Asuransi Jiwa-Penjelasan lengkap dan tips memilihnya

Asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan uang pertanggungan kepada tertanggung jika pemegang polis meninggal dunia.

Asuransi adalah produk keuangan ditujukan untuk memberikan perlindungan kepada perserta asuransi dari kerugian finansial yang diperkirakan lebih besar. Menurut undang undang Undang undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang perasuransian, pengertian asuransi adalah Perjanjian antara dua pihak yaitu perusahaan asuransi dengan pemegang polis.

Pemegang polis berkewajiban membayar sejumlah uang yang disebut Premi asuransi, sebagai kompensasi dari perlindungan kerugian finansial, resiko kesehatan, jiwa/kematian, kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin saja terjadi.

Sementara itu, perusahaan asuransi berkewajiban memberikan perlindungan kepada pemegang polis dari resiko kerugian, resiko kesehatan, jiwa/kematian sebagaimana tertuang dalam kontrak perjanjian.

Dari pengertian diatas, asuransi beragam jenisnya, salah satunya adalah Asuransi Jiwa.

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan uang pertanggungan kepada tertanggung jika peserta meninggal dunia. Asuransi ini  adalah pilihan tepat bagi anda yang merupakan tulang punggung keluarga.

Asuransi jiwa pada dasarnya memberikan keuntungan kepada keluarga pemegang polis ketika meninggal dunia. Tujuannya adalah meringankan dan membantu perekonomian keluarga yang ditinggalkan karena kehilangan sumber penghasilan karena ditinggalkan oleh tulang punggung nafkah keluarga.

Dengan demikian, asuransi jiwa ini memberikan jaminan santunan atau uang pertanggungan kepada keluarga nasabah yang meninggal dunia. Misalnya karena kecelakaan, atau cacat permanen sehingga tidak bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Intinya disebabkan oleh resiko yang tidak disengaja. Karena itu, asuransi ini penting untuk dimiliki oleh tulang punggung keluarga.

Kenapa Asuransi Jiwa itu penting? Asuransi ini penting karena memberikan jaminan perlindungan finansial kepada keluarga yang ditinggalkan. Pada umumnya keluarga yang ditinggalkan oleh tulang punggung pencari nafkah akan mengalami kesulitan finansial. Oleh karena itu, uang santunan bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha untuk mendapatkan sumber penghasilan baru.  

Manfaat secara langsung memang tidak dapat dirasakan oleh peserta asuransi jiwa, melainkan oleh ahli warisnya.

Apa Sih Manfaat dari Asuransi Jiwa?

Manfaat asuransi jiwa pada umumnya mencakup santunan uang pertanggungan karena meninggal dunia dan karena cacat permanen yang diakibatkan oleh hal yang tidak disengaja. Manfaat asuransi jiwa dikecualikan dari kematian atau cacat permanen akibat bunuh diri, overdosis Narkotika, olahraga ekstrem, HIV/AIDS, kecurangan administrasi / klaim, ketidak sesuaian data, dan kematian akibat vonis hukuman mati.

Berikut ini manfaat dan keuntungan asuransi jiwa

Manfaat berikut ini adalah manfaat secara langsung dari produknya

  • Pemberian santunan uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dunia dengan jumlah 100% atau lebih dari uang pertanggungan yang telah dibayarkan
  • Pemberian santunan akibat cacat permanen Total sehingga tertanggung tidak dapat bekerja lagi, nilai santunan  mencapai 100 persen dari jumlah uang pertanggungan.
  • Pemberian santunan cacat permanen sebagian atau hilangnya fungsi sebagian anggota badan, cacat pada tangan, Kaki.Total uang pertanggungan sesuai dengan proporsional yang tertera pada polis asuransi.
  • Manfaat tambahan, biasanya diberikan mencakup penyakit kritis, manfaat asuransi kecelakaan dan manfaat asuransi kesehatan sekaligus.

Sementara manfaat dan keuntungan asuransi jiwa bagi peserta dan keluarga (diluar manfaat langsung produk asuransi jiwa) adalah

– Financial management atau pengeloaan keuangan keluarga. Pengeluaran bulanan untuk membayar premi asuransi merupakan pengeluaran rutin yang jelas manfaat dan keuntungannya. Dengan demikian, secara manajemen keuangan hal ini merupakan pengelolaan keuangan yang baik.

– Memastikan kelangsungan hidup keluarga, Ketika pemegang polis meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan santunan uang pertanggungan. Setidaknya hal ini bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha untuk mendapatkan sumber pendapatan baru

– Menjamin pendidikan anak, ketika tulang punggung keluarga meninggal dunia, maka biaya pendidikan anak akan menjadi beban tersendiri bagi keluarga yang ditinggalkan. Namun akan lain cerita, jika tulang punggung ekonomi keluarga memiliki asuransi jiwa. Maka uang santunan manfaat asuransi jiwa bisa digunakan sebagai biaya pendidikan anak

– Melindungi ahli waris dari beban finansial, keluarga yang ditinggalkan tulang punggung ekonomi pasti akan mengalami goncangan ekonomi karena kehilangan sumber pendapatan. Namun dengan mengikuti asuransi jiwa, ahli waris dapat memanfaatkan uang manfaat asuransi jiwa untuk meringankan beban finansial keluarga

– Memberikan rasa aman, setiap orang memiliki resiko peristiwa tidak terduga. Secara psikologis hal ini menyebabkan kekhawatiran tersendiri. Dengan asuransi ini, akan memberikan rasa aman minimal mengurangi kekawatiran atas resiko resiko tidak terduga, karena ada pihak yang menjami atas resiko tersebut.

Dari manfaat dan keuntunagan yang beragam, tentunya asuransi jiwa juga memiliki jenis atau varian produk yang bisa dipilih oleh calon nasabah. Penasaran apa saja jenis jenisnya? Berikut ini penjelasan jenis jenis asuransi Jiwa.

Secara definitif, terdapat 4 jenis asuransi Jiwa yang umum diikuti oleh masyarakat. Berikutnya penjelasannya

Asuransi Jiwa Seumur Hidup atau Whole Life

Asuransi jenis ini merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat perlindungan kepada pemegang polis dengan perlindungan manfaat seumur hidup. Meskipun demikian, masa perlindungan ini tergantung pada kebijakan layanan dan ketentuan dari pihak perusahaan. Asuransi Jiwa Seumur Hidup atau Whole Life ini memberikan jaminan perlindungan pertanggungan kepada pemegang polis hingga usia 90 sampai 100 tahun atau lebih.

Karena sifatnya memberikan perlindungan seumur hidup dan manfaat nilai tunai, asuransi jiwa jenis ini relatif lebih mahal preminya dibandingkan jenis lainnya.

Asuransi Jiwa Berjangka atau Term Life

Asuransi jenis ini merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan jaminan perlindungan dan manfaat pertanggungan dalam kurun waktu tertentu. Jangka waktu perlindungan ditentukan dalam kontrak dan atas kesepakatan atau pilihan peserta.

Asuransi berjangka ini memberikan pilihan masa pertanggungan mulai dari 1 tahun, 2 tahun hingga maksimal 30 tahun. dengan jangka waktu yang ditentukan ini, asuransi jenis berjangka ini cocok bagi anda yang membutuhkan perlindungan jangka pendek atas resiko resiko yang dicover oleh asuransi jiwa.

Kelebihan asuransi jiwa jenis ini adalah nilai premi yang relatif lebih murah dari jenis Asuransi Seumur Hidup atau Whole Life dan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga. Meskipun demikian, asuransi berjangka ini juga menyediakan layanan perlindungan tambahan seperti resiko penyakit kritis, santunan cacat permanen, jaminan pelunasan hutang dan lainnya.

Asuransi Jiwa Unit Link

Merupakan asuransi jiwa yang menggabungkan manfaat perlindungan dari berbagai resiko dari asuransi jiwa dengan manfaat investasi. sistem dalam Jenis Unit Link ini dengan membagi premi yang dibayarkan menjadi dua manfaat. Manfaat asuransi dan manfaat investasi. tentunya pembagian ini didasarkan pada rasio tertentu sesuai dengan kesepakatan dalam kontrak atau pilihan produk yang diambil oleh nasabah.

Dengan sistem kerja yang lengkap ini, asuransi jenis unit link ini dapat diuangkan kembali saat nasabah tak pernah melakukan pengajuan klaim perlindungan. Jika suatu saat tidak mampu membayar premi, nasabah juga bisa mengalihkan sebagian dana investasi untuk melunasi tanggungan premi.

Namun, tidak ada produk yang sempurna. Kekurangan dari jenis unit link ini adalah  manfaat investasi tidak bisa dirasakan secara optimal karena harus terpotong biaya asuransi. Selain itu, risiko kerugian akibat investasi juga bisa turut memengaruhi saldo asuransi dan menurunkan manfaatnya.

Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jiwa dwiguna ini adalah produk asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan tabungan. Sebagaimana jenis asuransi unit link, asuransi jenis ini juga membagi premi menjadi dua, sebagian premi dialokasikan ke rekening tabungan, dan sisanya dialokasikan ke manfaat perlindungan asuransi

Kelebihan dari jenis asuransi ini, anda bisa merasakan keuntungan berupa kemudahan dalam mencairkan dana asuransi sebelum durasi atau masa asuransinya berakhir. Selain itu, apabila nasabah masih hidup hingga akhir masa aktif asuransi, seluruh uang pertanggungan bisa didapatkan kembali.

Dengan kelebihannya tersebut, asuransi jiwa dwiguna cocok bagi anda  yang mempunyai tujuan keuangan jangka panjang dan bersifat primer, seperti, biaya pendidikan maupun biaya pensiun.

Kekurangannya adalah nilai premi yang harus dibayarkan relatif mahal.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

asuransi jiwa

Asuransi dengan berbagai manfaat dan keuntungannya cukup menarik minat masyarakat untuk memiliki produk asuransi. Ojk merilis pertumbuhan 3 persen pada 2021. Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat akan asuransi semakin tinggi.

Namun, perlu anda sadari juga, bahwa memilih layanan asuransi membutuhkan ketelitian agar tidak kecewa dikemudian hari. Berikut ini beberapa tips memilih asuransi jiwa yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam memilih produk asuransi agar mendapatkan yang terbaik.

Point penting dalam memilih asuransi adalah legalitas perusahaan. Anda harus mengetahui legalitas perusahaan asuransi yang akan anda pilih. Anda bisa kroscek di otoritas jasa keuangan. Terutama jika anda membeli dari broker asuransi, Cari tahu apakah memliki ijin dari OJK. Anda bisa cek list perusahaan asuransi di direktori asuransi OJK.

Sementara jika memutuskan untuk beli di perusahaan asuransi langsung, cari tahu terlebih dahulu apakah perusahaan asuransi pernah mendapatkan sanksi dari OJK atau tidak.

Berikut ini tips memilih asuransi jiwa terbaik bagi anda.

Analisis kemapuan finansial anda

Memiliki produk asuransi berarti anda harus menyiapkan dan menyisihkan uang bulanan untuk membayar premi. Nah pada point ini anda harus melihat kondisi dan kemampuan finansial anda. Sesuaikan besaran premi dengan kemampuan finansial yang harus anda keluarkan setiap bulan.

Hal ini wajib dicermati karena beban premi ini harus dilunasi secara rutin setiap bulannya. Jika biayanya terlalu besar, risiko kesulitan melunasi premi tentu akan menjadi lebih tinggi dan pengajuan klaim tidak bisa dilakukan saat pembayaran premi tersendat. Daripada bermasalah dibelakang, sebaiknya anda analisis terlebih dulu kemampuan finansial

Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Selain analisis keuangan anda, hal lain yang yang penting untuk diperhatikan saat memilih asuransi jiwa adalah mengetahui manfaat perlindungan seperti apa yang dibutuhkan. Sebab, setiap jenis asuransi mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.anda bisa berkonsultasi dengan profesional di bidang asuransi untuk membantu menganalisis kebutuhan asuransi anda. Dengan pertimbangan ini, nantinya anda akan mendapatkan produk perlindungan yang terbaik dan optimal. 

Riset Perbandingan Premi, kualitas produk

Tips berikutnya, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Saat ini semua perusahaan asuransi sudah bisa diakses secara online, andapun bisa mencari informasi, review dari satu perusahaan asuransi untuk mengetahui kualitas layanan produknya. Dalam hal ini termasuk legalitas perusahaan.

Pilih Perusahaan yang terdaftar di AAJI dan OJK

Legalitas perusahaan asuransi adalah hal paling pertama yang harus anda cermati. Dengan memilih perusahan yang jelas legalitasnya jaminan manfaatnya akan jelas dan optimal bisa anda dapatkan.

Cek kondisi keuangan perusahaan

Carilah informasi online, berita dan review atupun dari situs OJK, bagaimana kemampuan keuangan perusahaan asuransi. Karena jika kondisi keuangan perusahaan tidak dalam kondisi baik, besar kemungkinan klaim asuransi anda juga akan terhambat.

Itulah beberapa tips untuk memilih asuransi terbaik bagi anda.

Demikian uraian artikel tentang asuransi jiwa, pengertian, jenis, manfaat dan tips memilih asuransi. Semoga bermanfaat, terimakasih

Leave a Reply