Manfaatkan Strategi SEO Marketing untuk Membangun Brand Awareness

SEO merupakan proses sistematis untuk meningkatkan performa sebuah blog atau situs. Dengan tujuan membuat blog atau situs itu masuk ke halaman pertama dari mesin pencari. Lalu, bagaimana cara menggunakan Strategi SEO marketing? Strategi ini Bagi dari SEM yang sangat penting di era pesar digital saat ini. Search Engine Marketing (SEM) harus kita pahami aplikasinya untuk membangun brand awareness produk agar semakin dikenal pasar.

Dalam menjalankannya, dibutuhkan ketekunan dan keterampilan analisis yang cukup. Ini karena tujuan utamanya adalah menaikan trafik kunjungan pada blog atau situs yang sedang dikelola.

Indikator Keberhasilan Strategi SEO Marketing

Hal yang menjadi indikator keberhasilan SEO marketing adalah meningkatnya posisi blog atau situs yang telah disisipi keyword tertentu pada mesin pencari. Semakin atas posisinya maka semakin besar potensi kunjungan user.

Cara Mengaplikasikan Strategi SEO Marketing

Mengingat yang akan Anda lakukan ini sebuah proses yang sistematis, maka agar keberhasilannya tercapai, pastikan semua langkah-langkahnya dilakukan dengan benar dan teliti. Ingat yang akan Anda hadapi adalah data yang harus dianalisis.

strategi SEO Marketing
  • Periksa Lagi Susunan Blog Atau Situs Anda

Strategi SEO marketing yang pertama adalah memeriksa kembali perkembangan blog atau situs yang Anda kelola. Lihat apakah selama ini situs yang Anda kelola sudah dimaksimalkan untuk menarik konsumen?

Strategi ini banyak digunakan oleh perusahaan digital marketing. Untuk membuat konten yang akan menjadi daya tarik situs Anda, hal yang harus dilakukan terlebih dulu adalah riset mengenai konten seperti apa yang cocok dengan konsumen Anda.

BACA JUGA  Adaptasi Strategi Bauran Pemasaran 4P di era Digital

Setelah itu, lakukan riset mengenai keyword apa yang cocok dengan konten Anda yang memiliki trafik yang tinggi. Gunakan Google Adword untuk melihat keyword apa yang dapat meningkatkan trafik situs Anda.

  • Optimasi Landing Page

Landing page adalah tempat dimana Anda dan konsumen akan berinteraksi. Memastikannya terlihat menarik dan mudah digunakan adalah salah satu strategi seo marketing yang harus Anda lakukan.

Isi landing page dengan konten-konten menarik yang sepenuhnya telah diisi dengan keyword yang akan meningkatkan trafik ke situs Anda. Misalnya, situs jual beli skincare yang diisi dengan artikel seputar kesehatan kulit dan wajah.

Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas

Dalam menjalankan strategi pemasaran SEO, Anda membutuhkan konten yang bukan hanya menarik, namun juga berkualitas. Ini sebagai cara untuk mengoptimasi SEO yang sedang Anda kembangkan, berikut adalah caranya

  • Carik topik hangat yang ada hubungannya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ini untuk memudahkan Anda melakukan soft selling di akhir konten.
  • Cari keyword yang sesuai dengan topik yang Anda angkat. Pilih keyword yang bertrafik tinggi agar mudah ditemukan.
  • Beri judul yang mengundang orang untuk mengklik konten yang Anda buat. Misalnya, Anda bisa memberi embel-embel “Terbaru, Terbuktikan, Cuma di Sini, Jangan Sampai Terlewat” dan sejenisnya.
  • Anda juga bisa memasukan link konten lain untuk menarik konsumen sebagai strategi SEO marketing agar menjelajahi situs Anda lebih jauh lagi.
  • Berikan Meta Description menarik untuk konten Anda. Meta Description adalah penjabaran singkat pada tag HTML tentang situs yang Anda kelola atau konten yang Anda buat yang nantinya akan muncul di bagian bawah.

Contoh Tools Untuk Optimasi Keyword

Tidak sembarang kata bisa Anda jadikan keyword dalam menulis konten untuk situs atau blog yang Anda kelola. Berikut ini adalah contoh SEO marketing tools yang bisa Anda gunakan untuk memilih keyword, tools tersebut diantaranya adalah :

  • Google Keyword Planner
BACA JUGA  Ketahui Konsep Marketing untuk Strategi Pemasaran Produk yang Tepat!

Fitur dari Google yang bisa Anda gunakan untuk strategi SEO marketing dalam mencari dan menganalisis keyword yang Anda gunakan. Fitur ini juga bisa langsung disandingkan dengan Google Ads.

  • Google Analytics

Fitur yang satu ini bisa dibilang cukup lengkap, karena Anda bisa memperoleh data lengkap tentang perkembangan dan interaksi yang terjadi di situs atau blog yang Anda kelola.

  • LSI Keywords

Bukan hanya mencari keyword yang cocok untuk topik yang Anda angkat, platform ini juga dapat membantu Anda menghubungkan keyoword utama dengan topik yang ada kaitannya dengan konten.

  • Wordtracker

Tool strategi SEO marketing yang selanjutnya ini dinilai dapat memberikan rekomendasi keyword yang akurat. Serta memberikan perbandingan hasil dari pencarian kata kunci yang Anda gunakan.

  • AdWord & SEO Keyword Permutation Generator

Tool satu ini dapat merekomendasikan keyword alternatif yang dapat mengoptimasi SEO situs atau blog Anda. Namun, tools ini tetap harus disandingkan dengan tools lainnya untuk hasil yang maksimal.

Penutup

Meningkatkan penjualan produk dan jasa dengan strategi SEO marketing merupakan salah satu cara terbaik di era digital. Sudah saatnya bisnis Anda mulai untuk menerapkan strategi ini guna meningkatkan omset dan penjualan.

Leave a Reply