Cara menggabungkan File PDF dengan Mudah, 2022

  • March 10, 2022
  • 209 Views
Cara menggabungkan File PDF dengan Mudah 2022

Cara menggabungkan file Pdf sangat penting bagi kamu yang sedang sekolah, kuliah maupun bekerja. Berbagai pekerjaan dan tugas seringkali menuntut untuk menggabungkan file PDF. Berikut ini tutorial cara menggabungkan file PDF dengan mudah.

Di era digitalisasi seperti ini, dokumen digital sangat penting untuk keperluan pekerjaan maupun sekolah, sering kali kita di haruskan menggabungkan file untuk berbagai kepentingan. Ada berbagai jenis file untuk dokumen seperti word, exel, power point dan pdf.

Akan tetapi biasanya dalam pengiriman dokumen kita harus mengirimkanya dalam bentung format pdf, pdf atau Portable Document Format adalah bentuk hasil akhir dari dokumen yang artinya dokumen ini sudah final dan siap untuk di kirimkan. Format pdf bisa di gunakan untuk menyimpan informasi penting seperti surat, makalah, sertifikat dan lain sebagainya.

Jenis file pdf memang menjadi pilihan ketika kita membuat dokumen, karena keunggulan dari file pdf yaitu bisa menghasilkan file yang tidak dapat di edit selain itu format pdf merupakan format yang paling umum dan bisa di buka di hampir semua perangkat komputer bahkan android.

baca juga: 10 Website tempat Download Ebook PDF Gratis 2022

Selain itu hampir semua file seperti docx, ppt, jpeg bisa di ubah atau di konversikan menjadi file pdf jika kamu sudah familiar dengan software pengolahan data maka kamu akan menemukan opsi export pdf pada aplikasi yang kamu gunakan.

Untuk menginputkan dokumen biasanya kamu di perlukan untuk menggabungkan file pdf menjadi satu agar tidak terpisah, nah untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara menggabungkan file pdf kamu bisa simak langkah – langkah berikut ini.

Cara menggabungkan file pdf

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan file pdf kamu bisa menggunakan komputer maupun perangkat android kamu, bahkan sekarang sudah banyak tools online yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan file pdf.

cara menggabungkan file pdf

Menggabungkan File PDF di Android

Bagi kamu yang tidak punya komputer kamu bisa menggabungkan file pdf lewat android, akan tetapi kamu perlu mendownload aplikasi WPS Office terlebih dahulu, kamu bisa mendownloadnya melalu playstore.

Setelah kamu download aplikasi WPS Office selanjutnya kamu buka aplikasinya lalu pilih PDF.

Klik pada Special Features pada pojok kanan atas lalu pada bagian Converter masukan file pdf kamu, selanjutnya pilih PDF Merge.

Nantinya kamu akan melihat preview dokumen kamu, kamu bisa mengatur urutan dokumen yang kamu inginkan.

Setelah kamu selesai menyesuaikan dokumen selanjutnya klik Merge untuk menggabungkan file.

Tunggu hingga beberapa saat sampai proses penggabungan file berhasil.

baca juga: New: Cara Download Ebook PDF di Google Books 2022

Menggabungkan File di Komputer atau Laptop

Jika kamu sedang menggunakan komputer kamu bisa menggabungkan file dengan software adobe acrobat, jadi pastikan kamu sudah punya software adobe acrobatnya terlebih dahulu, jika sudah perhatikan langkah – langkah berikut.

Buka software adobe acrobat, pada bagian tools pilihlah Combine Files.

Nantinya akan terbuka file manager, cari dan pilihlah file mana saja yang ingin kamu gabungkan, kamu bisa klik open atau langsung drag ke software adobenya.

Setelah file pdf selesai di masukan, sekarang tinggal kamu rapikan sesuai keinginan kamu.

BACA JUGA  Manfaat Teknologi pada Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru

Jika sudah langkah terakhir klik Combine Files dan klik tombol simpan.

Cara Menggabungkan file menggunakan tools online.

Cara ini merupakan cara yang paling mudah, karena cara ini bisa kamu lakukan pada perangkat apapun baik itu di android maupun di komputer, akan tetapi tentunya karen aini menggunakan tools online pastikan terlebih dahulu perangkat kamu terkoneksi dengan internet.

Pertama buka ilovepdf.com Lalu pilih Merge PDF,

Selanjutnya kamu bisa import atau drag and drop file pdf kamu.

Seperti biasa rapikan file pdf sesuai yang kamu inginkan.

Langkah terakhir klik Merge PDF, maka secara otomatis file pdf akan terdownload ke perangkat kamu.

Itulah beberapa cara untuk menggabungkan file pdf kalau kamu suka dengan tutorial seperti ini kamu bisa terus kunjungi web ini. salam literasi. sampai ketemu pada artikel berikutnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x