Cara menggunakan aplikasi vosviewer untuk analisis bibliometrik

by
cara menggunakan aplikasi vosviewer

Cara menggunakan aplikasi vosviewer  – Aplikasi vosviewer digunakan untuk visualisasi meta data publikasi ilmiah untuk kepentingan analisis bibliometrik. Tujuannya untuk mengetahui tren penelitian dalam topik tertentu.

Melakukan penelitian dan penulisan artikel ilmiah membutuhkan proses yang panjang. Mulai dari menemukan persoalan atau permasalahan yang baru, permasalahan yang diteliti merupakan hasil dari analisis gap penelitian (knowledge gap) dari penelitian penelitian sejenis yang telah dilakukan sebelumnya.

Tujuan utamanya adalah menunjukkan state of the Art (SotA) yang merupakan point paling penting dalam penelitian. Dengan permasalahan yang memiliki Novelty atau kebaruan, maka hasil penelitian akan berpotensi memiliki kontribusi (academic contribution) dan kebaruan yang signifikan bagi ilmu pengetahuan sebagai representasi dari State of The Art penelitian.

Salah satu langkah awal dalam proses tersebut adalah dengan melakukan analisis bibliometrik. Apa sih analisis bibliometrik itu? Analisis bibliometrik merupakan metode analisis data bibliografi dari artikel atau jurnal dengan tujuan untuk:

  • Memetakan artikel atau jurnal yang paling banyak di kutip dalam satu permasalahan / topik.
  • Topik, tema atau tren riset yang relatif baru atau masih sedikit penelitian yang sudah dilakukan dalam satu bidang penelitian tertentu
  • Penulis – kolaborasi yang paling produktif dalam satu topik, termasuk paling banyak dikutip, dan dari negara mana / institusi

Analisis bibliometrik pada umumnya dilakukan dengan pendekatan Citation Analysis untuk menemukan peta sitasi satu artikel dan lingkaran artikel yang mensitasi artikel lainnya.

Analisis bibliometrik dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi atau software. Dengan aplikasi analisis ini dapat dilakukan dengan mudah. beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu analsis bibliometrik diantaranya Vosviewer, publish or Perish dan Histcite.

Kali ini admin dunialiterasi.com akan berbagi informasi mengenai cara menggunakan aplikasi vosviewer untuk melakukan analisis bibliometrik.

BACA JUGA  Cara Mendapatkan Pulsa Gratis tanpa Ribet

Mengenal Aplikasi Vosviewer

Sebelum kita ulas tentang bagaiamana cara menggunakan vosviewer untuk melakukan analisis bibliometrik, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu aplikasi vosviewer.

Vosviewer merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memvisualisasikan jaringan bibliografi. Jaringan bibliografi ini mencakup Jurnal,publikasi individu (artikel jurnal),  peneliti atau author. Visualisasi jaringan bibliografi mencakup kutipan (peta kutipan satu artikel dengan artikel lain, author / penulis, co-author), hubungan antar penulis, negara, institusi dan pemetaan topik atau istilah istilah baru yang muncul dalam satu topik penelitian. Untuk lebih detail penjelasan aplikasi vosviewer silahkan anda baca mengenal aplikasi vosviewer pada bagian lain dari web ini.

Cara menggunakan aplikasi vosviewer untuk analisis bibliometrik

Cara menggunakan aplikasi vosviewer  – Untuk melakukan analisis bibliometrik dengan aplikasi vosviewer kamu membutuhkan source metadata bibliografi sebagai sumberdata yang dianalisis. Source ini bisa anda dapatkan dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Bagaimana caranya? Silahkan anda baca tutorial menggunakan publish or perish di web ini.

Sebenarnya source database bibliografi dalam vosviewer cukup variatif, misalnya dari web of science, scopus, dimension, lens dan PubMed.

Berikut ini langkah langkah menggunakan aplikasi vosviewer untuk analisis bibliometrik. Saya asumsikan kita sudah memiliki source metadata bibliografi dengan eksistensi RIS yang kita dapatkan dengan aplikasi Publish or perish. Dalam contoh ini saya telah men-generate metadata dengan kata kunci Tourism development.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi vosviewer dari website resminya, pilih sesuai device yang anda gunakan, kemudian install sesuai petunjuk.
  • Jalankan aplikasi vosvosviewer.
  • Kilk CREATE pada navigasi menu sebelah kiri.
BACA JUGA  Literasi Teknologi, Masa Depan Dunia Virtual Abad 21
cara menggunakan aplikasi vosviewer
  • Pilih Create A Map based on text data. Kemudian Klik NEXT
cara menggunakan aplikasi vosviewer
  • Pilih Read Data From Reference Manager File. Kemudian Klik NEXT
cara menggunakan aplikasi vosviewer
  • Pilih salah satu eksistensi file yang sesuai dengan file anda. Dalam hal ini ada tiga pilihan : RIS, Endnote dan RefWorks. Untuk contoh kali ini saya pakai Eksistensi RIS. Kemudian Klik NEXT
  • Input File Ris dengan Klik Simbol di sebelah kanan sebagaimana tampak pada gambar. Kemudian klik NEXT.
cara menggunakan aplikasi vosviewer
  • Klik pada pilihan sesuai kebutuhan: Jika ingin analisis data bibliografi didasarkan pada Judul dan Abstrak artikel dari metadata bibliografi kita, maka klik pada pilihan Title and Abstract fields. Kemudian Klik NEXT
cara menggunakan aplikasi vosviewer
  • Kemudian Pilih Binary Counting atau full counting. Berikutnya klik NEXT
cara menggunakan aplikasi vosviewer
  • Kemudian Setting pada Minimum number of accurences of terms, semakin kecil angka yang anda pilih maka semakin banyak artikel yang memenuhi angka minimal untuk dianalisis. Kemudian Klik NEXT
cara menggunakan aplikasi vosviewer
  • Klik NEXT lagi
aplikasi vosviewer dunialiterasi.com
  • Pilih beberapa data yang dikecualikan. Jika tidak ada, Maka Klik FINISH. Tunggu Prosesnya. Visualisasi data bibliometrik akan tampil dalam 3 Pilihan. Network Visualization, Overlay Visualization dan Density Visualization.

Anda bisa memilih visualisasi tampilan dari tiga model diatas. Visualisasi network menunjukka hubungan atau jaringan data publikasi. Bisa didasarkan pada sitasi, author/penulis. Anda bisa menyorot dengan kursor pada salah satu kata / topik pada visualisasi network maka akan tampil hubungan atau keterkaitannya dengan kata – publikasi lain dalam satu jaringan.

network visualization vosviewer

Sementara dalam visualisasi Overlay, warna kuning mewakili item dengan skor tertinggi, dan Biru skor terendah. Dalam hal skor ini menurut manual vosviewer warna kuning menunjukkan skor impact dari publikasi yang tinggi.

overlay visualization vosviewer, dunialiterasi.com

Visualisasi Density menunjukkan kepadatan publikasi atau sederhananya kajian yang paling banyak dalam satu topik tertentu. dalam hal ini diwakili oleh warna Biru (rendah), Hijau ( Sedang) dan Kuning (Tinggi).

BACA JUGA  New 2022 Cara Merekam Layar Laptop dengan Mudah
density visualization vosviewer dunialiterasi.com

Kesimpulan

Cara menggunakan aplikasi vosviewer sangat mudah. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah mempersiapkan data bibliografi yang akan dianalisis dan divisualisasikan. Data ini bisa anda dapatkan dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Selain itu anda juga menganalisis dari sumber data yang sudah tersedia dalam aplikasi vosviewer yaitu scopus, web of science, lens dan PubMed.

Lakukan beberapa kali uji coba hingga anda terbiasa dan menemukan setting yang sesuai dengan kebutuhan anda. Terimakasih semoga bermanfaat.

About Author: hisnuddin lubis

Gravatar Image
Dosen pada Program Studi Sosiologi Universitas trunojoyo Madura

Leave a Reply