manusia yang memiliki kebutuhan, lingkungan yang mempengaruhi kebutuhannya dan dimensi sosial eknominya. Dimensi ketiga ini akan mempengaruhi model kebutuhan, kekuatan daya belinya. Sehingga anda dengan mudah mengembangkan inovasi produk anda sesuai pasar yang telah anda kuasai dan pahami.

11. Perhatikan sumberdaya manusia anda

jJika Usaha kecil anda sudah mulai membesar, atau work load Anda sudah terlalu padat dan mulai merasa membutuhkan asisten, tidak ada salahnya untuk mulai merekrut atau menambah karyawan. Merekrut karyawan adalah bagian dari pengembangan usaha, jadi tentu saja bisa Anda lakukan sesuai dnegan kebutuhan.

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan mereka. Buatlah nyaman orang yang bekerja untuk anda. Ingatlah bahwa bisnis anda juga bergantung pada karyawan anda. Sikap anda, royalitas anda akan membangun loyalitas mereka.

Jika ada rejeki lebih, bikinlah event rekreasi bersama mereka, atau luangkan waktu hari libur untuk olah raga bersama membangun keakraban dengan mereka. Misalnya futsal bersama, bersepeda bersama atau sekedar ngopi bersama.

Manfaatkan waktu luang bersama karyawan untuk mengevaluasi usaha anda. Mengembangkan ide, dan perhatikan masukan dari mereka. Sikap pertian kecil anda sangat berarti bagi semangat dan loyalitas mereka untuk anda. Libatkan mereka dalam usaha pengembangan bisnis anda. Bisa jadi, mereka lebih memahami karakter customer anda.

12. Pertahankan loyalitas konsumen anda

Jika usaha kecil anda sudah berjalan, memiliki pelanggan tetap, maka mulailah berfikir mempertahan loyalitas pelanggan anda. Ingatlah bahwa “Ruh” bisnis anda adalah dari pelanggan. Bisnis anda akan tetap hidup jika anda memiliki pelanggan yang percaya pada produk bisnis anda.

Kualitas produk adalah sebuah keniscayaan dalam bisnis untuk menarik dan mempertahan pelanggan. Namun ada beberapa hal penting lain yang perlu anda perhatikan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

  • Pertama pelayan yang memuaskan. Ibarat dikantor ada istilah pelayan prima. Anda harus mampu memberikan pelayanan yang memuaskan. Hal ini bisa anda lakukan dengan membangun komunikasi yang baik. Anda perlu training komunikasi khusus untuk customer service anda. Dengan komunikasi yang baik, maka pelanggan anda akan senang dan puas dan akhirnya akan terus berlangganan.

Ketika mereka komplain, jangan dipersulit, buatlah kepastian aturan komplain yang memudahkan mereka ketika mendapati permasalahan dengan produk anda. Berikan garansi yang jelas, pandulah meraka jika belum tau atau kesulitan dalam mekanisme komplain.

  • Kedua berikan bonus bonus kecil atau sederhana yang sekiranya bermanfaat bagi mereka. Bermanfaat tidak harus mahal, anda bisa menganalisa apa saja barang murah tapi dibutuhkan. Misalnya tissue, asesoris anak anak dan lain sebagainya.
  • Ketiga undian berhadiah secara berkala. Anda bisa mendesain sistem undian yang membuat pelanggan anda terus menjadi pelanggan anda. Misalnya kupon undian didasarkan pada jumlah transaksi, 3 kali transaski mendaptkan 1 kupon undian. Atau didasarkan pada nominal transaksi, misalnya transaksi nominal 500ribu up mendapatkan 1 kupon undian.
  • keempat jika usaha anda adalah online dan menjual produk fisik, berikan diskon ongkos kirim. Salah satu pertimbangan pembeli adalah ongkos kirim. Karena itu, usahakan memberikan banyak pilihan pengiriman. Pelanggan dapat memilih pengiriman dengan ongkos termurah.
  • Kelima perbanyak pilihan metode pembayaran. Jika memakai metode transfer bank, perbanyak pilihan bank nya. Terkadang pelanggan mempertimbangkan jika harus transfer lintas bank. Bukan hanya chargernya tapi juga ada kekawatiran gangguan sistemnya. Oleh karena itu, dengan banyak opsi metode pembayaran pelanggan akan betah menjadi pelanggan anda. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan fintech yang saat ini sudah sangat banyak sebagai metode pembayaran.

Inilah 12 tips memulai usaha kecil yang bisa anda jadikan inspirasi untuk memulai bisnis anda.

Setelah membaca 12 tips sukses usaha kecil ini, maka tugas Anda selanjutnya adalah action untuk memulai langkah kecil Anda. Tanpa action, bacaan sebanyak apa pun tidak akan berpengaruh terhadap hidup Anda. Setuju ya?? Selamat mencoba. Dan semoga sukses. Jika bermanfaat share ya…… see u pada artikel berikutnya

Leave a Reply