Cara menghapus akun Facebook, dan Alasannya!

Cara menghapus akun facebook adalah serangkain langkah untuk menghentikan dan menghapus akun facebook. Hal ini penting bagi anda yang memutuskan untuk berhenti dari aktifitas media sosial facebook atau menghentikan aktifitas dengan website dan segala media online lainnya

Cara menghapus akun Facebook: Kenapa penting?

Saat ini, ketika kita beraktifitas online semua data misalnya profil kita di dunia maya akan saling terhubung. Termasuk facebook. Silahkan perhatikan, ketika anda mencoba untuk mengakses situs atau aplikasi atau apapun yang membutuhkan login atau registrasi terlebih dahulu maka anda akan menjumpai pilihan cara untuk daftar atau pilihan untuk login. Salah satu pilihannya adalah opsi login atau daftar dengan akun google atau facebook atau media sosial lainnya.

Misalnya anda daftar akun Ebay. Disitu ada pilihan menggunakan akun facebook. Contoh berikut ini:

cara menghapus akun facebook

Contoh lain ketika daftar akun shopee:

Cara menghapus akun Facebook -

Daftar akun shopee juga bisa terhubung dengan akun facebook anda.

Contoh lain, ketika anda daftar akun game online juga ada pilihan sinkronisasi dengan akun facebook.

Cara menghapus akun Facebook -

Dan masih banyak lagi aktifitas online yang menghubungkan akun facebook anda dengan berbagai situs online.

Lalu apa hubungannya dengan menghapus akun facebook anda?

Sebagaimana kita ketahui, bahwa facebook merupakan salah satu media sosial terbesar yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menyimpan berbagai dokumentasi dan data pribadi. Membagikannya secara luas ke media sosial lainya, dan juga menjadi media berbagai dari media sosial lainnya juga.

Dari situ dapat kita pahami bahwa akan banyak sekali data pribadi, yang tersimpan di facebook. Mungkin saja 1 atau beberapa tahun yang lalu anda membagikan atau menyimpan satu dokumen yang saat itu bagi anda bukan dokumen penting atau Pribadi.

Namun seiring dengan perkembangan aktifitas anda, dokumen tersebut saat ini menjadi dokumen yang sangat penting atau privat bagi anda. Dan anda tidak sadar atau lupa telah membagikannya secara luas di dunia maya beberapa tahun yang lalu. Ketika hal ini terjadi pada anda, maka penting bagi anda untuk menghapus dokument tersebut.

Lalu bagaimana jika anda lupa, atau terdapat ribuan dokumentasi yang sudah anda simpan dan anda lupa. Maka salah satu solusinya ketika anda memutuskan berhenti dari aktifitas media sosial, adalah menghapus akun facebook anda. Itulah kenapa cara menghapus akun facebook ini penting sebagai literasi anda. Siapa tahu suatu saat nanti anda membutuhkannya.

BACA JUGA  Begini Cara Kirim pulsa dan paket data Telkomsel terbaru 2022

Jika anda tidak ada atau belum ada rencana menghapus akun facebook atau menghentikan aktifitas di media sosial, maka mulailah memisahkan atau membuat data tentang dokumentasi yang akan dibagikan ke facebook. Sehingga nantinya anda tidak khawatir akan privasi dan kehilangan atau dokument penting anda dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa alasan kenapa menghapus akun facebook

Pendapat masyarakat mengenai media sosial adalah beragam. Sebagian menganggap bahwa media sosial adalah hal yang sangat penting. Dengan media sosial kita bisa tetap terhubung dengan teman kita. bahkan dengan media sosial kita bisa mencari teman lama kita yang telah kehilangan kontak. Dengan media sosial kita juga bisa menemukan dan membangun jejaring untuk berbagai kepentingan.

Namun, tidak sedikit juga yang memiliki pendapat yang berbeda. Tidak adanya filter informasi, penyalah gunaan privasi, konten yang “merusak” mental anak anak dan lainnya. Namun demikian, perlu kita pahami bersama, bahwa dalam konteks perubahan sosial dan dimensi sosial teknologi pasti terdapat dua sisi  dampak. Dampak negatif dan dampak positif. Karena itu, bijaksanalah dalam bermedia sosial dan aktifitas online lainnya.   

Dalam melakukan sesuatu pada umumnya memiliki alasan khusus dan beberapa tanpa alasan. Termasuk ketika anda memutuskan untuk berhenti dari aktifitas dunia media sosial dan memutuskan menghapus akun facebook anda.

baca juga: Cara sederhana Mendapatkan uang dari Media Sosial Bisnis 2022

Berikut ini alasan menghapus akun facebook secara umum. Dirilis dari forbes.com.

  • Facebook mengumpulkan banyak data tentang anda. Secara otomatis facebook akan mengumpulkan data aktifitas online anda. Hal ini diluar dokument atau kegiatan anda yang memang sengaja anda bagikan. Beberapa data yang dikumpulkan oleh facebook dari aktifitas online anda adalah: riwayat penjelajahan, riwayat pencarian, lokasi. Tentu saja hal ini bagi anda yang kurang familier dan kurang literasi teknologinya berpeluang datanya dimanfaatkan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Misalnya diakun Apple anda juga banyak data yang terhubung dengan facebook.
Cara menghapus akun Facebook -
forbes.com

Mengumpulkan data dari user mungkin adalah hal yang wajar untuk penyedia layanan online sperti halnya media sosial. Tapi ingatkah anda tetang skandal The Cambridge Analytica scandal melalui  (via The New York Times) terkait penyalahgunaan privasi data penggunanya untuk kepentingan Politik pada waktu itu.

  • WhatsApp sharing data dengan Facebook: mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah bagi anda yang tinggal di EU dan UK, karena mereka dilindungi oleh Undang undang yang dikenal dengan istilah GDPR. Namun bagi kita yang diluar EU dan UK sperti di Indonesia ini, mau atau tidak mau harus “merelakan’ data kita di share dengan facebook. Kenapa demikian?, jika tetap ingin menggunakan layanan ini, maka kita harus menyetujui pembaruan Privacy policy atau kebijakan baru dari WhatsApp. Hal ini sebenarnya sudah di bahas sejak facebook mengumumkan akan membeli WhatsApp 2014 Silam. Ketika hal ini menjadi masalah bagi anda, maka solusinya ada dua, memghentikan pemakaian atau memperkuat literasi teknologi
  • Facebook melacak Anda saat Anda menelusuri aplikasi dan situs web lain
BACA JUGA  Panduan dan Cara Membuat Backlink Berkualitas

Selain pengumpulan data, Facebook akan melacak Anda saat Anda mengunjungi aplikasi dan atau situs web lain. Mungkin anda pernah mendengar “perselisihan” antara Facebook dan Apple, yang terakhir akan meluncurkan fitur anti-pelacakan yang mengakhiri pengidentifikasi untuk pengiklan (IDFA).

Apple berpendapat bahwa transparansi adalah kuncinya, dan saya cenderung setuju. Tetapi Facebook mengatakan hilangnya pelacakan ini akan berdampak pada pengiklan UKM-nya. Either way, banyak orang menemukan pelacakan ini cukup mengganggu. Sekali lagi keputusan ada pada User dan tingkat literasi kita.

  • Membuat hidup galau, mungkin alasan ini khusus bagi orang yang sangat kecanduan media sosial secara umum. Khususnya bagi orang yang tidak siap secara mental menjalani “dua kehidupan” yaitu kehidupan nyata dan kehidupan maya. Meskipun bukan public figure dia akan merasa galau ketika postingannya mendapat tanggapan negatif dari pengikutnya. Atau dia juga galau ketika membaca konten yang seolah “menyerang” dirinya.
  • Tidak bisa mengatur waktu. Ketika sudah asyik bermain media sosial ada saja orang yang yang sampai menghabiskan seluruh waktunya untuk bermedia sosial. Tentu ini akan mengganggu keseimbangan hidupnya di dunia nyata. Akan banyak perkejaan dan aktifitas yang tersita waktunya.

Jika anda memiliki alasan lain yang lebih pribadi, mungkin itu lebih tepat kenapa anda mengahapus akun facebook anda. Atau anda memiliki masalah dari 6 alasan diatas.

Jika anda termasuk orang memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk bisnis, atau menjadikannya sebagai media belajar, bersosialisasi dan mempu menggunakan dengan bijak, mungkin tidak alasan mendasar bagi anda untuk menghapus akun anda

baca juga: Langkah Tepat Menggunakan media sosial bisnis

Oke, jika anda sudah mantab untuk menghapus akun facebook anda, berikut ini caranya:

BACA JUGA  Lenovo Merajai Pasar PC Global, Ini Datanya!

Cara menghapus akun facebook

Ketika anda menghapus akun facebook anda, anda akan memiliki waktu 30 hari untuk memulihkannya kembali. Jika sudah lewat dari 30 hari, maka akun anda dihapus secara permanen dan anda tidak bisa mengaksesnya kembali. Lantas apakah data data anda masih tersimpan di database facebook atau terhapus juga? Hanya tuhan dan facebook yang tahu… hehe

Sebelum anda menghapus akun facebook anda, ada baiknya anda perhatikan beberapa hal berikut ini:

Anda memiliki waktu 30 hari untuk mengaktifkan akun anda kembali

Setelah 30 hari akun anda, dan semua dokument, foto dan semua hal yang pernah anda bagikan akan dihapus secara permanen

Anda tidak bisa menggunakan facebook messenger lagi

Anda tidak bisa login ke aplikasi lain yang anda daftarnya memakai login akun facebook anda. Mungkin anda perlu mencatat detailnya untuk menghubungi aplikasi tersebut agar dipulihkan

Beberapa pesan yang pernah anda kirim ke teman anda, kemungkinan masih bisa mereka lihat di inbox mereka.

Oke, sekarang pointnya, bagaimana cara menghapus akun facebook.

Berikut ini cara menghapus akun facebook dengan mudah

  1. Pastikan anda telah login ke akun facebook anda
  2. Klik bagian kanan atas dari akun anda. bertanda Lancip kebawah (Menu)
Cara menghapus akun Facebook -

Kemudian Pilih Setting & Privacy >> Setting atau Pengaturan & Privasi. >> Pengaturan

  • Kemudian Klik Pengaturan lagi. setelah Klik Pengaturan dan Privasi anda akan diarahke tampilan sperti di bawah ini. Klik Pengaturan
Cara menghapus akun Facebook -
  • Setelah itu anda akan diarahkan pada tampilan seperti dibawah ini. Kemudian klik “Informasi Facebook anda” atau your account infromation.
  • Kemudian perhatikan di jendela sebelah kanan, ada Opsi Penonaktifan dan Penghapusan. Klik disitu
Cara menghapus akun Facebook -
  • Kemudian lanjutkan klik pada Pilihan hapus Akun. Disitu ada dua pilihan, non aktifkan akun dan hapus akun. Tentu saja tutorial ini adalah untuk menghapus akun facebook. Silahkan Pilih Hapus Akun.
Cara menghapus akun Facebook -
  • Dan terakhir Klik Hapus akun atau delete account kemudian masukkan Password FB anda. Selesai.

Sekarang akun anda sudah terhapus, namun anda masih memiliki waktu 30 hari untuk memulihkan akun anda. Jika anda berubah pikiran dalam rentang waktu 30 hari, silahkan aktifkan kembali akun anda.

Demikian ini, tutorial cara menghapus akun facebook. Semoga bermanfaat. Gunakan media sosial dengan bijak. Terimakasih. Salam literasi.

Leave a Reply