Adaptasi Strategi Bauran Pemasaran 4P di era Digital

  • April 14, 2022
  • 106 Views
Adaptasi Strategi Bauran Pemasaran 4P di era Digital

Strategi Bauran Pemasaran 4P adalah suatu konsep pemasaran yang dipopulerkan oleh Neil Borden pada tahun 1950-an. Strategi ini masih digunakan hingga saat ini. hal ini dikarenakan Stategi pemasaran 4P merupakan elemnt dasar dari hampir semua strategi pemasaran. hanya saja, implementasinya mengharuskan adanya adaptasi

Pengertian Konsep Strategi Bauran Pemasaran 4P

Strategi Bauran Pemasaran 4P adalah suatu konsep pemasaran yang dipopulerkan oleh Neil Borden pada tahun 1950-an, dimana konsep 4P ini merupakan strategi pemasaran yang sangat mendasar diantara lebih dari sepuluh unsur pemasaran yang ada.

Konsep bauran pemasaran atau Marketing MIX bertujuan untuk merumuskan faktor-faktor yang  membuat calon pelanggan menyadari atau mengetahui produk yang anda tawarkan dan memutuskan untuk membelinya. Bauran pemasaran ini pada umumnya berpacu pada himpunan atau elemen 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi), dan Place (Tempat).

Strategi Bauran Pemasaran 4P
Strategi Bauran Pemasaran 4P

Elemen  atau Himpunan Strategi Bauran Pemasaran 4P

Product (Product)

Produk merupakan komponen terpenting atau jantung dari sebuah pemasaran. Produk tidak hanya berupa entitas fisik semata namun produk juga dapat berupa jasa, layanan, dan ide.

Price (Harga)

Harga merupakan suatu nilai yang harus dibayarkan atau ditukarkan dengan produk yang sudah ditawarkan. Harga merupakan sumber pendapatan dan sebuah sudut pandang konsumen dalam menilai suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan maka dari itu masalah harga sangatlah diperhatikan oleh perusahaan.

Promotion (Promosi)

Strategi ini sering kali digunakan untuk memberitahukan suatu produk yang ditawarkan dan mempengaruhi calon pelanggan untuk membelinya. Banyak cara yang digunakan dan budget yang rela dikeluarkan oleh suatu perusahaan dalam mempromosikan produknya. Adapun beberapa elemen promosi yang seringkali digunakan yaitu :

  • Promosi Penjualan
  • Hubungan Masyarakat
  • Membuat Event
  • Periklanan
  • Publikasi di media cetak, media elektronik dll.
  • Diskon Penjualan
BACA JUGA  AI Marketing- Tren Baru Teknologi Marketing

Place (Tempat)

Tempat atau distribusi juga merupakan elemen yang tidak kalah penting. Perusahaan harus mendistribusikan dan memposisikan produk ditempat yang memiliki potensial pasar yang sesuai dan mudah diakses. Anda harus benar – benar memahami pola perilaku konsumen atau target pembeli anda secara komprehensif sehingga akan ditemukan formula yang tepat dalam penentuan tempat atau distribusi dari produk yang akan ditawarkan.

Tantangan Strategi Pemasaran 4P di Era Teknologi Digital

Tantangan mulai muncul ketika dunia mengalami disrupsi dengan adanya perkembangan Teknologi Digital yang sangat pesat sehingga merubah perilaku pasar atau konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka, hal ini memunculkan pertanyaan apakah Konsep Strategi Pemasaran 4P ini masih menjadi acuan dalam strategi pemasaran?

Tentu kunci keberhasilan dan kemampuan suatu bisnis adalah satu kata yaitu “adaptasi” karena siapa yang lambat beradaptasi maka akan “Perlahan – lahan mati”.

tantangan pemasaran 4p di era digital

Bak dua sisi mata uang, ternyata meskipun konsep Bauran Pemasaran 4P ini merupakan konsep pemasaran yang sudah lama ditemukan dan banyak digunakan oleh seluruh perusahaan diseluruh dunia namun hingga saat ini masih relevan dipergunakan bahkan nyatanya mampu beradaptasi dan dikombinasikan dengan  berkembangnya zaman dan teknologi yang kian pesat.

Hal Ini disebabkan karena 4 elemen pemasaran tersebut sangatlah fundamental sehingga mudah untuk diadaptasi dan mencipatakan inovasi baru dalam implementasinya ditengah gempuran perkembangan Teknologi Digital dan Sosial Media yang semakin massif.

Disinilah sudut pandang dan pola pikir akan strategi pemasaran dari sebuah perusahaan diuji untuk menemukan komposisi yang tepat untuk mengkombinasika Teknologi dan Bauran Pemasaran 4P tersebut. Segala kemudahan banyak disajikan dengan seiring  berkembangnya Teknologi yang ada dan hal tersebut sangat bisa untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan strategi pemasaran.

Cara Mengkombinasi Strategi Bauran Pemasaran 4P dengan Teknologi Digital

Dari 4 elemen dasar  pemasaran yakni Product, Price, Promotion, Place  secara komposisi tidak ada yang perlu diubah namun harus ada penyesuaian pada segi implementasi dan media yang digunakan untuk mengkombinasikannya dengan teknologi yang ada.

BACA JUGA  New: 5 Ciri-Ciri Fintech Ilegal yang Perlu Anda Pahami

Dikarenakan tujuan utama dari adanya teknologi yang terus berkembang adalah untuk membantu memudahkan kehidupan maka prinsip itulah yang harus diterapkan kedalam strategi pemasaran untuk lebih memudahkan dan melakukan efisiensi dalam proses pemasaran,

Maka di artikel ini akan membedah beberapa implementasi dari perkembangan Teknologi Digital yang dapat diterapkan pada masing-masing elemen dari  Strategi Bauran Pemasaran 4P seperti berikut :

  1. Product (Product)

Dengan berkembangnya Teknologi produk yang ditawarkan akan semakin beragam dan inovatif. Seperti halnya dengan yang terjadi pada produk jasa layanan Ojek Online yang sangat berkembang pesat saat ini mereka berhasil mengkombinasikan perkembangan Teknologi Informasi dan Gadget untuk menjembatani antara pengguna jasa layanan transportasi ojek dengan penyedia layanan ojek / tukang ojek.

  • Price (Harga)

Dalam proses penentuan harga dan pengelolaan keuangan suatu perusahaan sangat bisa memanfaatkan teknologi salah satu yang umum digunakan adalah Sistem Informasi Akuntansi yang sangat membantu untuk mencatat, menyimpan, dan mengolah data keuangan suatu perusahaan.

  • Promotion (Promosi)

Berkembangnya sosial media membuat semakin bervariasi pula setiap brand dalam melakukan promosi dan pengenalan produknya. Cara mempromosikan produk secara digital . digital marketing ini sangat popular saat ini, terdapat 2 cara promosi yang umumnya disediakan oleh para penyedia jasa layanan sosial media yaitu menggunakan layanan iklan atau ADS berbayar yang disedikan oleh platform tersebut atau melakukan branding secara organik pada setiap akun sosial media yang anda gunakan sebagai sarana promosi produk.

Tentu 2 cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jika anda memilih untuk menggunkan layanan iklan berbayar maka anda harus menyiapkan biaya tambahan sebagai biaya iklan dan lebih berhati – hati lagi dalam mengeluarkan biaya iklan jangan sampai biaya iklan yang dikeluarkan lebih besar dari profit yang didapatkan. Apabila anda mempertimbangkan untuk melakukan prmosi dengan cara organik maka proses yang dibutuhkan tidaklah instan namun bisa lebih ringan dari segi budget.

  • Place (Tempat)
BACA JUGA  Strategi Pemasaran 4P, kunci sukses bisnis 2022

Merebaknya marketplace atau toko online merubah stigma bahwa setiap usaha wajib memiliki gerai fisik untuk menjual atau memasarkan produknya. Justru dengan adanya masa pandemic saat ini konsumen lebih menggemari belanja dengan cara online dari rumah cukup memesan segala kebutuhan mereka melalui  gawai atau gadget saja.

Namun hal tersebut jangan serta merta membuat anda tidak memiliki goals untuk memiliki toko fisik dikarenakan hal tersebut juga cukup penting dalam memberikan trust terhadap konsumen dikarenakan tidak semua orang melakukan checkout secara online namun bisa saja para konsumen memanfaatkan media marketplace untuk melihat katalog produk yang dijual dan mereka memutuskan untuk membelinya secara langsung / datang ke toko.

Place (tempat – distribusi) saat ini bukan sekedar tempat menampung barang, akan tetapi memiliki fungsi lain, yaitu meningkatkan kepercayaan konsumen digital. Anda harus menampilkan foto fisik took anda, alamat lengkap yang akan dijadikan pertimabangan calon konsumen Ketika mereka mengunjungi website anda.

Kesimpulan

Pemasaran adalah suatu pendekatan berbasis konteks, dan dengan adanya perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta terjadi hampir disetiap lini kehidupan membuat perubahan terhadap perilaku konsumen yang niscaya harus harus diiringi dengan adaptasi perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran.

Pada prinsip dasarnya  pemasaran memiliki tujuan yang sama, namun perlu sedikit adaptasi dan penyesuaian dalam implementasinya untuk mengikuti perkembabangan zaman. Setelah mengetahui tentang Strategi Bauran Pemasaran 4P kita memiliki suatu pondasi dasar dalam mengelola pemasaran pada setiap usaha yang ingin dijalankan. Namun disinilah titik kejelian dan kompetensi seorang manajer diuji seberapa jauh dia bisa mengatur strategi yang tepat dan efektif serta selalu dapat beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi.

All Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x