Fitur dan Cara Menggunakan Aplikasi Keluarga Sehat

  • June 7, 2022
  • 35 Views
aplikasi keluarga sehat

Cara Menggunakan Aplikasi keluarga sehat – Aplikasi keluarga sehat merupakan salah satu layanan e-government dalam bidang kesehatan. Aplikasi ini ditujukan untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan dari pemerintah.

Penasaran dengan aplikasi keluarga sehat bisa langsung download di PlayStore. Untuk tahap penggunaanya akan admin jelaskan dalam artikel dibawah ini.

Aplikasi keluarga Sehat dan manfaatnya

Aplikasi keluarga sehat – di era digital yang semakin maju hampir semua dimudahkan dengan teknologi. Layanan berbasis teknologi sudah masuk ke penjuru plosok desa-desa di Indonesia. Bahkan banyak aplikasi dikembangkan untuk mempermudah barbagai hal dalam kehidupan.

Perkembangan teknologi juga menjadikan perusahaan mengurari sumber daya manusia karena tergantikan dengan mesin canggih. Dengan teknologi pula semua menjadi lebih cepat dan terhalang dengan oleh jarak.

Dengan semangat peningkatan pelayanan kepada masyarkat, melalui Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 (tentang kebijakan dan strategi Nasional dalam pengembangan Pelayanan E-Government), hingga saat ini pemerintah melakukan berbagai “pembenahan” dan pengembangan pelayanan E-Government secara nasional.

Untuk meningkatkan pelayanan diberbagai bidang, pemerintah telah mengembangkan banyak aplikasi yang memudahkan masyarakat, sperti, perpajakan, UMKM, BPJS Online, BPJS ketenagakerjaan dan lain sebagainya.

Pemerintah juga meluncurkan layanan kesehatan berbasis teknologi untuk masyarakat yaitu aplikasi keluarga sehat. Melalui kementrian Kesehatan aplikasi keluarga sehat diharapkan mempermudah layanan untuk masyarakat tingkat pertama atau Puskesmas.

Apa aplikasi keluarga sehat itu? Banyak masyarakat awam yang belum tahu aplikasi ini. Pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan analisis pendataan dan mendukung gerakan Program Indonesia sehat yang dilaksanakan Puskesmas.

Awalnya aplikasi ini bernama Prikesga (Program Kesehatan Keluarga). Tapi di tahun 2016 aplikasi ini berganti nama Keluarga Sehat. Aplikasi ini bersekala nasional yang terintegrasi hingga pusat Kementrian Kesehatan.

Layanan aplikasi keluarga sehat berupa menyajikan indikato keluarga sehat. Aplikasi ini juga akan mengakses data KK yang nantinya akan menjadi pendataan keluarga sehat secara digital.

Kamu yang penasaran dengan aplikasi keluarga sehat bisa langsung download di PlayStore. Untuk tahap penggunaanya akan admin jelasakan berikut ini:

Tahapan penggunaan aplikasi Keluarga Sehat

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi keluarga sehat ada tahap yang harus kamu lakukan sebagaimana berikut:

  1. Menteri Kesehatan Kabupaten/Kota melakukan inventarisasi daftar Puskesmas yang mendata keluarga sehat. kemudian Kementerian Kesehatan akan mengumpulkan beberapa kandidat yang akan bertanggung jawab untuk mengelola aplikasi ini. Aplikasi ini juga memiliki struktur yang nantinya akan mengurus administrasi aplikasi.
    1. 1 orang bertugas menjadi kepala Puskesmas.
    1. 1 orang sebagai penyedia atau koordinator yang mengumpulkan data di lapangan.
    1. 1 orang sebagai administrator Puskesmas.
    1. Petugas survei yang maksimal 10 orang.
  2. Dinas kesehatan kabupaten/kota mengirimkan surat permohonan berisi lampiran daftar calon pengelola dan akan dilengkapi keterangan sesuai form registrasi.
    1. Nama dan kode Puskesmas.
    1. Nama asli dan NIK
    1. Jabatan
    1. Nomer HP dan e-mail aktif.
  3. Data tersebut akan dikirim ke Kementrian Kesehatan, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) beralamat di Jalan HR Rasuna Said Blox X-5 Kav 1-9, Jakarta Selatan, 12950, Lt. 6 R.614 atau bisa via email di keluarga sehat@kemker.go.id. Kamu juga harus membuat surat laporan tembusan terlebih dahulu ke dinas kesehatan provinsi.
  4. Pusdatin akan memeriksa kelengkapan data yang dikirimkan. Kemudian Pusdatin akan membuatkan akun yaitu akun dinas kesehatan provinsi, 1 akun keshatan kabupaten/kota dan 1 akun administrator yang lengkap dengan aktivasi akun tersebut.
  5. Akun yang sudah dibuat akan dikirimkan ke dinas kesehatan kabupaten atau kota. Selanjutnya akan didistribusikan ke masing-masing Puskesmas.

Cara menggunakan aplikasi Keluarga Sehat di Android

cara menggunakan aplikasi keluarga sehat - aplikasi keluarga sehat
  1. Buka aplikasi yang sudah jika sudah mendownload. Masukkan username dan password surveyor yang telah dibuatkan admin.
  2. Setelah login, isi tahun kapan kamu melakukan kunjungan Keluarga Sehat.
  3. Masuk ke beranda aplikasi Keluarga Sehat.
  4. Secara otomatis muncul data pengenalan tempat sesuai lokasi surveyor yang sudah terdaftar di admin, kemudian klik lanjut.
  5. Kemudian ada tampilan data keluarga. Kamu bisa mengisi nama kepala keluarga dan jumlah anggota keluarga.
  6. Selanjutnya ada beberapa pertanyaan mengenai keluarga. Kamu isi sesuai data kunjungan rumah.
  7. Setelah muncul pengumpulan data. Kemudian klik lanjut.
  8. Muncul pilihan input data manual atau cek di database dukcapil. Pilih yang input manual.
  9. Muncul formulir isi keterangan keluarga. Kamu isi formulir masing-masing individu sesuai dengan urutan KK sampai selesai.
  10. Setelah selesai klik lanjut dan data akan tersimpan. kemudian akan muncul pertanyaan individu. Pertanyaan ini menyesuaikan umur yang kamu entry sebelumnya.
  11. Sampai di sini kamu sudah bisa entry data secara online.

Itulah ulasan aplikasi keluarga sehat dan cara penggunaannya. Semoga artikel ini membantu dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Semoga bermanfaat, klik dan share ya agar lebih luas manfaatnya. Salam Literasi.

Untuk mendapatkan update dan memudahkan membaca artikel dari web ini tanpa membuka browser internet, anda dapat mengunduh Aplikasi dunialiterasi.com di Play Store.

Leave a Reply