Cara Duplikat Halaman Website Dengan Menggunakan Plugin

Cara duplikat halaman Website dibutuhkan ketika akan melakukan perubahan pada desain. Lalu, bagaimana cara duplikat halaman web? Berikut tutorialnya    

Anda mungkin membutuhkan tutorial cara duplikat halaman website, khususnya CMS WordPress ketika ingin mengubah tampilan website maupun postingan artikel. Demi menjaga agar data sebelumnya aman, duplikasi post atau page memang diperlukan.

Secara umum, cara duplikat halaman website dan post WordPress terbagi ke dalam dua cara. Pertama adalah melakukan duplikat dengan code. Kedua adalah melakukan duplikasi dengan menggunakan plugin. Cara kedua tentu saja lebih mudah dilakukan.

Tips Memilih Plugin di WordPress

Selanjutnya, Sebelum menentukan Plugin yang akan anda gunakan, sebagai panduan ketika akan memilih plugin di WordPress. Ada baiknya memperhatikan total download dari sebuah plugin, developer, kompatibilitas dan update terakhir yang dilakukan pembuat plugin tersebut.

Usahakan untuk menghindari plugin yang memiliki total download sedikit dan dibuat oleh developer kurang popular. Tanpa bermaksud merendahkan developer. Namun, hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga keamanan data Anda.

Cara Duplikat Halaman Website CMS WordPress

cara duplikat halaman website

Untuk melakukan duplikasi halaman web dengan CMS WordPress, anda bisa melakukannya dengan plugin wordpress. Ada beberapa plugin WordPress yang memungkinkan Anda melakukan duplikasi halaman dengan cepat dan mudah. Beberapa plugin dan tata cara penggunaannya akan kami jelaskan melalui tutorial di bawah ini.

1. Menggunakan Plugin Yoast Duplicate Post

Yoast Duplicate Post adalah plugin yang dibuat oleh tim developer Yoast yang bekerja sama dengan Enrico Battocchi. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menduplikasi sebuah halaman WordPress secara cepat.

BACA JUGA  Cara Menghapus Akun Gmail Dengan Mudah dan Cepat

Dari sisi instalasi dan penggunaan, cara yang dilakukan sama seperti pada dua tutorial yang ditulis sebelumnya.

  • Masuk ke WordPress sebagai Administrator kemudian klik menu Plugin
  • Cari Plugin bernama “Yoast Duplicate Post” by Enrico Battocchi and Yoast Team
  • Lakukan Instalasi dan Aktivasi.

Setelah proses aktivasi selesai, Anda bisa langsung masuk ke menu Pages atau halaman untuk melakukan duplikasi halaman sesuai dengan kebutuhan. Cara melakukan penduplikasian sangat mudah, Anda tinggal klik tulisan “Clone” untuk melakukan penggandaan halaman.

2. Menggunakan Plugin Duplicate Page and Post

Cara duplikat halaman WordPress lainnya bisa dengan menggunakan plugin duplicate page post by Arjun Thakur. Plugin ini penggunaannya cukup simpel karena hanya mendukung fungsi duplikat halaman atau post saja.

Cara untuk menggunakan plugin duplicate page and post adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman WordPress dengan status Administrator.
  • Masuk ke menu Plugin dan cari “Duplicate Page and Post” by Arjun Thakur
  • Klik Instal dan kemudian lakukan Aktivasi plugin
  • Setelah plugin aktif, Anda bisa masuk ke halaman Pos dan melakukan duplikasi postingan sesuai kebutuhan.

3. Duplikat Halaman Menggunakan Plugin Duplicate Post

Salah satu plugin populer dan sering digunakan untuk melakukan duplikasi halaman adalah plugin “Duplicate Post”. Dengan plugin ini, Anda bisa melakukan pengkloningan halaman, postingan artikel sampai dengan komentar yang ada pada artikel.

Cara untuk menggunakan plugin Duplicate Post adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman WordPress dengan status Administrator, kemudian masuk ke menu Plugin.
  • Cari plugin bernama “Duplicate Post” by Enrico Batthocci, kemudian instal dan aktivasi plugin tersebut.
  • Setelah plugin ini aktif, Anda bisa masuk ke menu posts/pages (dalam bahasa Indonesia pos/laman) untuk melakukan duplikasi halaman atau clone WordPress.
BACA JUGA  Mudah, Inilah Cara Menghapus Akun Google Lengkap

Nah, selain ketiga plugin yang telah disebutkan di atas. Sebetulnya, masih banyak plugin duplicate page WordPress lain yang bisa Anda gunakan. Misalnya seperti plugin Post Duplicator, Duplicate Page dan plugin lainnya.

Baca Juga: cara Membuat Blog, mudah!

Cara Duplikat Seluruh Data WordPress

Pada pembahasan di atas, kita telah menjelaskan bagaimana cara duplikat halaman WordPress secara sederhana. Nah, pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika data yang ingin diduplikat adalah data seluruh website, bukan hanya halaman dan pos saja?

Untuk melakukan itu semua, Anda membutuhkan bantuan plugin lain. Salah satunya adalah plugin “Duplicator”. Dengan plugin ini, Anda bisa menyalin semua data yang ada pada website berbasis CMS WordPress.

Data-data tersebut bisa berupa data konten, plugin, gambar, file, video atau bahkan database WordPress ke dalam satu paket folder berbentuk zip. Nantinya, data tersebut bisa langsung Anda gunakan pada server manapun yang mendukung penggunaan WordPress.

Adapun, cara untuk menggunakan plugin Duplicator adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam WordPress sebagai Administrator, kemudian masuk ke menu Plugin
  • Cari plugin bernama “Duplicator-WMP” By Snap Creek
  • Lakukan instalasi dan aktivasi plugin tersebut
  • Setelah itu, masuk ke menu Plugin -> Installed Plugin
  • Klik menu Manage di bagian bawah tulisan plugin Duplicator
  • Setelah itu, Anda bisa membuat Backup file dengan menekan tombol “Create New”
  • Centang tombol Yes dan klik tombol Build untuk memulai proses Backup data
  • Pada tahap akhir, Anda akan diminta memilih menu Archive, Installer atau One Clik Download. Anda bisa memilih salah satunya saja
  • Proses selesai

Penutup

Cara duplikat halaman website dengan CMS WordPress lebih mudah dilakukan dengan plugin duplicate page WordPress dibandingkan code. Namun, semuanya dikembalikan lagi pada Anda. Mau menggunakan plugin atau code sama saja, yang penting tujuan melakukan duplikasi bisa tercapai dan web anda semakin populer DA PA Website meningkat…..

BACA JUGA  Cara menggabungkan File PDF dengan Mudah, 2022

Leave a Reply