Bisnis Online – Peluang, tantangan dan tips

Bisnis online adalah aktifitas bisnis seperti jual beli barang dan pelayanan jasa yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan media internet.

Aktifitas bisnis pada awalnya dilakukan secara offline face-to-face antara penjual dan pembeli atau produsen dan konsumen. Seiring perkembangan teknologi, aktifitas bisnis tersebut dilakukan secara online dengan bantuan media internet.

Perkembangan bisnis online tidak dapat dilepaskan dari meningkatnya literasi teknologi masyarakat. Perubahan perilaku konsumsi, dan aktifitas konsumsi lainnya menjadikan bisnis online semakin berkembang.

Kajian yang dilakukan oleh Mugiono Dkk, 2021 yang dipublikasikan jurnal of economic education menyatakan bahwa literasi digital dan edukasi bisnis online memiliki korelasi positif dan efek signifikan pada intensitas usaha online.

Aktifitas bisnis online tidak terbatas pada jual beli, pelayanan jasa dan pemasaran juga dikemas sebagai bisnis yang menguntungkan. Bisnis online memiliki jangkauan yang sangat luas dibandingkan dengan bisnis offline (konvensional).

Bisnis online adalah bisnis yang mengandalkan platform online dalam aktifitasnya. Belakangan, penggunaan platform bisnis online berkembang pesat. Beberapa kunci dalam bisnis online berpacu pada peningkatan PSI (Product service Innovation) dan model bisnis yang adaptif (business model adaptation / BMA).

Produk dan jasa dipasarkan secara daring dengan jangkaun yang lebih luas. Sebenarnya hal ini sama dengan bisnis konvensional, ada komoditas dan jasa yang ditawarkan, hanya saja model aktifitasnya menggunakan media internet secara online. Beberapa media bisnis online diantaranya adalah website atau blog toko online, media sosial, marketplace, email.

Jadi kesimpulannya bisnis online adalah aktifitas jual beli dan pelayanan jasa yang dilakukan secara online dengan bantuan media internet. Beberapa model bisnis online: jual beli barang, pelayanan atau jasa, pemasaran, review produk atau aplikasi, afiliasi, publisher, dropship dan lain lain.

Peluang dan tantangan bisnis online

peluang dan tantangan bisnis online

Setiap model bisnis pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu, juga memiliki peluang dan tantangan yang dinamis sesusai dengan perkembangan teknologi dan perilaku konsumen.

Peluang bisnis online merupakan kemungkinan kemungkinan menguntungkan yang mungkin akan didapatkan dari bisnis online. Peluang ini dibangun berdasarkan beberapa hal, diantaranya minimnya cost atau modal awal bisnis online, jangkauan yang luas sehingga berpeluang besar dalam menjaring pasar target, kemudahan control dan analisis karena tersedia banyak tools.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Freelancing, Strategi Bisnis Terbaik 2022

Secara terperinci berikut ini peluang bisnis online:

Pemasaran yang luas tanpa batas: Pemasaran bisnis online memanfaatkan media internet hal ini dapat menjangkau pasar yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Jika produk yang anda tawarkan bersifat global maka Ketika anda tidur pun bisnis anda akan terus melakukan pemasaran cukup hanya dengan beberapa klik saja. Dengan Teknik yang benar, konsumen luar daerah, luar negeri akan mudah menemukan produk anda sekalipun anda sedang tidur.

Saat ini teknologi pemasaran sudah sangat canggih, anda bisa setting otomatis, ataupun menggunakan media digital marketing berbayar yang tentunya lebih efektif. Intinya dengan internet, jangkauan pemasaran bisnis anda tidak lagi terbatas oleh jarak. Anda tinggal setting target pasar anda berdasarkan daerah (geo location), usia, gender dan indicator lain sesuai karakteristik produk yang anda tawarkan.

Low cost (minim modal), dalam ilmu bisnis modal adalah salah satu kunci pokok untuk memulai bisnis. Modal pada umumnya digunakan untuk produksi barang atau menyidiakan stok barang, distribusi, sewa tempat, pemasaran dan gaji karyawan. Namun dalam bisnis online anda dapat memangkah beberapa komponen modal bisnis anda. Bahkan, dalam model tertentu anda bisa memulai bisnis tanpa modal.

Pengadaan barang bisa anda siasati dengan menjadi dropshipper atau reseller suatu took atau produk yang memungkinkan anda tidak membutuhkan modal atau minimal modal awal sebagai jaminan kepercayaan saja. Anda juga tidak perlu sewa tempat yang lumayan mahal biayanya. Karena online, anda bisa berjualan dan menempatkan barang anda dirumah tanpa sewa tempat.

Pemasaran juga dapat anda lakukan melalui media gratis, namun jika sudah mulai berjalan anda bisa mencoba pemasaran berbayar professional untuk meningkatkan penjualan. Sementara untuk gaji karyawan bisa anda siasati dengan merekrut anggota keluarga yang tentunya dengan kompensasi yang lebih murah dibandingkan dengan menggaji karywan reguler

Waktu yang fleksibel salah satu hal penting dalam mengelola bisnis adalah alokasi waktu. Terutama bagi anda yang memiliki aktifitas atau pekerjaan rutin yang terikat oleh waktu. Ketika anda memulai bisnis, maka anda harus bisa mengkompromikan waktu anda untuk mengurus bisnis anda.

BACA JUGA  7 Cara investasi Untuk Pemula, Yuk Mulai Dari Sekarang

Namun, dalam bisnis online anda memiliki kuasa sepenuhnya dalam alokasi waktu untuk mengurus bisnis online. Anda bisa menggunakan waktu luang yang fleksibel, misalnya diluar jam kerja, hari libur dapat anda jadwalkan sebagai waktu rutin untuk bisnis anda. Atau bahkan anda bisa menggunakan waktu Bersama keluarga untuk mengurus bisnsi online anda. Misalnya, hari senin malam anda jadwal untuk update produk, sabtu dan minggu anda focus pada pemasaran online. Sementara untuk komunikasi anda bisa memanfaatkan teknologi atau aplikasi auto responder atau live chat dengan bot / robot.

Tantangan bisnis online

Bukan bisnis kalua tidak ada tantangannya, pada dasarnya tantangan ini adalah bukanlah hal yang pasti menghambat. Akan tetapi merupakan situasi dan realita yang menuntut anda untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif agar mampu bersaing. Berikut ini beberapa tantangan bisnis online

Persaingan yang tinggi

mengingat besarnya peluang dan potensi bisnis online, hal ini menyebabkan banyaknya orang yang tertarik untuk berbisnis online. Semakin banyak yang tertarik maka semakin tinggi tingkat persaingannya. Hal ini adalah wajar, anda hanya perlu lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola.

Untuk mengatasi tantangan ini anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

Pertama tawarkan barang atau jasa yang unik, jika produk anda unik sudah pasti pesaing anda sedikit dan peluang anda semakin besar.

Kedua Valuable,  jika point pertama diatas anda menemukan kesulitan, maka opsi kedua ini harus anda terapkan. Barang / jasa yang unik memang menjadi pilihan untuk memulai bisnis, namun anda juga patut mempertimbangkan unsur Valuable dari produk anda. Jika barang yang anda tawarkan adalah bersifat umum, banyak dipasaran atau usah sejenis, maka anda wajib menambah nilai lebih valuabe apa yang bisa membekas di hati konsumen anda. Barang / jasa sama, kualitas juga sama, tapi anda harus memberikan kesan dan pengalaman yang membekas dihati konsumen.

Ketiga jika barang atau jasa anda relative umum dan banyak dipasaran, maka anda harus mampu menunjukkan kelebihan barang anda dibandingkan toko lain dengan produk sejenis. Maksimalkan deskripsi kelebihan pelayanan, komunikatif, interaktif dan beberapa bonus tambahan yang tidak ditawarkan oleh pesaing anda.

Gunakan tools analisis competitor dan pantau apa yang dilakukan competitor anda. Hal ini bisa menjadi ide baru anda untuk mengisi “ruang kosong” yang belum dilakukan atau disediakan oleh competitor anda.

BACA JUGA  Kepemimpinan– 5+ cara Meningkatkan semangat kerja 

Keempat mulai dengan konsep Minimum Viable product (MVP). Memulai bisnis tidak harus menunggu konsep produk yang sempurna. Anda bisa memulai dengan menawarkan produk minimal “pantas” untuk dijual. Sambil jalan anda bisa meminta saran dan masukan dari customer anda. Model ini selain mendapatkan pemahaman pasar, anda juga mampu membangun kedekatan dengan konsumen.

Kelima hindari hit and run yang memberikan kesan lari dari tanggung jawab. Misalnya anda berjualan produk digital aplikasi lisensi GPL. Hindari kata kata “membeli berarti paham cara menggunakan”. Anda lebih baik memberikan keterangan / edukasi kepada calon konsumen anda. Minimal dengan memberikan link yang mengarah pada penjelasan ap aitu lisensi GPL, kenapa harganya jauh lebih murah dari lisensi original, apa resikonya.

Cepatnya perkembangan teknologi

Teknologi merupakan “ruh” dari bisnis online. Tanpa teknologi bisnis online anda tidak akan pernah berjalan. Sebagai pebisnis online, anda harus mempu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Misalnya perkembangan teknologi finansial, maka anda harus memanfaatkan sebagai metode pembayaran. Karena kemudahan pembayaran adalah salah satu pertimbangan konsumen dalam melakukan transaksi.

Maraknya penipuan

Pada masa awal bisnis online baru ramai, penipuan banyak dilakukan oleh oknum penjual online. Namun sekrang penipu sudah sangat canggih dan bisa dilakukan oleh siapapun. Penjual pun bisa menjadi korban penipun, terutama jika anda membuka program afiliasi atau reseller.

Pelaku biasanya berpura pura membeli barang anda, dan mentransfer sejumlah uang. Namun mereka meminta barang untuk tidak dikirim dulu, karena akan menambah order. Berikutnya mereka akan cancel dan meminta  refund dan bersedia untuk dipotong sebagai kompensasi cancel order. Pelaku sebenarnya telah menawarkan barang anda kepada orang lain, dan uang yang ditransfer kepada anda adalah uang pihak ketiga. Dan pelaku mendapatkan keuntungan dari refund yang anda transfer kepada pelaku.

Tips untuk menghindari penipun model ini, periksa mutasi uang masuk, pastikan nama pengirim sama dengan nama rekening tujuan refund.

Itulah penjelasan mengenai bisnis online, peluang dan tantangannya saat ini. Siap memulai bisnis online? Semoga beruntung. Terimakasih.

Leave a Reply