New: Cara membuat daftar pustaka otomatis dengan mudah 2022

  • January 26, 2022
  • 237 Views
cara membuat daftar pustaka

Cara membuat daftar pustaka sangat penting untuk diketahui oleh pelajar, mahasiswa yang sering menulis. Mengingat daftar pustaka adalah bagian penting dalam kepenulisan. Sebuah karya tulis terutama karya tulis ilmiah, wajib menyertakan daftar pustaka pada bagian akhir tulisan

Untuk apa sih daftar pustaka?

cara membuat daftar pustaka : Daftar pustaka memiliki fungsi yang beragam. Diantaranya, menunjukkan kredibilitas tulisan,semakin banyak dan kredibel sumber rujukan maka semakin kredibel juga sebuah tulisan.

Kedua sebagai bentuk penghargaaan atau apresiasi kepada penulis sebelumnya. Ketiga perkembangan ilmu pengetahuan berkaitan dengan Ide, nah penting sekali untuk melacak sebuah ide, dari siapa ide ini muncul, bagaimana perkembangannya. Hal ini bisa dilakukan dengan adanya ketentuan sitasi, rujukan dan daftar pustaka.

Keempat sebagai dasar kredit point penulis. Semakin banyak sebuah tulisan dirujuk dalam tulisan lainnya, maka semakin tinggi juga kredit pointnya.

Nah itu pentingnya daftar pustaka secara ringkas.

baca juga: cara download Jurnal Internasional Gratis

Daftar pustaka berbeda dengan referensi atau rujukan.

Ketika anda membaca sebuah buku, sering kali menemukan perbedaan penulisan, terkadang daftar pustaka atau daftar bacaan, terkadang kita juga menemukan tulisan “Referensi” bukan daftar pustaka.

Perbedaannya cukup sederhana, daftar pustaka merupakan sekumpulan sumber bacaan yang dipakai oleh penulis dalam menulis meskipun tidak dikutip dalam tulisannya.

Lho kok bisa, dipakai dalam penulisan tapi tidak dikutip? Iya benar sekali, daftar pustaka tidak selalu dikutip dalam tulisan. Dalam menulis, kita pastinya banyak membaca berbagai sumber terlebih dahulu. Kemudian kita membuat list isi atau substansi tulisan kita.

Beberapa point dalam tulisan bisa saja terinspirasi dari tulisan karya orang lain. Misalnya gaya penulisan judul, sub judul, pembahasan, dan beberapa point ide penting dalam paragraf. Namun inspirasi tersebut tidak dituangkan dalam kutipan, melainkan diambil ide besarnya saja.

Artinya, penulis bisa saja terinspirasi oleh sebuah buku atau artikel untuk menulis sebuah buku, namun penulis tidak mengutip Buku bacaan tersebut dalam tulisannya. Namun, sebagai penghargaan kepada penulis buku (inspirasi tadi) maka dimasukkan dalam daftar pustaka.

Sementara untuk referensi adalah sumber yang dikutip dalam tulisan. Dalam penulisannya, antara daftar pustaka dan referensi adalah sama. Jadi perbedaannya adalah Daftar Pustaka tidak selalu dikutip dalam isi tulisan, artikel atau buku. Sementara referensi adalah sumber yang pasti dikutip dalam sebuah tulisan.

Nah itulah perbedaan antara daftar pustaka dengan referensi. Sudah faham kan sekarang…. nah sekarang saatnya mengupas cara membuat daftar pustaka otomatis.

Lalu bagaimana cara membuat daftar pustaka?

cara Membuat daftar pustaka dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara manual dan otomatis. Dan juga dapat dilakukan dengan bantuan tools atau aplikasi tertentu. Bahkan di MS word kita bisa membuat daftar pustaka secara otomatis dengan mudah

Sebalum ke penjelasan bagaimana cara membuat daftar pustaka otamatis, alangkah baiknya kita mengenali lebih dalam lagi tentang daftar pustaka. Kita harus memahami dulu style daftar pustaka, dan beberapa ragam sumber daftar pustaka. Karena hal ini selalu melekat dalam aturan penulisan ketika kita mengerjakan tugas tertentu, terutama artikel untuk jurnal

Ragam penulisan daftar pustaka

Dalam membuat daftar pustaka kita harus memahami ragam penulisan daftar pustaka. Terutama ketika kita membuatnya secara otomatis. cara Membuat daftar pustaka otomatis ada tahapan tahapan yang harus dilalui. Termasuk berkaitan dengan citation Style atau model penulisan sitasi karena mode citation ini nanti akan menentukan style daftar pustaka otomatis yang kita buat.

Penulisan daftar pustaka secara rinci harus memperhatikan banyak hal, selain judul, tahun, penerbit point penting yang harus diperhatikan adalah jumlah penulis. Jika yang kita rujuk adalah buku, juga harus memperhatikan jenis buku, apakah jenis bunga rampai atau bukan, apakah terjemahan. Karena penulisan daftar pustakanya akan berbeda beda.

Beberapa ketentuan umum yang harus diperhatikan adalah:

  • Penulisan daftar pustaka didasarkan pada urutan Alfabetis dengan Nama pelakang Penulis pertama sebagai dasarnya.
  • Jika terdapat dua sumber atau lebih dengan penulis yang sama maka ditulis berdsarkan tahun terbitnya, atau dengan menambahkan huruf a, b, c  setelah tahun.

Sementara ragam daftar pustaka yang berkaitan dengan gaya sitasi atau citation style adalah:

  1. APA atau American Psychological Association dari namanya bisa dipahami, style ini dikeluarkan oleh asosiasi tersebut. APA ini telah berkembang dari modal 1 – terbaru saat ini model 7. Berikut contoh sitasi Style APA edisi 7

Sumber buku dengan 1 Penulis:

“……… Case study researchers develop an in-depth analysis of a case, whether program, event, activity or process with restrictions on locus, time and activity (Creswell, 2016).”

Daftar pustakanya:

Creswell, J. (2016). Research design: Qualitative, quantitative, and mix method approaches. In California: SAGE publications, Inc (4th ed.). SAGE Publications Ltd.

Sitasi APA Sumber Buku dengan 2 penulis :

According to (Smith & Eadington, 1992),……………………………………………….

Daftar Pustakanya:

Smith, V. L., & Eadington, W. R. (1992). Tourism alternatives: Potentials and problems in the development of tourism. University of Pennsylvania Press

Sitasi dengan dua sumber atau lebih:

“…………. Nevertheless, halal tourism in academic discussions is relatively new, and has not found an established concept  (Chandra, 2014; El-Gohary, 2016; Md Siddique E Azam et al., 2019).”

Berikutnya contoh dari sumber Jurnal: dalam penulisan sitasi dari sumber jurnal adalah sama dengan penulisan dari sumber buku. Yaitu nama belakang penulis dan Tahun. namun berbeda dalam penulisan daftar pustakanya.

Penulisan daftar pustaka dari sumber jurnal ilmiah memperhatikan beberapa hal penting yaitu volume jurnal, nomor terbitan selain itu juga DOI juga penting untuk di masukkan. Beberapa jurnal internasional akan mentracking DOI pustaka untuk memvalidasi referensi author.

Berikut contoh penulisan sitasi dan daftar pustaka dari sumber jurnal:

………… the role of Small and Medium Enterprises (MSMEs) and the use of technology (Ritchie et al., 2019).

Mengutip dua sumber dalam satu pokok substansi

……….. for example has experienced significant economic growth from the halal tourism industry (El-Gohary, 2016; Jafari & Scott, 2014) 

Prosiding:

……… Meanwhile, (Qomaro, 2018) added an element of strength, namely “Pondok Pesantren” as a driver of halal tourism……………….

Penulisan daftar Pustaka:

Jurnal:

  1. El-Gohary, H. (2016). Halal tourism, is it really Halal? Tourism Management Perspectives. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2211973615001038
  2. Lubis, H., Rohmatillah, N., & Rahmatina, D. (2020). STRATEGY OF TOURISM VILLAGE DEVELOPMENT BASED ON LOCAL WISDOM. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 9(2), 320-329.
  3. Prayag, G. (2020). Time for reset? COVID-19 and tourism resilience. Tourism Review International, 24(2-3), 179-184. doi:https://doi.org/10.3727/154427220X15926147793595

Prosiding:

Qomaro, G. W. (2018). Urgensi Partisipasi Pesantren sebagai Pusat Edukasi dan Moderasi Islam dalam Percepatan Pariwisata Halal di Indonesia. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, April, 445–465. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/149

Selain model APA ada beberapa model lain yang bisa anda pelajari pada kesempatan yang lain.

Diantaranya:

Model Chicago

Model Harvard

Model MLA

Model IEEE

Model Vancouver

Dan masih banyak lagi. Namun yang paling sering diminta dalam gaya selingkung jurnal ilmiah adalah APA Style.

Nah itu sedikit tentang ragam sitasi dan daftar pustaka. Sebenarnya ketika anda membuat daftar pustaka secara otomatis, tidak perlu dipusingkan dengan aturan penulisan dari tiap style sitasi dan Daftar pustaka.

Membuat daftar pustaka secara otomatis memudahkan kita karena hasilnya akan otomatis sesuai dengan style yang kita pilih.

Berikut cara membuat daftar pustaka otomatis dengan mudah

cara membuat daftar pustaka: Membuat daftar pustaka otomatis sangat mudah dilakukan. Dalam pembahasan kali ini, saya akan menguraikan cara membuat daftar pustaka otomatis dengan menggunakan MS word. Karena MS word ini memiliki fitur yang lengkap.

Menggunakan MS word untuk membuat sitasi dan daftar pustaka lebih mudah dilakukan daripada menggunakan aplikasi lainnya. Misalnya Mendeley, karena dengan MS word anda tidak perlu terkoneksi dengan internet, ringan dan yang jelas familier untuk pemula seperti saya ini.

Persiapan naskah atau draft

  1. Jelas anda telah memiliki ide tulisan yang siap ditulis di MS Word. Pertama siapkan sumber rujukan yang akan dijadikan referensi dan dimasukkan dalam daftar pustaka. Untuk memudahkan pisahkan berdasarkan jenisnya. Untuk jenis buku kumpulkan sesama buku, Jurnal, prosiding, skripsi, thesis, laporan penelitian dan lain sebagainya. Intinya untuk memudahkan kita dalam input data daftar pustaka nantinya.
  2. Jika anda sudah mempunya naskah atau draft, yang sudah lengkap sitasi sumbernya, namun anda buat secara manual, maka anda bisa mengubahnya menjadi otomatis.

Oke, saya asumsikan anda telah memiliki draft naskah yang sudah ada sitasinya, namun belum standard  sesuai aturan citation style  dan belum ada daftar pustakanya.

Langkah atau cara membuat daftar pustaka otomatis:

langkah pertama dalam otomatis : Buka naskah atau draft anda di MS Word

Tempatkan kursor pada tempat yang akan disitasi, misalnya anda menulis : Menurut (tempatkan kursor disini) pariwisata adalah…………….

cara membuat daftar pustaka
dunialiterasi.com
  1. Klik Menu REFERENCES, maka akan muncul  beberapa pilihan: sperti Manage Source, Style Sitasi, ADD New Source.
  2. Selanjutnya Pilih Style sitasi sesuai yang diinginkan. Misalnya style APA sperti dalam contoh gambar dibawah ini.
  3. Kemudian Klik Insert Citation
  4. Kemudian klik Add New Source.

Berikut Gambarnya:

cara membaut daftar pustaka otomatis
cara membuat daftar pustaka I dunialiterasi.com

Setelah klik Add New Source, maka akan tampil kolom isian data sumber pustaka. Pada opsi ini ada banyak pilihan sumber pustaka. Pilih salah satu sesuai jenis sumber pustaka yang sedang akan di sitasi. Anda akan menemukan jenis Book untuk sumber buku, Book Chapter untuk jenis buku bunga rampai, Journal article, proceeding, dan lain lain. Silahkan dipilih sesuai sumber yang anda pakai.

image 7
cara membuat daftar pustaka I dunialiterasi.com

Langkah berikutnya, Silahkan Isi data pada Kolom yang tersedia. Meliputi, Judul artikel, nama penulis, penerbit, tahun terbit sesuai sumber yang dipakai. Untuk sumber artikel Jurnal, anda perlu memasukkan Nomor dan volume jurnal, halaman. Jangan Lupa centang kotal Show All Bibbligraphy Fields agar kolom isiannya muncul semua.

image 8

Jika sumber yang anda pakai, ada dua atau lebih penulis. Silahkan klik edit di bagian nama author. Kemudian isilah datanya sesuai kolom yang tersedia. kemudian Klik OK jika Sudah Selesai

image 9
cara membuat daftar pustaka I dunialiterasi.com

Selanjutnya, Setelah selesai semua, silahkan periksa sekali lagi agar tidak ada kekeliruan dalam isian data sitasi anda.

Setelah yakin sudah Benar, maka Klik OK maka, akan muncul di naskah anda sumber sitasi anda sesuai dengan Style yang anda pilih pada langkah awal diatas.

image 15
dunialiterasi.com

Lanjutkan Input Sumber yang lain hingga semua sumber yang anda pakai selesai semua. Berikut contoh tampilan Sitasi di artikel anda jika sudah selesai:

image 10
dunialiterasi.com

Berikutnya point inti untuk Memunculkan Daftar Pustaka Otomatis.

cara Membuat daftar pustaka otomatis, sangat mudah. Hanya perlu beberapa klik saja, asalkan anda sudah selesai input semua data sumber yang anda pakai untu menulis sesuai langkah diatas.

Langkah pertama, Tempatkan Kursor pada bagian akhir dari artikel anda. Atau dihalaman baru bagian akhir dari artikel atau tulisan anda.

Kemudian masuk kembali ke Menu References sebagaimana langkah awal memasukkan data sitasi diatas.

Berikutnya perhatikan “bibliography” Klik bagian tersebut. Makan akan muncul Opsi : bibliography, references, Work Cite. Pilih salah satu. Pada dasarnya sama saja. Pada umumnya Pilih Bibliography.

Setelah Klik Bibliography maka akan Muncul daftar Pustaka secara otomatis, sesuai Style yang anda inginkan. Jika ingin merubah style nya, silahkan klik bagian Style pada menu References diatas, pilih style sesuai yang anda inginkan. Kemudian klik di sitasi naskahnya pilih Update citation and bibliography.

image 16
dunialiterasi.com

Tampilan daftar Pustaka otomatis:

image 14

Jika anda ingin meng-edit tulisan Bibliography, anda tinggal Klik pada tulisan Bibliography dan Edit Menjadi DAFTAR PUSTAKA

Berikut gambarnya:

image 12

Demikian, cara Membuat daftar Pustaka Otomatis. Lengkap dari cara input data sumber sitasi hingga daftar pustaka Otomatis. Semoga bermanfaat.

Salam dunialiterasi

Leave a Reply