Aplikasi VOSviewer: Manfaat,Jenis Analisa, Serta cara menggunakannya

Aplikasi VOSviewer bermanfaat bagi anda yang akan menulis artikel ilmiah. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan meta data publikasi, novelty atau kebaruan penelitian dengan analisis bibliomatrik.

Untuk mencari topik jurnal yang menarik, Anda memerlukan analisis bibliometrik yang bisa dilakukan dengan aplikasi VOSviewer

Membuat karya ilmiah untuk publikasi di Jurnal terlebih Jurnal internasional atau menulis Proposal Penelitian diperlukan sebuah analisis bibiliometrik. Untuk memudahkan penulis maupun pembuat jurnal dan karya ilmiah tersebut, kini telah tersedia aplikasi bibliometrik khusus yang dikenal dengan aplikasi VOSviewer. bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut?

Untuk mengetahui caranya, maka Anda bisa menyimak ulasan ini, yang mana dalam pembahasan kali ini akan diberikan panduan mengenai penggunaan dari software untuk melakukan analisis bibliometrik pada sejumlah karya tulis ilmiah ini. Oleh karena itu, yuk simak ulasannya hingga akhir!

Apa Itu VOSviewer?

VOSviewer merupakan salah satu software yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan jaringan bibliometrik. Dimana jaringan bibliometrik ini sangat diperlukan untuk mencari topik yang masih berpeluang untuk diteliti, ataupun topik yang bisa digunakan pada sebuah jurnal, maupun karya ilmiah.

Bukan hanya untuk mencari topik baru yang memiliki peluang besar (novelty) saja, pada analisa bibliometrik ini juga, biasanya Anda juga bisa mencari judul, pengarang/penulis, hingga sejumlah referensi yang dibutuhkan dari sejumlah jurnal dan karya ilmiah.

Jika sebelumnya, proses analisis bibliometrik ini sangat sulit dilakukan, kini dengan adanya sejumlah aplikasi khusus, memungkinkan proses analisis bibliometrik ini menjadi lebih mudah dilakukan. Seperti halnya saat Anda menggunakan aplikasi VOSviewer ini.

Dimana pada aplikasi ini, Anda bisa melakukan analisis bibliometrik dengan 4 macam peta yang ditampilkan. Diantaranya:

  • Peta yang ditampilkan dari bidang ilmu perpustakaan dan juga ilmu pengetahuan
  • Peta yang ditampilkan dari kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Leiden. Khususnya penelitian yang berkaitan dengan bidang ilmu perpustakaan dan juga ilmu pengetahuan (science)
  • Peta yang ditampilkan berupa jurnal-jurnal yang berasal dari journal of American Society for Information Sciense and Technology, serta
  • Peta yang ditampilkan berupa teks lengkap tesis PhD, yang berkaitan dengan pemetaan bibliometrik sains
BACA JUGA  Cara menggabungkan File PDF dengan Mudah, 2022

Dengan kata lain, saat Anda menggunakan aplikasi VOSviewer ini, Anda bisa menganalisa bibliometrik sesuai dengan jurnal yang akan Anda buat nantinya. Misalnya jurnal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan (sains), kesehatan, dan yang lainnya, yang mana topik yang akan Anda angkat/teliti nantinya, bisa Anda temukan pada aplikasi untuk bibliometrik tersebut.

Data dan Jenis Analisis yang Bisa Ditemukan di VOSviewer

Aplikasi vosviewer

Pada umumnya, aplikasi VOSviewer memiliki sejumlah kelebihan, yang mana salah satunya yaitu bisa membaca sejumlah data pada bibliometrik, serta melakukan sejumlah analisa bibliometrik untuk beragam jenis analisis.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak informasi berikut ini. Diantaranya:

1.Data yang Dibaca

Dalam proses analisis bibliometrik, aplikasi VOSviewer memiliki kemampuan dalam membaca dataset dari berbagai sumber. Misalnya dataset yang diambil dari Scopus, Dimension, Web of Science, hingga situs Pubmed.

Bukan hanya itu saja, aplikasi untuk bibilometrik yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk membaca dataset dari RefWork, Endnote, RIS, dan juga Semantic Scholar. Bahkan beberapa akademisi juga sering menggunakan aplikasi VOSviewer ini untuk membaca dataset yang berasal dari Wikidata, OCC, Crossref, Pubmed PMC, dan juga COCI.

Kelebihan lainnya dari VOSviewer yaitu aplikasi untuk bibliometrik ini juga ternyata bisa membaca data file secara sekaligus (multi file). Selain itu, aplikasi bibliometrik ini juga ternyata memiliki kemampuan untuk menganalisa term yang berasal dari term abstrak dan juga term tittle, dengan sumber-sumber yang sama ,dengan data-data yang diambil dari beragam situs jurnal diatas.

2. Jenis Analisa Bibliometrik

aplikasi vosviewer

Sebagaimana diketahui, hingga kini, ada banyak jenis analisa bibliometrik yang bisa digunakan untuk menentukan topik, pengarang, dan jurnal dari karya ilmiah dan jurnal yang berpeluang untuk diteliti. Dimana hampir semua jenis analisa bibliometrik tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi VOSviewer ini.

BACA JUGA  Panen Metadata Dengan Aplikasi Publish or Perish (PoP)

Beberapa jenis analisa bibliometrik yang dimaksud diantaranya:

  • Co-Authorship. Pada jenis analisa bibliometrik yang satu ini, yang data yang dianalisa yaitu sejumlah data mengenai adanya keterkaitan antara penulis yang satu dengan penulis yang lainnya, yang divisualisasikan berdasarkan nama penulis, organisasi dari penulis, serta negara asal dari penulis tersebut.
  • Co-Occurence. Merupakan jenis analisa bibliometrik yang dilakukan berdasarkan visualisasi antar kata kunci
  • Citation. Merupakan jenis analisa bibliometrik dengan memvisualisasikan dokumen yang sedang diamati
  • Bibliographic Coupling. Pada jenis analisa bibliometrik yang satu ini, artikel yang diuji akan divisualisasikan, yang nantinya akan dibuatkan sebuah network. Dengan ketenuan, bahwa referensi yang ditemukan merupakan referensi yang sama persis
  • Co-Citation. Jenis analisa bibliometrik dengan memvisualisasikan referensi yang digunakan pada sebuah dokumen

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi VOSviewer

aplikasi vosviewer

Meskipun dengan adanya aplikasi VOSviewer ini memungkinkan analisis bibliometrik pada jurnal dan sejumlah karya ilmiah lainnya bisa menjadi lebih mudah dilakukan. Namun karena hingga kini, tidak banyak orang yang paham mengenai cara menggunakan aplikasi ini, maka tentunya, proses analisis bibliometrik ini menjadi sangat sulit dilakukan.

Untuk itu, Anda bisa melakukan sejumlah langka-langkah mudah berikut ini. Diantaranya:

  • Download VOSviewer di laman https://www.vosviewer.com/download\
  • Anda bisa mendownload aplikasi untuk bibliometrik tersebut yang bisa disesuaikan dengan Operating System yang digunakan pada komputer/PC/laptop Anda. Misalnya jika Anda menggunakan Microsoft Windows, maka Anda bisa menjalankan aplikasi tersebut melalui VOSviewer Windows. Sementara bagi yang menggunakan MacOS, maka aplikasi VOSviewer yang digunakan yaitu MacOS VOSviewer
  • Namun jika saat mendownload aplikasi untuk bibloiometrik tersebut, ternyata dialihkan ke software Java, maka untuk menggunakan aplikasi VOSviewer ini yaitu dengan menginstal Java terlebih dahulu. Barulah Anda bisa menggunakan aplikasi untuk bibliometrik tersebut. Hal ini dilakukan, karena aplikasi VOSviewer berjalan bersamaan dengan sistem Java. Dengan demikian, cara yang paling mudah yaitu dengan mendownload sistem Java terlebih dahulu
  • Pada umumnya, setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas, maka aplikasi untuk bibliometrik tersebut akan tampil di desktop komputer/PC Anda
  • Jika aplikasi tersebut telah berhasil Anda download, maka selanjutnya, Anda bisa membuat sebuah folder baru dan juga mengekstrak file ZIP yang bisa Anda unduh di situs VOSviewer tersebut
  • Jika langkah-langkah tersebut telah anda lakukan, dan aplikasi VOSviewer telah muncul di layar desktop komputer/PC Anda, maka Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan analisa bibliometrik secara cepat dan mudah
BACA JUGA  Cara download ebook pdf di pdfDrive, Tutorial lengkap

Sebenarnya, Anda bukan hanya bisa mendownload aplikasi untuk bibliometrik tersebut saja, namun dengan masuk ke situs VoSviewer.com tersebut, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tersebut secara langsung di wesite/situs VOSviewer tersebut. Hanya saja, untuk melakukannya, Anda perlu menggunakan sistem Java terlebih dahulu.

Untuk informasi tambahan, anda bisa menggunakan data yang anda dapatkan dari pencarian dengan aplikasi Publish Or perish. Anda bisa membaca tutorial atau cara menggunakan publish or perish untuk mendapatkan input data berupa eksistensi RIS atau BibTex.

Demikian penjelasan mengenai aplikasi VOSviewer, yang merupakan salah satu aplikasi wajib yang bagi seluruh akademisi, yang ingin melakukan analisa bibliometrik pada sejumlah jurnal dan karya ilmiah secara lebih mudah dan cepat.. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda!

Leave a Reply