8 Tips membeli asuransi kesehatan terbaik

Tips membeli asuransi kesehatan sangat penting bagi anda yang berencana mengikuti asuransi kesehatan. Agar mendapatkan produk terbaik, ikuti beberapa tips berikut ini.

Asuransi adalah Produk finansial yang bermanfaat memberikan perlindungan kepada nasabahnya. jenis manfaat perlindungan yang dicover oleh asuransi tergantung pada jenis asuransi yang diikuti. salah satu manfaat perlindungan asuransi adalah kesehatan. Produk asuransi ini kemudian disebut dengan asuransi kesehatan. resiko kesehatan termasuk biaya pengobatan, santunan sejumlah uang selama opname atau menjalani pengobatan yang menyebabkan kehilangan penghasilan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan.

Pentingkah asuransi kesehatan?

Jika anda adalah pegawai yang mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan swasta dari kantor, maka anda sangat beruntung. Namun pernahkah anda memikirkan berapa lama anda akan memiliki asuransi tersebut? Bagaimana bila sewaktu-waktu anda harus dirumahkan dan tidak lagi mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan.

Tentunya bila anda sakit, anda tidak akan terlindungi dan anda harus mengeluarkan biaya untuk berobat dari tabungan. Mungkin ini saatnya anda mulai memikirkan membeli asuransi kesehatan sendiri. Untuk anda yang masih bingung seputar asuransi kesehatan, kita akan membahas beberapa tips membeli asuransi kesehatan. Yuk simak penjelasannya berikut ini

baca juga: Asuransi Jiwa-Penjelasan lengkap dan tips memilihnya

8 Tips Membeli Asuransi Kesehatan

tips membeli asuransi kesehatan

Kenapa anda butuh tips membeli asuransi kesehatan? Pada dasarnya semua semua produk asuransi kesehatan sudah melalui standardisasi dan proses yang panjang sebelum ditawarkan kepada masyarakat. Terkadang kita belum benar benar memahami secara detail, dan karena banyaknya produk yang ditawarkan, kita juga bingung atau tidak tahu bagaimana memilih dan membeli produk asuransi yang terbaik untuk kita. dan yang terpenting tidak bermasalah dikemudian hari terutama ketika akan klaim asuransi. Berikut ini 8 tips membeli asuransi kesehatan

Belilah Asuransi Kesehatan Pada Saat Kondisi Sehat

Seringkali banyak orang menunda-nunda membeli asuransi karena merasa belum membutuhkannya. Syarat mengajukan asuransi kesehatan adalah harus sehat. Jika sudah terkena penyakit kritis seperti hipertensi,diabetes, jantung koroner, dan penyakit kritis lainnya akan sulit diterima pengajuannya. Bila diterima pun tentunya harus menjalani medical checkup dan ditinjau oleh bagian underwritting perusahaan asuransi. Kemungkinan bisa ditolak, diterima dengan pengecualian penyakit tertentu, dan premi yang lebih tinggi.

Jujur Mengenai Riwayat Kesehatan

Tips membeli asuransi kesehatan yang kedua adalah Jujur mengenai riwayat kesehatan. Di dalam dunia asuransi ada yang disebut prinsip utmost good faith sebelum mengajukan asuransi. Prinsip niat baik ini mewajibkan kedua belah pihak untuk saling jujur dan terbuka sejak awal. Jadi riwayat kesehatan selama 5 tahun terakhir harus diinfokan kepada agen asuransi yang membantu pengajuan polis asuransi. Apakah pernah dirawat, terkena penyakit kritis, dan informasi kesehatan lainnya.

Kenapa informasi ini penting? Jika utmost good faith tidak dipenuhi maka bisa jadi klaim asuransi anda bisa ditolak. Misalnya saja anda sudah memiliki riwayat penyakit hipertensi dan pernah dirawat di rumah sakit namun tidak jujur saat wawancara riwayat kesehatan oleh agen asuransi. Bisa jadi ketika anda klaim untuk penyakit hipertensi nanti, pihak asuransi akan mengecek rekam medis dan menemukan bahwa anda tidak jujur dengan riwayat kesehatan. Klaim anda bisa saja ditolak.

Beli Asuransi Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Ada banyak sekali asuransi kesehatan yang ditawarkan di luar sana oleh berbagai perusahaan asuransi. Masing-masing mengklaim bahwa produknya adalah yang terbaik. Semakin banyak fasilitas dan plafon yang diberikan per tahunnya tentunya semakin mahal premi yang harus dibayarkan. 

Bertanyalah sebanyak mungkin kepada agen asuransi mengenai produk yang mereka tawarkan. Bandingkan dengan berbagai produk asuransi kesehatan sejenis. Bandingkan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut. Beli asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dan budget. 

Pilih Asuransi Kesehatan Unitlink Atau Asuransi Kesehatan Tradisional?

Banyak sekali nasabah asuransi yang tidak memahami apa itu asuransi unitlink. Mereka kaget ketika sudah menyetorkan dana sekian juta selama bertahun-tahun namun hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan di proposal. Sebagai nasabah kita perlu mengetahui apa perbedaan asuransi unitlink dan asuransi tradisional. 

Asuransi kesehatan tradisional adalah asuransi yang bersifat murni tanpa investasi. Jadi seluruh premi yang diberikan untuk asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan tradisional ini akan meningkat preminya dari waktu ke waktu sesuai pertambahan usia. Umumnya asuransi kesehatan tradisional ini akan hangus preminya.

Asuransi unitlink adalah asuransi jiwa dan investasi yang bisa ditambahkan berbagai rider. Jadi premi asuransinya nanti akan dibagi menjadi dua. Sebagian masuk ke investasi, sebagian lagi masuk ke biaya asuransi. Rider ini sifatnya tambahan. Asuransi unitlink ibarat seperti kue yang bisa ditambahkan berbagai macam topping. Jika membutuhkan asuransi kesehatan, bisa menambahkan rider asuransi kesehatan. Asuransi unitlink tentunya lebih mahal dibandingkan asuransi kesehatan tradisional. 

Pilih Agen Asuransi Kesehatan Yang Terpercaya

Tips membeli asuransi kesehatan berikutnya dalah Pilih agen asuransi kesehatan yang terpercaya.

Memilih agen asuransi tentunya sangat penting saat membeli asuransi. Pastikan bahwa kita memilih agen asuransi yang peduli dengan kliennya. Jika klien perlu klaim, agen asuransi dapat membantu mengurus administrasinya.

Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Di Indonesia banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan. Kita dapat melakukan riset di google mengenai perusahaan tersebut bagaimana pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabahnya saat pengajuan klaim. Apakah banyak testimoni baik atau buruk. Kita juga bisa berdiskusi dengan teman atau keluarga mengenai perusahaan asuransi yang sudah mereka gunakan dan bisa bertanya tentang kesan mereka menggunakan layanan perusahaan asuransi tersebut.

Pelajari Buku Polis

Setelah pengajuan asuransi disetujui biasanya nasabah akan dikirimkan buku polis asuransi. Bisa dikirimkan buku polis berupa buku fisik atau buku polis berupa e-polis. Sebaiknya buku polis ini dipelajari terlebih dahulu. Nasabah biasanya diberikan waktu sekitar 14 hari untuk mempelajari buku polis. Bila ada hal yang tidak sesuai seperti yang dijelaskan oleh agen asuransi dapat mengajukan keberatan dan membatalkan asuransi tersebut. Ketika sudah lewat dari masa mempelajari buku polis, kita sudah dianggap menyetujui apa yang tertulis di buku polis tersebut.

Review Secara Berkala Polis Asuransi Kesehatan

Ada asuransi kesehatan yang menawarkan fasilitas membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan. Ada juga asuransi kesehatan yang membayar biaya kamar dengan limit tertentu, misalkan per hari Rp 1.000.000. Tentunya premi masing-masing akan berbeda tergantung fasilitas yang ditawarkan. Saat ini dengan uang Rp 1.000.000 mungkin biaya kamar dan perawatan rumah sakit masih relevan. Bagaimana dengan 10 atau 20 tahun lagi? Tentunya plafon Rp 1.000.000 per hari sudah tidak lagi relevan karena adanya inflasi.

Sebaiknya mereview polis asuransi secara berkala. Kebutuhan asuransi saat masih single, menikah, dan sudah berkeluarga tentunya akan berbeda. Setidaknya review asuransi kesehatan di perubahan fase kehidupan tersebut. Apakah perlu menambah polis baru untuk menyesuaikan kebutuhan.

Demikian 8 tips membeli asuransi kesehatan, semoga tips ini berguna saat anda mengambil keputusan membeli asuransi.

Leave a Reply