Cara Membuat Google Sheet Baru di Google Drive

Cara Membuat google sheet – Google Menyediakan banyak sekali Produk yang sangat bermanfaat dalam menunjang aktifitas dan pekerjaan kita. mulai dari aktifitas pendidikan, gaya hidup, berita hingga bisnis. Misalnya google form anda bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pendidikan ( membuat absensi di google form, membuat soal dengan google form), maupun untuk survey online baik untuk bisnis maupun pendidikan.

salah kemudahan dari google adalah google sheet atau google Spreadsheet. fitur ini akan semakin memudahkan berbagai pekerjaan anda. karena anda bisa menjalankannya secara online tanpa instalasi apapun. berikut ini tutorial cara membuat google sheet di google drive.

Google Sheets merupakan suatu aplikasi yang menunjang kelancaran sebuah pekerjaan. Sebagian orang belum memahami cara membuat Google Sheet. Biasanya Google Sheet atau Google Spreadsheet ini digunakan untuk aktivitas kantor seperti membuat dokumen, untuk perhitungan, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Google Sheet Baru di Google Drive

Bagi seorang pemula pasti bingung mengenai cara membuat Google Sheet. Simak langkah-langkah berikut ini untuk membuat Google Spreadsheet melalui Google Drive.

1. Log in Google Drive

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengakses Login Google Drive. Login Seperti biasanya. Setelah Google Drive terbuka, pada pojok kiri klik New + pilih Google Spreadsheet.

2. Masuk ke Situs

Langkah selanjutnya, Anda masuk lewat situs Google Spreadsheet. Untuk masuk ke menu tampilan utama, pastikan Anda sudah log in akun.

Cara Membuat Google Sheet

3. Ubah Nama File

Setelah bisa masuk ke halaman utama, Anda dapat mengubah nama file agar mudah saat pencarian. Pada bagian pojok kiri atas klik Untitled Spreadsheet.

Cara Membuat Google Sheet

4. Menambah Column, Row, dan Diagram

Jika Anda ingin menambahkan column atau row, tinggal pilih Insert pada menu pilihan, kemudian pilih sesuai yang dibutuhkan. Untuk menambahkan secara otomatis dengan klik kanan column atau row yang akan Anda tambahkan, pilih opsi yang tersedia. Cara tersebut dapat juga Anda gunakan untuk menghapus column atau row. Melalui menu Insert, Anda juga bisa menambahkan gambar maupun diagram.

Cara Membuat Google Sheet

Itulah beberapa cara membuat Google Sheet dengan mudah dan cepat.

BACA JUGA  Lenovo Merajai Pasar PC Global, Ini Datanya!

Istilah-Istilah yang Terdapat di Google Sheets

Sebelum Anda menggunakan Google Sheets lebih lanjut, sebaiknya mengenali beberapa istilah yang terdapat dalam tools. Diantaranya column (sel vertical), row (sel horizontal), cell (satuan kotak yang terdapat di Google Sheet), formula (Rumus yang membuat hasil dari column, cell, dan row), dan function (operasi internal untuk menghitung cepat).

Cara Mengkonversi Excel ke dalam Google Sheets

Jika membutuhkan untuk memindahkan dokumen Excel ke Google Sheet, Anda dapat melakukan cara sederhana berikut ini.

Langkah pertama pilih menu file terlebih dahulu. Kemudian ketuk import dan upload file dari desktop atau laptop. Anda sudah berhasil memindahkan file Excel tersebut dengan cepat dan mudah.

Kelebihan dan Kekurangan Google Sheets

Setiap layanan atau aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Demikian halnya dengan Google Sheets. Simak di bawah ini beberapa keunggulan dan kekurangannya dari Google Sheet.

Kelebihan Spreadsheet

1. Melalui browser docs.google.com/spreadsheets, Anda dapat mengoperasikannya secar online sehingga tidak perlu mengunduh maupun menginstal.

2. Anda dapat secara gratis menggunakan layanan ini.

3. Setiap pengguna dapat berbagi dan berkolaborasi file/dokumen sama dengan orang lain. Secara real-time, setiap pengguna dapat mengedit dan mengatur file tersebut.

4. Setiap ada perubahan data akan tersimpan secara otomatis. Sesuai dengan urutan tanggal, waktu, dan siapa yang melakukan perubahan terakhir.

5. Anda dapat menggunakan bagan dan grafik berwarna untuk mempercantik data.

6. Dapat Anda simpan dan di ekstrak untuk selanjutnya dibuka melalui Microsoft Excel menggunakan format .xlsx.

7. Data yang terdapat pada spreadsheet dapat Anda ekspor dan impor dengan format .csv, .txt, .xls, .ods, .pdf, dan html mencapai 1MB.

BACA JUGA  Cara Menghitung Rata-Rata Di Excel Yang Benar

8. Dalam satu dokumen spreadsheet mencapai 10.000 baris, 100.00 sel, 40 sheet, dan 256 kolom. Setiap pengguna memiliki batas penggunaan sampai 200 spreadsheet.

Kekurangan Spreadsheet

Jika Anda menggunakan layanan ini, terdapat sedikit kekurangan di dalamnya. Pertama, untuk membuka, mengedit, dan mengatur dokumen harus menggunakan layanan internet. Kedua, fitur yang tersedia dalam layanan ini kurang lengkap.

Cara Membuat Formula

Untuk membuat formula dalam Google Sheets, Anda dapat langsung mengetik tanda = di dalam cell. Berbagai macam rumus atau formula tersedia dalam Google Sheets kemudian pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa formula yang tersediakan dalam Google Sheet antara lain operasi dasar matematika (kali, bagi, tambah, dan kurang), rumus transformasi teks (=LOWER, =UPPER, atau =TRIM), dan fungsi tanggal (=TODAY untuk tanggal hari ini, dan =MONT untuk bulan dari tanggal tersebut). 

Pengguna dapat memperluas formula sera mudah dengan menggunakan Google Sheets. Setelah berhasil membuat rumus di salah satu cell, Anda tidak perlu mengulang di bawahnya. Arahkan kursor pada sudut sel dan seret ikon + untuk memperluas formula.

Demikian ulasan tentang cara membuat Google Sheet, formula, dan beberapa kelebihan serta kekurangannya. Secara garis besar Anda sudah dapat menggunakan layanan Google Sheets ini. 

Leave a Reply