Aplikasi Saham Terbaik dan Terpercaya: New 2022

Aplikasi Saham: Menjadi suatu tren tersendiri, banyak orang berlomba-lomba dalam melakukan investasi di era pandemi ini. Seperti tidak terpengaruh dengan kondisi sulit yang menerpa banyak kalangan, uniknya adalah, para penggiat investasi dewasa ini datang dari para anak muda.

Penelitian pada tahun 2020 menyatakan, bahwa peningkatan jumlah investor dari kalangan generasi millenials dan generasi Z, mengalami peningkatan secara signifikan hingga menyentuh angka lebih dari 30%. Temuan ini cukup mengagetkan, melihat anak-anak muda saat ini yang mulai gemar menggelontorkan pemasukan yang mereka miliki, untuk penanaman modal masa depan dan skema jangka panjang.

Hal ini tidak terlepas dari mulai dilibatkannya pendekatan bernuansa digital dan teknologi kekinian, seperti pemberdayaan aplikasi telepon pintar (smartphone apps), program komputasi, dan situs web. Berbagai pembaharuan tersebut membuat aktivitas investasi menjadi lebih mudah, ringkas dan sederhana. Melihat fenomena tersebut, tentu sebagian orang akan menjadi penasaran, semudah, ringkas, dan sesederhana apakah kegiatan berinvestasi dewasa ini?

Hampir semua bentuk investasi yang ada sudah memiliki berbagai aspek simplisitas tersebut, namun yang akan menjadi bahasan pada artikel kali ini adalah bentuk investasi berupa saham, beserta aplikasi-aplikasi telepon pintar yang menunjangnya. 

Saham, atau yang dalam Bahasa Inggris sendiri disebut sebagai share, merupakan bentuk investasi yang mengedepankan bentuk-bentuk kepemilikan suatu nilai perusahaan. Saham juga dapat dikategorikan ke dalam instrumen reksadana. Orang-orang yang memiliki suatu saham biasa disebut sebagai seorang pemegang saham (share/stockholder).

Para pemegang saham ini juga memiliki peran sebagai pemilik perusahaan yang bersifat pasif (tidak secara langsung mengatur jalannya suatu perusahaan). Lantas peran dari berbagai aplikasi saham yang tersedia sekarang adalah untuk mengotomatisasi aktivitas “bermain” saham, serta memberikan keleluasaan akses hanya dengan melalui layar smartphone.  

BACA JUGA  Investasi syariah VS Konvensional, trend dan peluang 2022

baca juga: Aplikasi Keluarga Sehat, Mewujudkan Indonesia Sehat

Namun harus diingat, perlu adanya suatu kehati-hatian dalam memilih aplikasi saham. Aplikasi saham yang aman dan terpercaya, dapat dilihat dari kepemilikan sertifikasi yang sudah terdaftar dan dipantau oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Maka berikut ini akan di bahas beberapa aplikasi saham terpercaya yang dapat digunakan anda gunakan sebagai referensi anda dalam memulai investasi saham

Rekomendasi 4 Aplikasi Saham Terpercaya

aplikasi saham
dunia literasi

Bibit 

Aplikasi saham ini didasarkan pada Pencarian teratas pada berbagai bahasan mengenai aplikasi saham, selalu menampilkan aplikasi yang satu ini. Apabila pada umumnya aplikasi saham merupakan “perpanjangan tangan” dari berbagai perusahaan sekuritas yang bergerak pada aktivitas jual beli saham, namun berbeda dengan Bibit. Aplikasi yang dipelopori oleh PT. Bibit Tumbuh Bersama ini lebih cenderung mengarah pada perusahaan startup teknologi yang bergerak pada aktivitas saham.

Banyak pilihan produk reksadana yang disediakan oleh aplikasi ini sendiri. Selain saham, ada juga pasar jual beli uang atau valuta asing (valas), obligasi, serta lain sebagainya. Sejak tahun 2018, aplikasi Bibit telah terlisensi oleh OJK. 

BCAS Mobile  

Aplikasi saham selanjutnya ada aplikasi besutan perusahaan sekuritas milik BCA yaitu BCA Sekuritas. Tidak mau kehilangan momentum modernisasi teknologi, anak perusahaan dari Bank Central Asia ini juga memutuskan untuk menerbitkan aplikasi smartphone miliknya guna memudahkan para nasabahnya dalam bertransaksi reksadana.

Berbeda dengan Bibit di atas, perusahaan ini sendiri bergerak secara penuh pada sektor perdagangan efek, sehingga aplikasi yang diterbitkannya hanya sebagai media penunjang saja. Banyak pilihan yang mereka tawarkan, mulai dari melakukan faktorisasi finansial suatu korporasi, riset perusahaan dan pergerakan ekonomi, hingga pokok aktivitas reksadana sendiri, yaitu transaksi saham ritel dan korporasi (baik secara daring ataupun margin).

BACA JUGA  New: Cara Mulai Usaha Kecil! inilah 12 Tips Suksesnya

Bareksa

Lalu untuk pilihan lainnya juga terdapat Bareksa. Dengan konsep berbeda dengan kedua platform yang telah disebutkan di atas, aplikasi yang satu ini hadir dengan keunikan karakteristik miliknya sendiri. Didirikan oleh perusahaan teknologi finansial dengan nama PT Bareksa Portal Investasi, platform yang satu ini lebih mengusung bentuk portal untuk bursa atau marketplace yang mewadahi transaksi jual beli reksadana.

Memegang lisensi OJK sejak tahun 2016, perusahaan yang satu ini menyediakan beberapa fitur unggulan seperti transaksi reksadana daring, serta robo advisor yang dapat mengarahkan rekomendasi investasi reksadana terbaik bagi para pemula. Selain itu Bareksa tidak hanya berkutat pada transaksi jual beli reksadana saham saja. Perusahaan ini juga menyediakan bentuk-bentuk investasi lain, seperti surat berharga negara, emas fisik, hingga ibadah umroh. Itulah rekomendari Aplikasi Saham Ke tiga

MOST (Mobile Mandiri Sekuritas)

Dan di tempat terakhir terdapat aplikasi transaksi reksadana bernama MOST atau Mobile Mandiri Sekuritas. Sama halnya dengan BCA Sekuritas yang merupakan anak perusahaan Bank BCA, Mandiri Sekuritas sendiri merupakan anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak pada sektor investasi khususnya transaksi saham. Seakan turut mengikuti demam “ramah” smartphone kekinian, perusahaan sekuritas yang satu ini juga mengikuti langkah anak perusahaan BCA di atas, dengan menelurkan aplikasi miliknya sendiri.

Secara garis besar, fitur-fitur yang dimilikinya tidak terlalu berbeda dengan yang dimiliki oleh aplikasi empunya BCA Sekuritas. Namun satu yang khas dari Mandiri Sekuritas adalah transaksi reksadana syariah miliknya, yang dapat di afiliasikan dengan produk-produk Bank (Syariah) Mandiri.

baca juga: Rekomendasi Aplikasi Matematika: New 2022

Aplikasi Saham Terbaik dan Terpercaya

Dan itulah artikel mengenai aplikasi saham terbaik dan terpercaya yang dapat dijadikan referensi serta rekomendasi dalam memulai berinvestasi saham. Dengan adanya berbagai kemudahan yang dihasilkan dari keberadaan teknologi, sudah tidak zamannya lagi apabila seseorang enggan berinvestasi.

BACA JUGA  7 Investasi yang Cocok untuk Pemula, yuk dicoba?

Khususnya bagi para anak muda masa kini, investasi sudah menjadi tren tersendiri. Namun pastikan untuk selalu berhati-hati dalam menginvestasikan uang yang dimiliki. Lalu bagaimana dengan kalian?

Leave a Reply