Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis-Alternatif SCI-hub

  • May 31, 2022
  • 21 Views
cara download jurnal selain sci-hub

cara download jurnal ilmiah gratis – selain dengan sci-hub, download jurnal secara gratis juga dapat anda lakukan melaui Doaj, core, bookSC maupun link.springer.

Untuk mendapatkan update dan memudahkan membaca artikel dari web ini tanpa membuka browser internet, anda dapat mengunduh Aplikasi dunialiterasi.com di Play Store.

Dalam bidang akademis yang bergerak begitu cepat, kebutuhan akan jurnal ilmiah yang makin update sangatlah dibutuhkan oleh para akademisi dan para professional. kebutuhan referensi jurnal internasional, terutama jurnal internasional bereputasi menjadi keniscayaan dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Namun pengelolaan jurnal membutuhkan biaya, sehingga untuk mendownload artikelnya banyak yang harus membayar sejumlah biaya. Sehubungan dengan itu, salah satu situs yang menyediakan jasa untuk mengubah enkripsi file jurnal ilmiah berbayar sehingga bisa didownload secara gratis adalah Sci-hub.

Pada artikel sebelumnya telah diulas mengenai cara download jurnal melalui extension Unpaywall, Library genesis, dan scienceOpen. Berikut ini akan kami sajikan cara download jurnal ilmiah melalui booksc, DOAJ,CORE dan link.springer.

Seperti yang kita ketahui, situs download jurnal ilmiah Sci-hub ini telah banyak dilarang pemakaiannya dan diblokir oleh sebagian ISP terkait dengan masalah pelanggaran hak cipta dan publikasi para penulis. Oleh karena itu, kami merangkum beberapa cara alternative untuk melakukan download jurnal ilmiah gratis selain Sci-hub. Berikut rangkumannya:

Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis-Alternatif SCI-hub

BookSC

Salah satu situs web terbaik yang umum dipakai sebagai pengganti alternative untuk download jurnal ilmiah gratis selain Sci-hub adalah BookSC. BookSC atau dikenal juga sebagai Booksc.org merupakan bagian dari suatu project besar yg bernama Z Library.

Z library merupakan project besar berupa platform online yang menyediakan jutaan artikel ilmiah, ebook dan publikasi ilmiah gratis sejak tahun 2009. Tampilan user interface dari website satu ini juga lebih user-friendly daripada Sci-hub.

Search bar-nya jauh lebih akurat karena terdapat kolom untuk mengisi judul, nama penulis, kata kunci dan lain sebagainya. Selain itu jika jurnal yang Anda cari tidak ditemukan, website akan menawarkan artikel serupa yang mungkin akan berguna untuk Anda. Anda dapat membuka BookSc disini.

Berikut ini langkah langkahnya:

  1. Akses pada browser anda booksc.org:
  2. Masukkan keyword / kata kunci pencarian sesuai kebutuhan anda pada kolom yang disediakan sebagaimana dalam gambar dibawah ini
Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis, melalui booksc
  • Pilih salah satu artikel hasil pencarian tadi. Pilih yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan referensi penulisan anda. Berikut ini tampilannya:
Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis, melalui bookSC
  • Setelah anda pilih salah satu artikel, klik, maka akan diarahkan pada laman preview artikelnya… anda bisa klik pada artikelnya untuk membaca ringkasan atau abstraknya. Jika kurang sesuai anda bisa back pada laman hasil pencarian untuk memilih artikel lainnya yang sekiranya lebih sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika sudah menemukan artikel yang sesuai, maka anda tinggal klik icon download pada bagian bawah artikel seperti tampilan pada gambar berikut. Anda tinggal save hasil download, dan artikel gratis pun sudah anda dapatkan.

Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis, melalui bookSC

CORE

CORE merupakan singkatan dari Connecting Repository, yang merupakan salah satu situs terpercaya untuk download jurnal ilmiah gratis selain Sci-hub lainnya. CORE disediakan oleh lembaga pendidikan ingris bernama Knowledge Media Repository yang mempunyai basis operasi di Open University.

Lembaga ini memiliki misi untuk menghimpun seluruh jurnal ilmiah, hasil penelitian, majalah science, e-book dan disertasi dari seluruh dunia dan menyediakannya secara umum. Mereka juga tidak memungut biaya apapun untuk ini, yang artinya Anda dapat mendownload dari repository ini secara gratis. Library yang mereka miliki sangat besar dengan data berukuran masif, kira-kira terdiri dari lebih dari 130 juta item.

Cara menggunakannya yaitu, Anda dapat mencari jurnal dengan kata kunci yang Anda sudah tentukan sebelumnya dan mencarinya di search bar pada website CORE ini. Hasilnya akan muncul lalu silahkan tentukan file sesuai yang akan Anda download. Output dari website ini berupa PDF.

Berikut ini visualisasi langkah langkah download dalam gambar berikut ini:

  • Akses linknya pada browser anda: core.ac.uk
  • Kemudian masukkan kata kunci pencarian pada kolom yang tersedia
Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis, melalui CORE
  • Pilih salah satu artikel hasil pencarian tadi:
Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis, melalui CORE
  • Setelah anda klik artikel yang sesuai, anda akan diarahkan pada lama preview artikelnyaanda bisa membaca sepintas (abstrak) atau ringkasannya. Jika kurang cocok anda bisa back pada halaman sebelumnya untuk memilih artikel lain.

Jika sudah menemukan artikel yang sesuai, maka klik pada area preview artikelnya, maka akan diarahkan ke laman full text artikelnya. Pada sebelah kanan atas, terdapat icon download. Anda tinggal klik icon tersebut dan artikel otomatis akan terdownload. Berikut tampilan gambarnya:

Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis, melalui CORE

Selanjutnya akan diarahkan ke laman download

  • Pojok kanan atas terdapat icon download. Anda tinggal klik icon tersebut, dan artikel otomatis terdownload.
Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis, melalui CORE

Springer Link

Website berikutnya yang menyediakan jasa download jurnal ilmiah gratis adalah springer link. Situs ini memiliki sistem pengelolaan yang baik sehingga dipercaya oleh banyak mahasiswa dan akademisi di seluruh dunia.

Librarynya terus bertambah secara teratur seiring waktu. Sama seperti Sci-hub, Anda dapat mendownload buku, jurnal, penelitian, disertasi, dll secara gratis. Anda dapat mengakses web springer link disini.

Directory of Open Access Journal

Situs yang satu ini dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA) yang merupakan lembaga online library berbasis open source. Dimana artinya Anda dapat mengakses dan mendownload jurnal secara bebas tanpa perlu registrasi.

Website ini diluncurkan pada tahun 2003, yang berarti usianya jauh lebih tua daripada Sci-hub. Anda dapat membuka DOAJ disini.

Berikut tadi adalah kumpulan alternative untuk mendownload jurnal ilmiah gratis yang telah kami rangkum untuk Anda. Namun apabila Anda ingin mencanatumkan karya penulis lain dalam karya Anda, jangan lupa untuk mencantumkan nama penulis, tanggal penerbitan, serta sumber secara lengkap sesuai dengan standard sitasi maupun penulisan daftar pustaka.

Leave a Reply