Cara download jurnal internasional gratis 2022

  • January 8, 2022
  • 346 Views
Jurnal Internasional Gratis scaled 1 e1648972682793

Sedang mengerjakan skripsi, tesis atau artikel ilmiah? Butuh referensi jurnal internasional, namun kebanyakan berbayar? Lanjutkan membaca untuk informasi download jurnal internasional gratis.

Saat ini menulis artikel ilmiah tidak sesulit saat teknologi belum secanggih saat ini. Meskipun tuntutan dan standardnya semakin ketat, tapi semua itu dimudahkan oleh teknologi. Karena itu, Literasi teknologi sangat penting bagi kita.

Menulis artikel ilmiah harus berdasarkan data, referensi yang kredibel, berbeda dengan menulis artikel populer. Salah satu referensi yang akurat adalah bersumber dari Jurnal ilmiah, baik nasional maupun Internasional. Namun, kamu harus tetap selektif memilih sumber jurnal. Setidaknya perhatikan minimal terindex Crossref dan tentunya artikel yang kamu rujuk sudah memiliki DOI (Digital Object Identifier).

Sebelum lebih jauh, bagi kamu yang masih bingung apa sih artikel Ilmiah, berikut ulasannya:

Artikel Ilmiah VS Artikel Populer

Artikel ilmiah merupakan karya tulis yang ditulis berdasarkan kaidah atau metode ilmiah, berbasis data bukan sekedar asumsi dan common sense. Berbeda dengan artikel populer, artikel ilmiah harus disertakan sumber baik berupa data lapangan, hasil penelitian terdahulu (artikel ilmiah lainnya yang relevan), teks book, dan sumber lain dan di cantumkan sebagai citation dalam bentuk kutipan, footnote, endnote dan harus disertakan dalam bibliografi.

Dan satu ciri utama artikel ilmiah adalah disajikan dengan bahasa baku, dan karena bahasa ini terkadang terasa agak kaku. Pada umumnya artikel ini ditulis untuk kepentingan akademik, maupun kedinasan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam artikel ilmiah adalah: sistematika penulisan, termasuk penulisan judul, sub judul, jumlah kata maksimal, kaidah penulisan, citation style, bibliografi / reference maupun daftar pustaka. Oiya, tahukah kamu apa bedanya referensi dengan daftar pustaka? Bagi yang belum tahu, ini bedanya… jika kamu menulis artikel ilmiah kemudian mengutip beberapa sumber, kemudian sumber tersebut wajib ditulis di bagian akhir artikel (referensi).

Artinya, sumber kutipan dalam artikel itulah disebut referensi dan ini wajib dicantumkan. Sementara daftar pustaka adalah sumber yang tidak selalu ada, atau tidak dikutip dalam tubuh artikel. Misalnya, kamu menulis artikel ilmiah tentang post pandemic development , sebelum menulis, kamu membaca beberapa bacaan, kemudian kamu terinspirasi dari bacaan bacaan tersebut.

Namun tidak kamu kutip dalam artikel kamu, nah sebagai penghargaan kepada penulisnya, sumber inspirasi tadi kamu cantumkan dalam daftar pustaka. Jadi kesimpulannya: Referensi adalah sumber yang dikutip dalam artikel, sementara daftar pustaka tidak selalu dikutip dalam artikel tapi menginspirasi penulis artikel tersebut.

Bagaimana dengan artikel populer? Sementara artikel populer biasanya ditulis berdasarkan trend, hoby, Opini, pengetahuan umum dan terkadang untuk statement tertentu juga disertakan sumber ilmiah juga. Namun, bahasa penyajiannya dengan bahasa populer, sehingga lebih fleksibel dan mengalir. Artikel populer biasanya ditulis untuk kepentingan yang umum dan lebih luas. Misalnya opini disurat kabar, konten website, buku populer.

Berikut beberapa perbedaan artikel Ilmiah dan artikel Populer

Karena ini merupakan dua hal yang berbeda, tentunya perlu kita rinci dan detailkan beberapa perbedaannya.

Judul artikel

tentunya setiap artikel memiliki judul. Bagian ini setidaknya menggambarkan isi dari sebuah tulisan. Oleh karenanya Judul merupakan bagian pertama dan utama dalam artikel. Bagaimana perbedaannya?

  • Judul pada artikel ilmiah harus sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Menggunakan kalimat Baku sesuai PUEBI dan atau KBBI. Bahkan untuk jumlah kata maksimal juga dibatasi (biasanya untuk institusi pendidikan punya kebijakan yang berbeda).Selain itu, untuk jenis penelitian biasanya juga punya ciri khas yang menggambarkan metode atau pendekatan yang dipakai.
BACA JUGA  10 Website tempat Download Ebook PDF Gratis 2022

Misalnya untuk penelitian Kuantitatif, biasanya menggunakan kata Pengaruh…… Terhadap, untuk kualitatif lebih fleksible namun tetap mengacu pada PUEBI dan KBBI. Contoh: Pengaruh Pembelajaran jarak Jauh terhadap prestasi Siswa …. Pertisipasi masyarakat dalam pembangunan desa

  • Sementara Untuk judul artikel populer lebih bebas, penggunaan bahasa populer dan tujuannya adalah untuk menarik perhatian pembaca, membuat penasaran pembaca. Makanya terkadang kita menemui kontek yang judulnya bombastis tapi isinya sederhana. Hehehe. Contoh : Teknik pesugihan digital, trik cepat kaya ala kaum rebahan

Sistematika penulisan:

setelah Judul tentunya setiap penulisan ada kaidah atau sistematika penulisan. Penulisan artikel ilmiah harus mengikuti ketentuan baku aturan ilmiah. Misalnya jumalah kalimat dalam satu paragraf. Ide pokok tiap paragraf tidak lebih dari satu substansi, standard pengutipan sumber, style sitasi (APA, MLA, Vancouver dll), bahkan urutan bab, jumlah minimal referensi (berbeda tiap institusi).

Sementara untuk artikel Populer, penulis bebas mengekspresikan ide, alur penulisan dengan semenarik mungkin tanpa terikat dengan kaidah ilmiah. Artikel populer biasanya lebih mengacu pada segmen pembaca, target market pembacanya, sehingga bahasa dan gaya penulisan disesuaikan dengan marketnya.

Tujuan penulisan

Seseorang menulis pasti ada tujuan. Untuk artikel ilmiah pada umumnya ada tujuan teoritis untuk pengembangan keilmuan, dan ada tujuan praktis bagaimana ilmu atau hasil analisisnya bermanfaat untuk masyarakat.

Sementara secara umum artikel ilmiah untuk akademik, pada umumnya untuk pemenuhan tugas (akhir), tugas terstruktur maupun untuk kepentingan proyek penelitian… hehehe. Sedangkan artikel Populer tujuannya lebih luas, mulai dari Hoby, pesanan, monitize web, popularitas, bisnis dll.

Isi Tulisan:

nah ini paling penting, karena kalau ada judul tidak ada isinya bagaimana… hehehe. Artikel ilmiah secara substansi isi tulisannya mengacu pada data, baik primer maupu skunder. Isi artikel ilmiah setidaknya memuat tiga statement, statemen teoritis, statement lapangan (data), statement penulis (analisis) penulis.

Untuk memenuhi tiga statemen tersebut maka dibutuhkan pengetahuan ilmiah konsep dan teori, akurasi data (lapangan, Lab, pustaka) dan creative/critical thinking penulis. Setiap pernyataan, statement dalam artikel ilmiah harus didasarkan pada sumber/referensi, dan pada bagian akhir juga dicantumkan dalam bibliografi ataupun daftar pustaka. Agak susah juga ya… tapi kalau sudah terbiasa akan mudah kok, dan apalagi sekarang mencari referensi sangat mudah dengan kecanggihan teknologi.

Sementara artikel populer, isinya lebih ekspresif, atau pengalaman pribadi, opini, refleksi. Namun demikian, menulis artikel populer juga membutuhkan pengetahuan yang luas. Bahkan lebih komprehensif daripada artikel ilmiah, mulai dari penguasaan isu yang sedang viral, bahasa gaul, psikologi pembaca, dan isu isu kontemporer sebagaimana isu ilmiah juga… hehehe

Oke, untuk pembahasan artikel ilmiah dan populer sudah cukup dulu ya. Nanti jadi lupa akan membahas jurnal internasional dan bagaimana trik download gratisnya…

Jurnal Nasional dan internasional

Untuk memahami apa itu jurnal internasional, tentunya kita harus paham dulu apa itu jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah (scientific /scientific academic journal / academic journal) merupakan publiksi ilmiah yang diterbitkan secara berkala, ada yang terbit tiap tahun, ada yang 2 kali dalam satu tahun, ada yang 3 kali, 4 kali bahkan ada yang 12 kali. Penulis / author di jurnal ilmiah adalah para ilmuwan, mahasiswa yang menekuni bidang keilmuan tertentu. Oleh karena itu, jurnal ilmiah pada umumnya dibatasi cakupan bahasannya.

Jurnal ilmiah lebih ketat dalam aturan penulisan dibanding terbitan ilmiah lainnya. Setiap jurnal ilmiah dipastikan memiliki pengelola yang kredibel dan reviewer artikel / editor substantif yang tersertifikasi. Secara fungsional, jurnal ilmiah berfungsi sebagai “forum” ilmiah untuk menyampaikan gagasan, hasil penelitian, temuan temuan baru dan menunjukkan State of the art dari suatu bidang pembahasan keilmuan.

BACA JUGA  Memahami Perkembangan Sosial dan Emosi

Menurut henry Oldenburg, tujuan jurnal ilmiah adalah untuk menyatukan Pengetahuan antara ilmuwan/peneliti satu dengan lainnya (dalam satu disiplin) dan kontribusinya untuk grand design peningkatan ilmu pengetahuan. Jurnal akademik pertama adalah Journal des sçavans (Januari 1665), diikuti segera setelahnya oleh Philosophical Transactions of the Royal Society (Maret 1665), dan Mémoires de l’Académie des Sciences (1666). Jurnal peer-review pertama sepenuhnya adalah Medical Essays and Observations (1733).[

Nah kira kira dari uraian diatas kita sudah bisa memahami apa itu jurnal ilmiah. Apalagi jurnal nasional dan jurnal internasional. Untuk jurnal nasional di Indonesia ada beberapa kriteria  jika digunakan untuk kepentingan kepangkatan dosen, kalau untuk rujukan / referensi biasanya tergantung pada ketentuan lembaga, atau jurnal yang dituju untuk publikasi.

Untuk kriteris jurnal nasional menurut Dikti adalah sebagai berikut:

  1. Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan;
  2. Memiliki ISSN;
  3. Memiliki terbitan versi online;
  4. Bertujuan menampung/mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu;
  5. Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin-disiplin keilmuan yang relevan;
  6. Diterbitkan oleh Penerbit/ Badan Ilmiah/ Organisasi Profesi/ Organisasi Keilmuan/ Perguruan Tinggi dengan unit-unitnya;
  7. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris;
  8. Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda;
  9. Mempunyai dewan redaksi/editor yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya dan berasal dari minimal 2 (dua) institusi yang berbeda.

Sementara itu untuk jurnal internasional kriteria standard DIKTI kita sebagai berikut:

  1. Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan;
  2. Memiliki ISSN;
  3. Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok);
  4. Memiliki terbitan versi online;
  5. Dewan Redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara;
  6. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari  2 (dua)  negara;
  7. Jurnal yang diakui sebagai jurnal internasional oleh Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti yang mempunyai indikator:

1).   Diterbitkan oleh asosiasi profesi ternama di dunia atau Perguruan Tinggi atau Penerbit (Publisher) kredibel;

2).   Terindeks oleh pemeringkat internasional (contoh SJR) atau basis data internasional yang ternama, contoh Index Copernicus International (ICI);

3).  Alamat jurnal dapat ditelusuri daring;

4).   Editor Boards dari Jurnal dapat ditelusuri daring dan tidak ada perbedaan antara editor yang tercantum di edisi cetak dan edisi daring;

5).   Proses review dilakukan dengan baik dan benar;

6).   Jumlah artikel setiap penerbitan adalah wajar dan format tampilan setiap terbitan tidak berubah ubah;

Untuk memudahkan kita, berikut publisher jurnal internasional paling populer dan dianggap bereputasi:

  1. Taylor and Francis : https://www.tandfonline.com/
  2. Elsevier : https://www.elsevier.com/en-xs
  3. Springer : https://www.springer.com/gp
  4. Sage Journal : https://journals.sagepub.com/

Dan masih banyak lagi:

  • Google Scholar
  • DOAJ (Directory of Open Access Journal)
  • Scopus
  • Web of Science (WoS)
  • Thomson Reuters
  • Wiley Online Library
  • ScienceDirect
  • Researchgate
  • SciELO
  • PubMed
  • SSRN (Social Science Research Network)
  • ProQuest
  • EBSCO
  • JSTOR
  • Microsoft Academic
  • Index Copernicus
  • OpenDOAR
  • WorldCat

Cara download jurnal internasional gratis

Tidak dipungkiri untuk bisa menulis dan diterbitkan dijurnal internasional cukup sulit dan sangat ketat review nya. Disamping itu, untuk jurnal berbayar, biayanya cukup mahal, bahkan hingga 3600USD (jurnal world development), bagi saya ini sangat mahal. Meskipun berbayar mereka menyediakan opsi gratis tapi dengan ketentuan menunggu 24 bulan baru boleh share link publikasinya.. hehehe…  selain berbayar untuk publikasi, jurnal internasional juga tidak gratis untuk di download, biasanya satu artikel kisaran 19USD paling murahnya.. waah mahal juga ya, kalau butuh 15 jurnal sudah lumayan tuh… hehehe

BACA JUGA  New: 4 Tips Agar Tidak Tertipu Fintech Lending

Tapi tenang saja… ada beberapa jurnal internasional yang gratis kok, dan yang menarik adalah juga ada triknya untuk download gratis meskipun sebenarnya berbayar. Bagaimana caranya? Berikut langkah langkah untuk untuk download jurnal internasional gratis dengan mudah.

Siapkan Kata Kunci pencarian

sebelum kamu melakukan download jurnal internasional gratis, Kamu list Dulu keyword, kata kunci untuk searching jurnalnya sesuai kebutuhan penulisan kamu. Kata kunci yang sesuai dengan topik yang sedang kamu tulis. Misalnya kamu sedang menulis tentang Village development vs Rural development : state of the art. Kata kunci bisa village development, rural development, village development Approaches, rural development strategies, strategy of village development, dll. Tentunya dalam bahasa inggris atau bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok).

Buka browser dan ketik https://scholar.google.com/.

Oiya, situs Google Scholar ini merupakan situs andalan para pemburu referensi. Hasil pencarian disini semuanya adalah publikasi ilmiah mulai dari Jurnal ilmiah, buku, laporan penelitian, thesis, skripsi dan lain lain.  Masukkan kata kunci sesuai topik yang sudah kamu tentukan. Jika ingin hasil tahun tertentu bisa kamu setting tahun yang diinginkan di sebelah kiri atas.

download jurnal internasional

download jurnal internasional

Carilah artikel jurnal yang sesuai,

coba baca abstraknya. Biasanya artikel berbayar hanya bisa diakses abstrakny saja. Ketika dari Abstrak saja kamu sudah mendapatkan apa yang kamu inginkan, tidak perlu di Download, langsung saja kamu jadikan referensi. Caranya Klik “Cite” kemudian pilih opsi sitasinya. Atau untuk lebih mudahnya kamu klik saja Add to Mendeley (jika kamu sudah install mendeley di laptop kamu). Jika dari abstraknya kamu masih belum mendapatkan point rujukan, lanjut ke langkah berikutnya

download jurnal internasional

dunialiterasi.com

Jika dari abstrak saja sudah menemukan point untuk rujukan kamu, maka langsung saja CITE artikel tersebut

download jurnal internasional

dunialiterasi.com

download jurnal internasional gratis

dunialiterasi.com

Coba cek, apakah artikel tersebut gratis atau berbayar

jika berbayar, lanjut kamu cari DOI artikel tersebut. Copy DOI nya. DOI adalah identitas unik artikel tersebut, jadi dengan DOI ini tidak akan tertukar dengan artikel lain, misalnya ada dua artikel, kebetulan judul sama atau hampir sama, dan nama penulisnya sama. Maka artikel tersebut diidentifikasi dengan DOI ini, jadi tidak akan tertukar antara dua artikel tersebut karena masing masing ada DOI nya. Contoh DOI: https://doi.org/10.1016/j.annals.2017.08.005

download jurnal internasional gratis

dunialiterasi.com

Copy DOI artikelnya

download jurnal internasional gratis

Setelah kamu copy DOI nya, langkah selanjutnya Buka Tab baru di browser kamu. Lanjut ketik https://sci-hub.se/ di tab baru tersebut. Maka kamu akan diarahkan satu web sci-hub dengan tampilan sederhana, tapi ini merupakn senjata “sakti” pemburu artikel berbayar “tanpa bayar”.. hehehe.

download jurnal internasional

Selanjutnya, Paste DOI tadi pada kolom yang sudah disediakan.

Kemudian klik OPEN atau enter. Jreng jreng jika berhasil, tampilan akan seperti ini, cari tombol download dan Klik. Selamat kamu telah mendapatkan satu artikel berkualitas secara gratis. Lakukan langkah ini, untuk next artikel.

download jurnal internasional gratis

Demikian cara download jurnal internasional secara gratis melalui sci hub. Namun perlu kamu ketahui, ada beberapa jurnal yang tidak bisa didownload dengan cara ini. Namun lebih banyak yang bisa. Dan untuk buku PDF juga jarang sekali yang bisa. Nah, silahkan di Praktekkan. Gunakan cara ini dengan bijak ya…. Semoga bermanfaat.

All Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x