Anti Dehidrasi, Cara Mengatur Pola Minum selama berpuasa

  • April 5, 2022
  • 43 Views
Cara Mengatur Pola Minum selama berpuasa
Cara Mengatur Pola Minum selama berpuasa – Minum ari putih selama berpuasa ramadan akan semakin menyehatkan jika anda mengikuti tips tips berikut ini.Bagaimana cara Anda mengatur asupan minum air putih Anda saat masa berpuasa? perubahan jadwal dan pola makan selama berpuasa merupakan tantangan bagi kita untuk mengatur pola makan dan minum.
Padatnya waktu makan juga menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk mengatur waktu minum air putih agar tetap terpenuhi, dan maksimal manfaatnya.untuk itu kita harus pandai-pandai menyiasati waktu yang terbatas tersebut untuk memenuhi kebutuhan air minum harian. Lalu, bagaimana sih cara yang ampuh dan mudah dilakukan?

Hindari Dehidrasi, Terapkan Cara Mengatur Pola Minum selama berpuasa ini!

Dehidrasi menjadi ancaman utama jika kita tak mampu mengatur asupan minum kita selama berpuasa. dengan pola minum yang tepat kita bisa menghindari dehidrasi selama berpuasa seharian.Anda tentu tidak mau ‘kan selama masa puasa mengalami gangguan yang disebabkan dehidrasi seperti bibir dan kulit kering hingga sering merasa pusing dan tentunya lemas dan malas sekali untuk beraktifitas.

tentu saja ini sangat menggganggu. berpuasa bukan berarti tidak produktif. nah salah satu caranya ya hindari dehidrasi agar tetap semangat dan produktif selama menjalani ibadah puasa.Untuk itu, yuk ketahui bagaimana cara super mudah mengatur asupan minum dalam tubuh selama berpuasa.
Sebelum membahas cara minum air putih yang baik, kita perlu memahami bahwa kebutuhan rata-rata air putih harian berbeda-beda pada setiap orang.Lazimnya, perempuan dewasa membutuhkan 1800-2100 ml sedangkan pria dewasa membutuhkan lebih dari 2000-2300 ml air putih, sehingga kita akan membagi kebutuhan tersebut menjadi asupan minum sekitar 2000 ml atau 8 gelas air putih selama berpuasa.Agar kebutuhan tersebut terpenuhi, maka terapkan pola yang benar, waktu yang tepat dan volume yang tepat itu salah satu kuncinya. yuk simak uraian berikut ini:

Cara Mengatur Pola Minum selama berpuasa

source: tribunjabar

Konsumsi satu gelas saat adzan maghrib

Ketika waktu berbuka tiba, Jangan lansgung mengonsumsi makanan atau minuman manis sebagai pembuka ya. Usahakan anda meminum satu gelas air putih terlebih dahulu saat berbuka atau sebagai takjil. Hal ini disarankan oleh para pakar kesehatan dan gizi karena sangat baik untuk menghidrasi tubuh dan adaptasi awal tubuh setelah seharian berpuasa.

BACA JUGA  6 Manfaat Kurma Bagi tubuh saat berpuasa

Satu gelas setelah ibadah salat maghrib

Setelah mengonsumsi takjil berupa makanan manis, sebagian besar orang melakukan ibadah salat maghrib terlebih dahulu. Hal ini bermanfaat juga lho agar asupan minum terpenuhi karena sebaiknya setelah salat kita bisa mengonsumsi satu gelas air putih lagi. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan agar tubuh terhidrasi dengan baik pada waktu awal berbuka, ya.

bagaimana dengan yang langsung berbuka menu Utama sebelum ibadah shalat Maghrib? anda tinggal menyesuaikan, setelah satu gelas air putih pertama, anda bisa menikmati es khas ramadan akan tetapi jangan terlalu banyak dulu ya… setelah itu, anda bisa memberi jeda dengan minum air putih lagi sebelum menikmati menu utama buka puasa.

Minum satu gelas setelah makan utama buka puasa

Setelah makan utama saat berbuka, manfaatkan keinginan minum untuk minum air putih, ya. Selalu sediakan air putih di dekat Anda saat sedang makan utama berbuka puasa karena hal ini efektif mencegah kita mengonsumsi minuman manis setelah makan. tentu saja ini merupakan tantangan tersendiri.

karena biasanya saat berbuka puasa kita menyiapkan dan menyediakan berbagai makanan dan Minuman, seolah moment “balas dendam” setelah seharian berpuasa.rubahlah mindset yang demikian, karena ibadah puasa sebenarnya adalah “detox” dari penumpukan “junkfood” selama setahun, dengan berpuasa selama satu bulan.
jadi meskipun waktu berbuka adalah waktu “lebaran” bagi yang berpuasa, namun kita harus tetap memperhatikan kesehatan, terapkan pola makan dan minum yang sehat. agar puasanya semakin maksimal bermanfaat untuk kesehatan.

Satu gelas sebelum salat tarawih

Persiapan tarawih apa yang biasa Anda lakukan? Jika minum masih belum ada dalam daftar, maka kini selalu minumlah satu gelas air putih sebelum tarawih, ya.Hal ini sangat baik untuk mendukung tubuh lebih terhindar dari dehidrasi dan memberi asupan cairan agar bisa menjalani tarawih dengan maksimal dan penuh konsentrasi. apalagi yang tarawihnya Full Speed. hehe

BACA JUGA  16 Tips Tetap sehat di Musim Hujan dan Pancaroba

Minum lagi satu gelas setelah tarawih

Setelah melakukan ibadah tarawih, beri asupan cairan dalam tubuh. Kondisi ini sangat baik untuk mendukung tubuh tetap terhidrasi setelah menjalani ibadah salat tarawaih lebih dari 30 menit. dan kemudian silahkan menikmati camilan anda. tapi ingat ya, jangan terlalu banyak konsumsi makanan sejenak sebelum waktu tidur, agar pencernaan kita bisa ikut istirahat selamat tubuh kita istirahat.

Konsumsi satu gelas air putih sebelum tidur

Biasakan untuk selalu minum air putih sebelum tidur saat berpuasa ya. Hal ini penting agar asupan kebutuhan air putih harian selalu terpenuhi dan tubuh terhidrasi dengan baik selama istirahat. jadi ingat yang diajarkan orang tua jaman dulu ketika masih SD. sebelum tidur disuruh minum dulu, dan menyiapkan air di meja untuk persiapan minum ketika bangun tidur.. katanya sih biar bisa konsentrasi kalau belajar. mungkin orang jaman dulu tidak mengerti istilah dehidarasi dan hidrasi ya… jadi kalau tubuh kita terhidrasi dengan  baik, maka belajarpun akan bisa berkonsentrasi tidak malas dan lemas.

Satu gelas saat bangun untuk sahur dan satu gelas terakhir setelah makan utama saat sahur

Berapa kali Anda minum air putih saat sahur? Biasakan agar Anda minum air putih dua gelas saat sahur selama masa sahur, ya. Anda boleh langsung minum dua gelas setelah sahur atau membaginya menjadi satu gelas saat bangun tidur untuk sahur dan satu gelas setelah makan utama sahur, ya.

Nah, bagaimana, super mudah dilakukan kan? bagi kamu yang sudah terbiasa dan rutin minum air putih, tinggal menyesuaikan pola minumnya selama bulan puasa ini. dengan pola minum yang benar, tubuh akan terhidrasi dengan baik, sehingga puasa seharian tubuh kita tidak lemas dan bisa beraktifitas produktif sepeerti biasanya.salam sehat semoga bisa sempurna ibadah puasa kita amiin.

source: doktersehat.com

All Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x