Bagaimana Cara Melakukan Donasi Online Bersama UNICEF?

Donasi Online, Saat ini donasi dapat dilakukan secara online dengan banyak pilihan. Diantara nya adalah donasi kesehatan dan donasi nutrisi. Anda juga bisa menjadi Donatur bersama dengan Unicef salah satu lembaga penyalur donasi Internasional yang kredibel

Memberikan donasi kepada orang yang membutuhkan menjadi hal yang mulia dan banyak dilakukan oleh orang. Sekarang donasi yang Anda berikan juga banyak sekali pilihannya, misalnya digunakan untuk korban bencana alam, membantu orang yang kurang mampu hingga mengirim kebutuhan bagi orang yang sedang menjadi korban perang dan masih banyak lagi. Salah satu persoalan krusial yang membutuhkan penyelesaian bersama adalah persoalan kesehatan.

donasi online, donasi kesehatan, donasi nutrisi

Kita sebagai bagian dari masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan kesehatan sesuai kapasitas kita. hal paling mudah adalah dengan menyisihkan sebagian dari finansial kita untuk kita salurkan dalam program kesehatan. Waah ini sulit, ribet ini nanti harus datang ke dinas atau ke lembaga ini dan itu. Ini adalah pertanyaan klasik yang saat ini sudah diselesaikan oleh kemajuan teknologi dan kelembagaan.

Bahkan, kamu sekarang sudah dapat berdonasi dengan mudah, Anda tidak perlu datang ke tempat tujuan karena dapat dilakukan secara online.

lalu bagaimana cara melakukan donasi kesehatan secara online? sebelum berdonasi secara online, anda harus memastikan beberapa hal termasuk lembaga penyalur donasi online pilihan anda. berikut ini tips cara memilih penyalur donasi yang terpercaya.

Cara memilih Penyalur donasi yang terpercaya

cara memilih lembaga penyalur donasi kesehatan dan donasi nutrisi. donasi online

Menebar kemanfaatan kepada khalayak luas merupakan salah satu indikator kebaikan seseorang. Salah satunya dengan berdonasi atau memberikan bantuan kepada pihak pihak yang membutuhkan. Saat ini, berdonasi sudah sangat mudah dilakukan. Salah satunya dengan berdonasi melalui lembaga yang kredibel dan tentunya legal sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Legalitas ini ditujukan agar uang hasil donasi dikelola dengan transparan dan akuntabel. Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri sosial Nomor 8 tahun 2021 tentang penyelenggaraan pengumpulan uang atau barang.

Lalu bagaimana cara memilih lembaga penyalur donasi yang terpercaya ? berikut ini tipsnya

Pastikan dan Cek Legalitas Lembaga penyalur

Lembaga peyalur donasi yang sudah resmi, pasti memiliki surat keterangan dan nomor izin dari Kementrian Sosial (kemensos). Hal ini menjadi bukti resmi untuk lembaga donasi yang bukan abal abal. Selain itu, pastikan juga ada bentuk program kemanusiaan yang disediakan.

Cek Profil Lembaga penyalur donasi

Selanjutnya yaitu, Anda perlu mengecek profil lembaga. Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi situs resmi lembaganya. Selain profil lembaga, struktur dan orang yang berada di dalamnya. Anda juga dapat mengecek sejauh mana respons dan reaksi pada waktu kejadian tertentu, misalnya bencana alam dan strategi yang diterapkan.

Cek kredibilitas website lembaga penyalur

Untuk berdonasi secara online melalui lembaga penyalur donasi online anda harus cek kredibilitas websitenya. Selain profil lembaga dan perizinan, anda bisa cek kredibilitas website dari Domain yang dipakai. Pastikan memakai Top Level Domain (TLD) dan Relevan. Misalnya ORG, domain ORG merupakan top level domain yang digunakan untuk organisasi atau Lembaga. Google pun memakai domain ORG untuk lembaga Pilantropinya.

Pastikan ada call Center dan Rekening atas nama Lembaga

Agar tersambung secara mudah dengan para donatur, lembaga penyalur Donasi yang sudah terpercaya,pasti memiliki call center. Selain itu, rekening penerimaan donasi juga diatas namakan lembaga dan bukan pribadi. Selain itu, Anda dapat mengecek untuk siapa donasi disalurkan. Dan yang tidak kalah penting yaitu adanya laporan pertanggung jawaban yang sudah dipublish. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan donasi. Misalnya  donasi nutrisi.yang sangat bermanfaat untuk mengatasi persoalan kesehatan.

Cara donasi di UNICEF

Jika anda ingin berdonasi di Unicef, anda bisa melakukannya secara Online. Berikut ini langkah langkah untuk berdonasi di Unicef.

  1. Pertama yaitu Anda perlu membuka website resmi dari UNICEF. Anda dapat masuk melalui browser.
  2. Memilih frekuensi donasi, setelah membuka website resminya Anda akan diarahkan untuk memilih frekuensi donasi. Misalnya donasi rutin atau donasi satu kali.
  3. Memilih nominal donasi, langkah berikutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih donasi. Misalnya Rp 150.000 dan jumlah lainnya.
  4. Memilih metode transaksi, Anda dapat menggunakan kartu kredit, transfer bank hingga Alfamart, Alfamidi dan lainnya.
  5. Mengisi form donasi, seperti nama lengkap. Alamat email dan nomor telepon, setelah itu Anda dapat melakukan donasi kesehatan dan berbagai donasi lainnya.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara melakukan donasi Online bersama Unicef. Berdonasi secara online memudahkan kita dalam menebar kebaikan kepada orang lain. Meskipun demikian, anda harus tetap memperhatikan kredibilitas lembaga penyalur donasi yang akan anda pilih sebagaiman tips diatas. Salah satu lembaga terpercaya untuk berdonasi adalah Unicef. Berdonasi di Unicef sangat mudah dilakukan, pilihannya pun variatif, anda bisa menjadi donatur tetap maupun donatur temporer. Opsi donasinya pun beragam misalnya donasi kesehatan termasuk didalamnya donasi nutrisi. Selamat berdonasi dan salam literasi.

Leave a Reply