Cara Menghitung Rata-Rata Di Excel Yang Benar

  • June 2, 2022
  • 12 Views
cara menghitung rata-rata dengan cepat melalui MS excel

Mau tahu bagaimana cara menghitung rata-rata yang benar dan cepat di Microsoft Excel? Berikut ini admin bagikan cara-caranya lengkap, yuk baca sampai selesai!

Microsoft Excel adalah salah satu produk dari Microsoft Office yang dikenal sebagai software aplikasi untuk mengolah data secara otomatis untuk berbagai keperluan termasuk dalam dunia pendidikan.

progresifitas Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan yang signifikan pada pendidikan saat ini. salah satunya adalah Microsoft Excel. MS Excel merupakan sebuah program berupa lembar kerja atau spreadsheet (meskipun secara definitif excel dan spreadsheet adalah dua hal berbeda) yang dibuat oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows maupun Mac OS.

Secara umum Microsoft Excel didesain dengan kemampuan untuk membantu dalam kebutuhan perhitungan dan didalamnya terintegrasi kemampuan rumus, fungsi-fungsi, melakukan perhitungan, pengolahan data dan tabel, membuat grafik dan alat bantu untuk manajamen data.

Untuk mendapatkan update dan memudahkan membaca artikel dari web ini tanpa membuka browser internet, anda dapat mengunduh Aplikasi dunialiterasi.com di Play Store.

dalam kehidupan sehari-hari, Microsoft Excell banyak dimanfaatkan untuk membantu aktifitas sesuai dengan bidangnya. misalnya dalam pendidikan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan MS excel dalam pembelajaran secara signifikan membantu mempermudah, meningkatkan motivasi dan prestasi matematis dan statistika.

Semadiartha (2012) dalam penelitiannya menyatakan bahwa pemanfaataan Ms Excel dalam pembelajaran dapat membantu siswa dalam pemecahan masalah matematika, meningkatkan motivasi dan prestasi matematika siswa.

baca juga: 2 Trik Sulap Matematika – cara mudah belajar matematika

sejalan dengan itu, Arifin (2011) menyatakan bahwa Pemanfaatan Microsoft Excel dengan Bantuan Camtasia Studio 4 sangat layak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran mandiri bagi guru dan siswa.

kemudahan dan manfaat yang ditawarkan Ms excel sebagai teknologi dalam pembelajaran diantaranya adalah mempermudah, dan membantu dalam proses belajar mengajar bagi guru dan siswa.secara implementatif akan membantu mengarahkan dan memaksimalkan proses belajar mengajar

Dalam kehidupan sehari-hari, Microsoft Excel dapat membantu mempermudah dalam penyelesaian pekerjaan baik dalam pendidikan, bisnis, dan pekerjaan yang membutuhkan pengolahan data matematis dan aritmatis.

Fungsi Utama Microsoft Excell dalam kehidupan sehari-hari

Microsoft excel memiliki fungsi dan manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan sehari hari. berikut ini kami rangkum beberapa manfaat dalam kehidupan sehari hari

Menghitung rata-rata dengan sangat praktis.

Untuk membuat daftar hadir, dan daftar nilai baik di sekolah maupun Universitas

Melakukan perhitungan dasar dengan capat.

Untuk membuat laporan keuangan, laporan persediaan barang.

Membuat diagram dan tabel serta garis, dan berbagai keperluan lainnya.

Fungsi Lain dari MS excel meliputi:

  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
  • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  • Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
  • Melakukan analisa serta riset harga.
  • Melakukan konversi mata uang.
  • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian
  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang penggunaan Ms excel untuk menghitung rata-rata dalam keperluan apapun.

Cara Menghitung Rata-Rata – Nilai rata-rata adalah angka representasi atau mean dari suatu sekumpulan data yang mewakili data secara keseluruhan.

biasanya nilai rata-rata digunakan untuk mengevaluasi data agar lebih cepat dan untuk menggambarkan semua data, dan tidak dapat digunakan untuk menentukan nilai data tertentu.

Contoh misalnya nilai rata-rata ahmad 85 jadi tidak bisa disimpulkan bahwa nilai untuk pelajaran Matematika Ahmad lebih dari 75.

Nilai rata-rata dapat digunakan untuk membandingkan kelompok data yang satu dengan yang lainnya, misalnya nilai rata-rata kelas A adalah 85 sedangkan nilai rata-rata kelas B adalah 87, artinya kelas B lebih tinggi dari kelas A.

Cara Menghitung Rata-Rata Di Excel

Rumus rata-rata adalah rumus yang digunakan untuk menghitung nilai total sekelompok data  dibagi dengan jumlah data. Dalam rumus rata-rata Excel, berikut langkahnya:

  1. Masukkan data yang dihitung nilai rata – ratanya.
  2. Letakkan kursor di cell yang diinginkan.
  3. Klik menu bar “Formula” > klik “Auto Sum” > menu “Average”.
  4. Formula Average akan muncul pada cell tersebut. Contohnya, “=AVERAGE(D2:D11)” Maksudnya, kolom yang akan dihitung adalah D2 hingga D11. Kamu bisa mengubahnya sesuai data yang diinginkan.
  5. Lalu tekan “Enter” untuk memunculkan hasil nilai rata-rata pada cell tersebut.

Cara Menghitung Rata-Rata di Baris Excel

Saat kamu melakukan perhitungan dengan Excel biasanya menemukan angka-angka dalam satu baris dan angka-angka ini harus dihitung sebagai rata-rata.

Dengan Excel, kamu dapat dengan mudah menemukan rata-rata dari angka-angka tersebut. Berikut adalah cara menghitung rata-rata berturut-turut di Excel:

Pilih Baris untuk Dihitung Rata-Ratanya

Cara Menghitung Rata-Rata Di Excel Yang Benar

Langkah pertama cara menghitung rata-rata,  pilih baris yang berisi angka yang ingin kamu hitung rata-ratanya. Misalnya pada gambar di atas terdapat tabel yang ada baris berisi angka-angka dan ingin dicari nilai rata-ratanya.

Tuliskan Rumus di Kolom Nilai Rata-Rata

Selanjutnya, tuliskan rumus penghitung nilai rata-rata di bagian kolom Nilai Rata-rata. Rumus penghitung rata-rata di Excel adalah Averange, untuk cara menggunakannya adalah tambahkan simbol ‘=’ (sama dengan) sebelum averange.

cara menghitung rata-rata di Ms Excel

Blok Baris yang Berisi Angka

Setelah langkah ke dua kamu bisa langsung memblok baris yang berisi angka-angka untuk dicari nilai rata-ratanya. Jika sudah diblok semua selesaikan dengan menekan tombol Enter untuk memunculkan hasil nilai rata-ratanya

cara menghitung rata-rata di MS excel, lengkap

Selesai

cara menghitung rata-rata di excel yang cepat

Selesai, cara menghitung rata-rata di Excel sudah berhasil, sekarang kamu sudah mempunyai nilai rata-rata yang bisa kamu jadikan bahan evaluasi.

Itulah langkah-langkah cara menghitung rata-rata di Excel yang mudah dan cepat. Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Selain cara menghitung rata-rata, Excel menyediakan rumus-rumus untuk memudahkan perkejaanmu dalam bidang administrasi ataupun akuntansi. Jadi belajar Microsoft Excel sudah mejadi hal wajib bila kamu bekerja di bidang-bidang seperti

Leave a Reply