9 Langkah Cara Membuat Absensi di Google Form

Cara membuat absensi di Google Form sangatlah mudah. Dengan bermodalkan jaringan internet dan perangkat, anda bisa membuat absesni dengan mudah dan praktis. Penasaran? Simak langkah-langkahnya berikut ini!

Tentunya sudah bukan rahasia lagi apabila pembelajaran secara daring menjadikan berbagai aktivitas menjadi terbatas. Meski begitu, dengan adanya kecanggihan teknologi dan internet membuat Anda bisa melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dengan baik, tidak terkecuali dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan pembuatan absensinya. tak berlebihan jika literasi teknologi bagi guru era society 5.0 sangatlah penting.

salah satu teknologi yang memudahkan kita dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah Google form. anda dapat dengan mudah membuat kebutuhan pembelajaran jarak jauh dengan mudah. diantaranya Membuat soal dengan google form dan membuat absensi dengan google form.

cara membuat soal di google form sudah kita sajikan dalam artikel lain di web ini. pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tutorial 9 Cara membuat absensi di google form.

Lantas, bagaimana cara membuat absensi di Google form? Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan.

1.   Buka Layanan Google Form Melalui Browser

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat absensi di Google Form adalah dengan membuka Google Form itu sendiri terlebih dahulu. Buka Google Form melalui peramban atau browser dengan memasukkan tautan docs.google.com/forms.

2.   Buat Formulir Baru

Untuk membuat formulir baru atau absensi melalui Google Form dalam format kosong, maka silahkan klik simbol ‘+’. Selain itu, Anda akan disuguhkan ke berbagai pilihan templat formulir yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

cara membuat absensi di google form

3.   Tambahkan Judul dan Berikan Deskripsi Pada Formulirnya

Cara membuat absensi di Google Form selanjutnya adalah dengan memberi judul pada formulirnya. Misalnya adalah ‘Absensi Penulis’. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan deskripsi yang berkaitan dengan absensi tersebut. Misalnya adalah dengan mencantumkan informasi lain yang berkaitan dengan data penulis, ‘Absensi penulis yang aktif dan mengambil job’.

cara membuat absensi di google form

Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda dalam mengorganisir data presensi atau absensi penulis yang ada.

4.   Buat Kolom untuk Nama Penulis

Untuk membuat kolom nama penulis, tekan saja kolom yang ada di bawah judul dan deskripsi formulirnya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan jenis jawaban Anda menjadi bentuk jawaban yang singkat.

Tujuannya adalah untuk meminimalisir penulis yang lupa untuk mengisi kolom formulir. Jadi, Anda bisa mengaktifkan fitur ‘wajib diisi’. Dengan begitu, maka formulir tidak bisa dikumpulkan sebelum terisi sesuai dengan yang sudah ditentukan sebelumnya.

cara membuat absensi di google form

5.   Buat Kolom Jadwal

Cara membuat absensi di Google Form selanjutnya adalah dengan menambahkan kolom jadwal. Caranya, silahkan Anda klik simbol ‘+’ yang ada di bagian kanan. Setelah itu, lanjutkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk kolom jadwalnya sendiri, Anda bisa menyisipkan opsi hari atau tanggal pada kolom jawaban tersebut. Pada kolom jadwalnya, Anda bisa menyesuaikan kolom jawaban dengan jenis jawaban ‘pilihan ganda’ atau ‘drop – down’. Namun, Anda juga harus memasukkan daftar harinya terlebih dahulu.

cara membuat absensi di google form

6.   Buat Kolom Keterangan

Unsur lain dalam absensi adalah keterangan ketidakhadiran. Sama halnya dengan cara sebelumnya, Anda bisa menambahkan kolom baru untuk membuat kolom keterangan ini. Kemudian, Anda bisa melanjutkan dengan menambahkan opsi ‘sakit’, ‘hadir’, atau ‘izin’.

cara membuat absensi di google form

7.   Kirim

Setelah format cara membuat absensi di Google Form selesai dibuat, maka Anda bisa menekan tombol ‘Kirim’ atau ‘send’ yang ada pada bagian atas formulirnya untuk membuat tautan.

8.   Kirim Formulir Absensi

Setelah Anda kirim, maka Anda bisa memilih dua metode pengiriman formulir absensi tersebut. Pertama dengan cara menyalin tautannya, dan yang kedua adalah melalui alamat surel penulis. Untuk metode pengiriman melalui surel, Anda bisa menuliskan alamatnya.

Kemudian, Anda bisa memilih ‘include form in email’. Jika sudah, lanjutkan dengan klik ‘send’ yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan layar Anda.

9.   Klik Respond

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan setelah formulir absensi dibagikan dan diisi oleh penulis adalah Anda bisa melihat hasil tanggapan dari para responden dengan cara klik ‘respond’.

Nah, itulah 9 cara membuat absensi di Google Form yang bisa Anda coba. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda! salam literasi

Leave a Reply