7+ Strategi Pemasaran: Kunci Sukses dalam Bisnis

  • March 26, 2022
  • 564 Views
7 Strategi Pemasaran Kunci Sukses dalam Bisnis

Strategi Pemasaran merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis anda. Dengan strategi pemasaran yang kompetitif anda berpeluang memenangkan persaingan pasar.

American Marketing Association mendefiniskan strategi pemasaran sebagai rencana Tindakan perusahaan atau organisasi yang didesain untuk menjual dan Menawarkan atau mengiklankan Produk dan jasa.

Pada artikel kali ini, akan dibahas stategi pemasaran secara detail dan komprehensif dimulai dari konsep dan definisi Pasar, Pemasaran. Sementara untuk inti substansi strategi pemasaran mencakup: Aspek Penting dalam Pemasaran yaitu Rencana strategi, Bauran Pemasaran, dan Pasar pasaran. Bahasan berikutnya adalah Faktor yang mempengaruhi Pemasaran, strategi pemasaran sesuai posisi bisnis baik skala besar maupun bisnis skala kecil dengan analisis pasar dan terakhir akan disajikan kesimpulan dan tips sukses dalam strategi pemasaran.

sebelum kita memahami strategi pemasaran secara detail dan komprehensif, kita harus memahami dulu Pasar dan Pemasaran.

Definsi dan Pengertian Pasar

Pasar secara konvensional diartikan sebagai tempat terjadinya jual beli antara penjual dan pembeli. Definisi ini merujuk pada pengertian pasar didasarkan pada tempat. Berikut ini pengertian pasar menurut para ahli

W.Y Stanton

Pasar adalah tempat yang disediakan untuk merencakan, menetukan, menawarkan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh calon konsumen.

Winardi SE

Sedangkan untuk pengertian pasar menurut Dr. Winardi adalah tempat yang pada waktu tertentu harga terbentuk secara ideal baik untuk penjual maupun pembeli.

William J. Stanton

Pengertian pasar adalah sekelompok orang yang memiliki uang dan mengeinginkan kepuasan dengan menggunakan uangnya untuk berbelanja dengan tujuan memuaskan keinginannya.

H. Nystrom

Pasar merujuk pada tempat atau lokasi yang gunakan untuk mendistribusikan barang dari produsen kepada konsumen. Pengertian ini merujuk pada tempat bertransaksi barang atau jasa antara produsen (penjual) dengan konsumen (pembeli)

Kotler (2002)

Pasar adalah lokasi atau tempat dimana penjual dan pembeli berkumpul untuk melakukan pertukaran barang atau jasa dengan alat tukar.

Dari definisi dan pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa pasar dapat pahami sebagai tempat, Proses dan Individua atau kelompok. Pengertian simpulan ini sebagaimana pengertian pasar yang dirumuskan oleh Handri Ma’ruf. Menurutnya pasar mencakup:

  1. Pasar diartikan sebagai tempat yaitu, tempat bertemunya para penjual atau produsen dengan konsumen atau pembeli
  2. Pasar sebagai proses interaksi permintaan dan penawaran. Dalam hal ini pasar sebagai proses transaksi jual beli antara penjual dan pembeli
  3. Pasar diartikan sebagai sekelompok individu yang memiliki kebutuhan dan daya beli.

Untuk kepentingan analisis pemasaran, pasar diklasifikasikan menjadi beberapa type atau jenis.

  1. Pasar potensial: dimana sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan barang atau jasa
  2. Pasar tersedia (Available market) : bagian dari pasar potensial yang memiliki sumberdaya (uang) untuk sebagai alat tukar atas barang atau jasa yang mereka butuhkan dan secara legal memiliki akses untuk bertransaksi jual beli
  3. Target Pasar (Market target) adalah bagian dari Pasar tersedia yang ditargetkan oleh perusahaan untuk dilayani atau disediakan kebutuhannya. Hal ini karena target market dianggap memenuhi syarat tiga hal , kebutuhan dan ketertarikan akan barang atau jasa, sumberdaya-income atau uang, dan akses legal untuk bertransaksi.

Selain itu, pasar juga dibedakan berdasarkan Lokasi atau tempat, Waktu dan Persaingan. Berikut ini bagannya:

strategi pemasaran, jenis pasar berdasarkan lokasi, waktu dan persaingan

Perlu kita pahami, bahwa secara factual, pasar bukan saja bersifat fisik, melainkan juga virtual. Mungkin dulu kita hanya mendengar istilah pasar tradisional, pasar modern, supermarket. Namun sekarang pangsa pasar virtual justeru semakin popular, misalnya ecommerce, marketplace.

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan proses social dan manajerial yang memungkin individu atau kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui jaringan komunikasi informasi sebagai sarana penciptaan dan pertukaran timbal balik.

Secara sederhana pemesaran diartikan sebagai kegiatan perusahaan, atau produsen-penjual untuk mempromosikan , menawarkan barang atau jasa yang mereka miliki kepada pasar. Pemasaran mencakup banyak hal, tidak hanya pada proses penawaran, akan tetapi juga pada proses distribusi barang hingga sampai ke tangan konsumen adalah bagian dari praktik pemasaran.

Pemasaran berbeda dengan penjualan, meskipun dalam banyak kesempatan dua hal ini seringkali disandingkan sebagai persamaan. Penjualan merupakan salah satu aktifitas dan fungsi penting dari pelaksana pemasaran.

Pemasaran merupakan bagian yang sangat penting dalam bisnis, karena dengan pemasaran produk dari perusahaan atau penjual dapat didistribusikan kepada konsumen melalui proses penawaran.

Berikut ini pengertian pemasaran menurut para ahli:

Winardi

Pemasaran adalah usaha pembelian dan penjualan yang mencakup aktifitas komersial dalam hubungannya dengan arus barang dan jasa antara produsen dengan konsumen.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Freelancing, Strategi Bisnis Terbaik 2022

Philip Kotler

Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.

Fandy Tjiptono

Dia tidak mengartikan pasar secara defitif, menurutnya pemasaran merupakan fungsi yang memiliki interaksi paling besar dengan lingkungan eksternal perusahaan, faktanya perusahaan sangat terbatas dalam pengendalian lingkungan eksternal. Hal ini menunjukkan bahwa pemasaran merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh perusahaan. Oleh karena, pemasaran snagatlah penting dalam menunjang keberhasilan bisnis.

William J. Stanton

Pemasaran adalah sistem dari kegiatan bisnis yang didesain atau dirancang untuk merencakan dalam artian menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memnuhi kebutuhan konsumen, baik saat ini  (mempertahankan konsumen yang sudah ada) maupun (untuk menarik) konsumen potensial.

Pengertian Pemasaran oleh Asosiasi Pemasaran Amerika (AMA):

Marketing Definition, AMA 1935:“Marketing is the performance of business activities that direct the flow of goods and services from producers to consumers”

Marketing Definition, AMA 1985: “Marketing is the process of planning and executing the conception, pricing, promotion, and distribution of goods, ideas, and services to create exchanges that satisfy individual and organizational goals.”

Marketing Definition, AMA 2004: “Marketing is an organizational function and a set of processes for creating, communicating, and delivering value to customers and for managing customer relationships in ways that benefit the organization and its stakeholders. “

Marketing Definition, AMA 2007:“Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large. “ (source: Thomas, Joffy)

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah rangkaian aktifitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan pasar potensial atau konsumen dserta mengembangkan promosi, distribusi yang bertujuan memuaskan kebutuhan konsumen dengan target keuntungan tertentu.

Pemasaran tidak berjalan sendiri, pemasaran berhubungan dengan tujuan perusahan, yang mencakup operasional, Finance, dan Pemasaran. Tujuan pemasaran adalah meningkatkan nilai penjualan. Pemasaran juga berfungsi untuk menciptakan konsumen baru dari pasar potensial, menjaga konsumen yang sudah ada.

Fungsi pemasaran

Pemasaran sebagai bagian penting dalam bisnis, memiliki banyak fungsi. Diantaranya:

  1. Analisis konsumen, fungsi pertama adalah analisis konsumen. Dimana fungsi ini adalah memetakan, dan menyimpulkan kebutuhan konsumen sesuai dengan segmennya. Dengan fungsi ini, pemasaran akan merekomendasikan produk barang atau jasa yang layak dan berpotensi dibutuhkan oleh konsumen. Dengan demikian, peluang untuk terjadinya penjulan akan tinggi.
  2. Penjualan, fungsi penjualan adalah salah satu fungsi penting pemasaran, bahkan bisa dikatakan tujuan utama pemasaran adalah penjualan.
  3. Perencanaan produk dan jasa: berbagai aktifitas dalam fungsi ini dapat diidentifikasi sebagai positioning Produk dan merek, uji pemasaran, garansi, fitur produk, pelayanan konsumen, analisis existing produk dan lain sebagainya.
  4. Penetapan harga: dalam fungsi penetapan harga dipengaruhi oleh 5 stakehholder, yaitu: konsumen, pemasok, distributor, pesaing dan regulasi pemerintah
  5. Distribusi, penyaluran barang dari produsen ke- konsumen. Tentunya distribusi ini bisa saja melalui beberapa pihak sebelum sampai kepada konsumen
  6. Riset pemasaran: merupakan pengumpulan data, dan analisis mengenai berbagai hal yang terkait dengan. Pemasaran. Misalnya karakter konsumen, kecenderungan konsumen, respon pasar atas suatu produk dan lain sebagainya. Hasil analisis riset pemasaran digunakan dalam penyusunan strategi pemasaran, branding, atau promosi produk ke pasar.
  7. Analisis peluang, analisis ini didasarkan pada Biaya, peluang dan Resiko dalam keputusan pemasaran. Pada umumnya analisis ini dilakukan berdasarkan (cost-benefit analysis) dengan cara menghitung total biaya, memperkirakan total manfaat yang akan didapatkan (keuntungan), dan membandingkan Total biaya dengan manfaat yang akan didapatkan. Jika manfaat lebih besar dari total biaya yang dikeluarkan, maka berarti peluang pasar cukup menjanjikan, dan layak dijalankan.

secara keseluruhan untuk analisis bisnis, anda dapat membaca Studi kelayakan bisnis, untuk menguatkan posisi bisnis anda.

Nah saatnya memasuki bagian penting dari pemasaran

Strategi Pemasaran-Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran

Setelah memahami apa itu pemasaran, saatnya kita membahas strategi pemasaran. diantara strategi pemasaran yang banyak diterapkan adalah strategi pemasaran 4P. ini akan dibahas dalam artikel berikutnya.

Strategi pemasaran adalah rangkaian sistem yang akan digunakan untuk mempromosikan produk, baik barang maupun jasa dengan tujuan mendapatkan nilai keuntungan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Strategi pemasaran yang baik membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan terbaik mereka. Ini juga membantu mereka memahami kebutuhan konsumen. Dengan strategi yang baik, dimungkinkan untuk menerapkan metode pemasaran yang paling efektif.

Strategi pemasaran yang jelas harus berkisar pada proposisi nilai perusahaan, yang mengomunikasikan kepada konsumen apa yang diperjuangkan perusahaan, bagaimana perusahaan beroperasi, dan mengapa itu layak untuk bisnis mereka.

Strategi pemasaran bersifat sustainable atau berkelanjutan. Stewart Dunlop, pendiri LinkBuilder.io, mengatakan bahwa strategi pemasaran adalah pendekatan perencanaan jangka panjang dan berwawasan ke depan. Tujuan mendasar mereka adalah untuk mencapai keunggulan kompetitif.

baca juga:

Membuat strategi pemasaran

Persaingan pasar demikian kuat, banyak sekali faktor yang ikut berperan dalam persaingan bisnis. Namun, strategi pemasaran masih cukup dominan dalam menentukan kompetisi pasar. Berbicara strategi pemasaran, kita asumsikan barang atau jasa yang akan ditawarkan sudah tersedia. Artinya focus pada bagaimana Menyusun strategi pemasaran, bukan lagi berbicara persoalan barang dan jasa, baik kualitas, merk dan sebagainya.

BACA JUGA  Adaptasi Strategi Bauran Pemasaran 4P di era Digital

Menyusun, menetapkan strategi pemasaran

Langkah dalam Menyusun atau membuat strategi pemasaran sangatlah beragam. Berikut ini Langkah Langkah dalam membuat strategi pemasaran.

Dirilis dari nibusiness.co.uk bahwa element kunci dalam menciptakan strategi pemasaran adalah 4 hal. Yaitu: Segementasi pasar, Targeting dan Positioning, taktik promosi dan Pemantauan, penilaian, dan evaluasi.

Berikut ini 4 elemen kunci Strategi Pemasaran

Segmentasi

Pelanggan perusahaan saat ini dan pelanggan potensial jatuh ke dalam segmen atau kelompok tertentu. Anda perlu mengkarakterisasi mereka sesuai dengan kebutuhan mereka.

Anda dapat mengidentifikasi kelompok-kelompok ini ditambah kebutuhan mereka melalui laporan pasar dan riset pasar. Segera setelah Anda mengetahui apa itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan tersebut secara lebih efektif daripada pesaing Anda. Anda juga perlu memenuhi harapan konsumen.

Penargetan dan pemosisian

Anda harus menargetkan segmen pasar yang mewakili keuntungan terbesar untuk bisnis Anda. Apa yang ditawarkan produk atau jasa Anda harus memenuhi kebutuhan dan harapan pasar sasaran yang telah Anda pilih.

image 3
source: Hanafiyah, Vitha

Taktik promosi

Ketika Anda telah merancang strategi pemasaran Anda, Anda perlu memutuskan bagaimana memastikan segmen target Anda tahu tentang produk atau layanan Anda. Anda juga harus memberi tahu mereka mengapa dan bagaimana produk Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Anda dapat melakukan ini melalui iklan, kampanye hubungan masyarakat, pameran, dan pemasaran Internet. Pemasaran internet artinya sama dengan pemasaran digital, yaitu pemasaran online.

Pemantauan, penilaian, dan evaluasi

Anda harus memantau dan mengevaluasi atau menilai strategi Anda. Itu penting. Sayangnya, banyak orang dalam bisnis melewatkan bagian ini.

Pemantauan dan evaluasi membantu perusahaan melihat seberapa baik kinerja strategi mereka. Ini juga membantu mereka menyusun strategi pemasaran masa depan. Dengan kata lain, ia memiliki manfaat jangka pendek dan jangka panjang.

John Romero pernah berkata:

“Dalam pemasaran, saya hanya melihat satu strategi yang tidak boleh dilewatkan – memasarkan ke pelanggan terbaik Anda terlebih dahulu.

Strategi Pemasaran Online “digital marketing”

Bagaimana strategi Pemasaran Produk secara online yang bisa anda terapkan dalam bisnis anda?

Era digital Society 5.0 saat ini semua serta digital, otomatis, tentunya hal ini juga telah merambah masuk pada sektor bisnis dan berbagai penopangnya. Pemasaran Online misalnya, merupakan bentuk transformasi dari Pemasaran konvensional.

Strategi pemasaran online merupakan rangkaian upaya (komunikasi) secara daring dalam rangka memperkenalkan, mempromosikan, menawarkan, mengiklankan produk barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan Individu / kelompok (Pasar potensial available) melalui media Internet. Konsep dasarnya adalah bagaimana mendapatkan pelanggan / konsumen baru dengan mempertahankan konsumen lama.

Ini gaes beberapa fakta tentang Pemasaran Online

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh WebDAM, sudah lama sih ini, tapi bisa kita asumsikan, bahwa sekarang jauh lebih berkembang…..

– Pada tahun 2014 para pemasar menghabiskan sekitar 135 miliar dolar untuk biaya pemasaran online baru.

– 78% CMO berpikir bahwa pemasaran online adalah masa depan pemasaran.

– Iklan internet akan mencapai hampir 25% dari seluruh pasar periklanan pada tahun 2015.

Sementara hasil survey oleh iContact dan ContentPLUS menunjukkan fakta bahwa:

1. Rata-rata pengembalian investasi pemasaran online: $44,25 untuk setiap dolar yang dihabiskan; wow 4000% gaess

2. Konsumen yang terlibat dalam pemasaran online menghabiskan 83% lebih banyak saat berbelanja, melakukan pemesanan 44%

lebih besar dan 28% lebih sering;

3. Pemasaran online yang dipersonalisasi meningkatkan rasio klik-tayang sebesar 14%, dan rasio konversi sebesar 10%;

4. Blog 63% lebih mungkin mempengaruhi keputusan pembelian dibandingkan majalah.

Itulah beberapa fakta tentang Pemasaran.

Strategi pemasaran online bisa menerapkan SISTEM

SISTEM = S-I-S-T-E-M

1. S – Search and research. Melakukan proses pencarian dan riset ceruk pasar dan kompetitor Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan tools maupun secara manual. Bisa dengan  survey online. Petakan peluang pasar hingga tingkat kompetisi.

2. I – Initiate strategy. Pada tahap ini anda menentukan strategy yang akan dipergunakan untuk menjangkau Pasar potensial dan Available.

3. 3. S – Start content engine. Anda harus menyiapkan dan mempergunakan berbagai konten untuk menarik orang kepada bisnis Anda.

4. 4. T – Traffic. Mendatangkan pengunjung ke situs Anda, atau media bisnis online anda lainnya, misalnya media sosial

5. 5. E – Embrace relationship. Bina hubungan dengan pelanggan melalui berbagai cara dan strategi. Misalnya dengan menyediakan live chat, berbagai tawaran menarik atau sekedar menyajikan informasi interaktif yang bermanfaat bagi pelanggan anda

6. 6. M – Money. Strategi mendatangkan pendapatan dan keuntungan. Tentunya ini setelah tahapan diatas sudah anda lakukan.

Beberapa Tips dan rekomendasi Strategy pemasaran online yang bisa anda coba

Perkembangan teknologi dan kemajuan metode pemasaran saat ini melahirkan banyak sekali strategi pemasaran baru, baik offline maupun online. Tentunya disatu sisi hal ini menyebabkan kita bertanya tanya, strategi mana yang paling baik dan efektif?

Jawabnya relatif, ada banyak indikator lain yang menunjang efektifitas strategi pemasaran. Misalnya target pasar (sudah kita sajikan diatas), pesaing, produk, lingkungan eksternal dan sumberdaya yang kita miliki.

Agar tidak bingung, anda bisa membaca uraian berikut ini kemudian, silahkan akan cocok-kan dengan model bisnis, produk dan target anda. Manakah yang paling sesuai? Anda yang akan menentukan berdasarkan referensi ini.

Sebenarnya apa sih keuntungan dari strategi pemasaran online itu ?

  1. Meningkatkan Brand awareness produk anda: ada milyaran pengguna internet didunia ini. Hal ini merupakan peluang besar bagi penjual untuk memperkenalkan Brand-nya kepada pasar potensial. Bahkan, saat ini periklanan dapat disetting sesuai dengan keinginanan anda, misalnya spesifikasi target pasar, mulai gender, usia, minat, geo lokasi dan lain sebagainya.
  2. Meningkatkan prospek dan konversi: iklan tertarget di internet lebih efektif daripada pendengar radio, penonton televisi maupun pembaca majalah. Dengan metode ini kesempatan untuk menentukan target pasar secara spesifik semakin mudah, dan hal itu akan berpeluang besar terjadi pembelian
  3. Pendapatan lebih tinggi: Saat Anda menjangkau audiens Anda dengan pemasaran online, Anda akan dapat meningkatkan pendapatan Anda secara keseluruhan. Misalnya anda menjual produk kesehatanAnda dapat melakukannya dengan pemasaran digital. Lebih baik lagi, strategi pemasaran produk kesehatan dengan strategi SEO dan konten. Dengan memberikan informasi yang bermanfaat tentang kesehatan kemudian anda selipkan produk anda (soft selling) maka hal ini akan memungkinkan Anda untuk menarik prospek berkualitas, yang menghasilkan ROI yang lebih tinggi dan pendapatan yang lebih besar untuk bisnis Anda.
BACA JUGA  Penggunaan Teknologi di Dunia Finansial yang perlu kamu Tahu

Tips dan Rekomendasi Strategi Pemasaran online efektif

SEO – Search Engine Optimization

Strategi ini paling utama untuk menempatkan website atau toko online anda untuk bersaing pada mesin pencari seperti google, bing, yandex dan lainnya. Dengan posisi yang bagus pada mesin pencari, maka peluang mendatangkan trafic atau pengunjung ke website atau toko online anda semakin besar.

Ada banyak cara untuk optimasi SEO yang bisa anda lakukan, atau jika anda tidak ahli dalam SEO anda bisa memakai Jasa Profesional untuk Optimasi SEO toko online anda.

PPC – Pai-Per-Click Advertising

Merupakan iklan yang biayanya dihitung berdasarkan jumlah Klik pada iklan anda. Artinya anda baru membayar ketika ada klik yang bertautan menuju produk anda.

PPC adalah strategi yang ramah anggaran, karena memungkinkan Anda untuk memutuskan dengan tepat berapa banyak yang ingin Anda belanjakan per bulan, dan berapa banyak yang akan Anda bayarkan setiap kali iklan diklik bukan hanya dilihat.

PPC bekerja pada sistem penawaran dalam mesin pencari. Anda pertama-tama memutuskan kata kunci mana yang ingin Anda targetkan dengan iklan PPC Anda, dan kemudian Anda mengajukan tawaran untuk berapa banyak yang akan Anda bayarkan setiap kali diklik.

Jika Anda menawar lebih tinggi daripada pengiklan lain yang juga ingin beriklan untuk kata kunci tertentu, iklan Anda akan ditampilkan di atas hasil penelusuran biasa. Kemudian, jika pengguna mengeklik iklan Anda dan mengunjungi situs web Anda, Anda akan membayar jumlah tawaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Content marketing

Pembuatan konten adalah bagian penting dari setiap strategi pemasaran digital karena memberi pengguna alasan untuk mengunjungi situs atau toko online Anda, dan memberi mesin telusur sesuatu untuk dirayapi dan diindeks.

Apa pun jenis konten yang Anda buat, konten tersebut harus selalu bermanfaat dan menarik bagi audiens target Anda. Ketika pembaca Anda merasa informasi Anda bermanfaat, mereka akan cenderung membagikannya. Dan tentu saja hal ini akan menempatkan situs anda pada posisi yang bagus di mesin telusur dan meningkatkan peluang pengunjung ke website anda.

Memposting Konten informasi dapat meningkatkan otoritas Anda dalam dua cara – satu, dengan mengubah cara pembaca melihat Anda, dan dua, dengan membuat informasi yang ingin ditautkan oleh pemilik situs lain.

Konten Anda bisa bisa berupa berbagai bentuk, termasuk konten tertulis artikel, infografis, dan video.

Social Media Marketing

Platform media sosial mimiliki miliaran pengguna di seluruh dunia, sehingga mereka menghadirkan peluang besar untuk bisnis apa pun. Beberapa platform media sosial terbaik untuk memasarkan bisnis Anda adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, dan YouTube. bahkan andapun dapat menggunakan media sosial itu sendiri untuk membangun bisnis anda

Bagaimana cara menciptakan strategi yang paling tepat?

Pada dasarnya ukuran efektifitas strategi ini relatif, bisa berdasarkan analisis teori, hasil kajian akademik, panduan dan tutorial dan informasi pengalaman yang dibagikan oleh para internet marketer.

Jika Anda ingin membuat Strategi pemasaran online yang paling efektif untuk bisnis Anda, penting untuk mempertimbangkan bagaimana berbagai strategi dapat dikombinasikan untuk membentuk satu strategi paling efektif menurut anda.

Berikut ini contohnya:

Kombinasi SEO dan PPC

SEO dan PPC dikombinasikan sebagai strategi dengan sangat baik, dan menggunakan keduanya akan membantu Anda memaksimalkan visibilitas Anda di hasil mesin pencari / telusur. SEO adalah strategi jangka panjang yang membantu peringkat situs web dalam hasil mesin telusur atau pencari, dan iklan PPC adalah cara yang efektif untuk mendapatkan traffic atau pengunjung instan, terutama untuk kata kunci yang kompetitif.

Kombinasi SEO dan Konten Marketing

Anda bisa menggabungkan strategi SEO dengan Konten marketing. Kombinasi keduanya sangat baik sebagai strategi pemasaran online.

SEO akan membuat halaman situs Anda mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian di mesin pencari, dan konten marketing atau pemasaran adalah produksi konten yang menjawab pertanyaan audiens Anda dan memiliki kemampuan untuk memberi peringkat yang baik.

Pengunjung datang ke web anda melalui Strategi SEO dan mereka mendapatkan informasi atau produk yang berkualitas dari Konten pemasaran anda. Jadi ini adalah kombinasi terbaik yang bisa anda coba

Sosial Media dengan strategi lain

Pemasaran media sosial dapat efektif dikombinasikan dengan strategi pemasaran online apa pun.  karena Anda dapat menggunakan akun media sosial Anda untuk mengarahkan pengunjung ke situs web Anda (mendatangkan Traffic). Traffic adalah peluang terbesar bagi penjualan produk anda.

Di sisi lain, Anda juga dapat menyebutkan profil media sosial Anda di platform pemasaran Anda yang lain. Misalnya, Anda dapat memandu orang ke profil media sosial Anda dengan konten, buletin email, dan bahkan profil sosial lainnya.

Oke, demikian ini, uraian tentang Strategi pemasaran sebagai cara membangun dan memperbesar bisnis anda. Anda dapat melakukan strategi pemasaran dengan memahami secara sistematis tentang, pasar, pemasaran, dan strategi pemasaran.

Saat ini, berdasarkan besarnya peluang pemasaran online, maka kami bagikan tips dan rekomendasi strategi pemasaran online yaitu, SEO, Konten Marketing, PPC, Media sosial marketing. Untuk meningkatkan efektifitasnya anda bisa menggabungkan beberapa strategi pemasaran online tersebut, misalnya SEO dengan Konten marketing, SEO dengan PPC, dan Media sosial dengan strategi apapun. Terimakasih, salam literasi.

All Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x