7 Macam Media Sosial Bisnis dan Trik Penggunaannya

  • December 21, 2021
  • 196 Views
media sosial bisnis

Penggunaan media sosial saat ini sudah semakin tinggi. media sosial tak hanya dijadikan sebagai platform membuat status saja namun saat ini juga sudah merambah dunia bisnis. Banyak jenis media sosial yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis anda. Berikut adalah 7 Macam Media Sosial Bisnis yang bisa anda pilih dan cara penggunaannya.

7 Macam Media Sosial Bisnis

7 Macam Media Sosial bisnis dan trik penggunaannya

1. Facebook

Media sosial Facebook sudah dikenal masyarakat dunia sejak lama. Sejak awal peluncurannya, Facebook sudah berkembang dan saat ini sudah mempunyai banyak fitur menarik yang bisa digunakan. Cara penggunaannya yang mudah adalah alasan utama mengapa Facebook masih diminati bahkan dijadikan platform media sosial untuk bisnis yang baik.

Salah satu cara untuk menarik perhatian calon pelanggan di Facebook adalah membuat profil anda terlihat menarik. Tak hanya itu, konten yang dibuat pun juga harus tak kalah kreatif. Banyak fitur marketplace di dalam Facebook yang bisa anda jadikan media promosi yang baik dengan masuk ke dalamnya. Anda bisa mencobanya.

2. Twitter

Media sosial yang masih digemari selanjutnya adalah Twitter. Pada awal diluncurkannya twitter, media sosial ini hanya bisa dugunakan untuk posting kalimat status saja. Namun seiring berkembangnya jaman, twitter mulai melengkapi fiturnya. Bahkan Twitter saat ini bisa anda jadikan sebagai media sosial pilihan untuk bisnis.

Cara yang bisa anda gunakan untuk memperluas jaringan bisnis anda di Twitter adalah dengan rutin memposting konten. Anda bisa juga menggunakan tagar tertentu pada setiap postingan anda baik gambar atau video. Tagar tak hanya bisa anda cantumkan di bagian caption namun juga bisa anda cantumkan di bio profil anda agar menjangkau lebih banyak orang.

BACA JUGA  Hosting Gratis 1 Tahun Unlimited

3. Instagram

Siapa yang tidak punya akun Instagram jaman sekarang? Hampir semua orang menggunakan media sosial satu ini. Salah satu yang membuat banyak orang tertarik menggunakan Instagram adalah karena pilihan fiturnya yang banyak dan menarik. Oleh karena itu, Instagram seringkali digunakan oleh banyak anak muda untuk Media Sosial Bisnis.

Kalangan muda pengguna Instagram ini tentu akan menjadi merket yang baik untuk mengembangkan bisnis anda. Salah satu trik yang bisa anda gunakan adalah dengan membuat Hashtag di setiap produk yang anda posting. Pembuatan konten yang menarik dengan ide kreatif juga akan sangat membantu menaikkan ketertarikan pelanggan baru.

4. Kaskus

Kaskus dikenal olah banyak orang sebagai salah satu media berkomunikasi dan saling membagikan informasi. Banyak cerita menarik yang bisa dibagikan di Kaskus dan kemudian menjadi viral. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai salah satu kesempatan bagus untuk anda yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Kaskus sudah menyediakan Forum Jual Beli yang mempunyai pengikut yang cukup banyak. Bila anda masuk ke forum tersebut maka peluang melebarkan bisnis anda akan semakin terbuka. Forum Jual Beli di Kaskus ini tak diragukan lagi kemampuannya dalam promosi produk, namun anda juga harus berhati hati karena masih banyak penipuan online yang marak terjadi.

5. Google+

Google+ seringkali disebut sebagai salah satu Media Sosial Bisnis promosi yang menyaingi Facebook. Pemasaran yang dilakukan secara online ini mampu mmebuat banyak pebisnis memilih Google+ sebagai platform mereka. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan mengatur akun Gmail anda dengan Google+ Circles.

Anda juga bisa mengatur sebuah interaksi dengan banyak orang dengan fitur Hangouts yang ditawarkan. Fitur ini akan memudahkan anda dalam menemukan pelanggan baru yang akan meramaikan bisnis anda. Google+ juga punyai fitur menarik yang bisa memudahkan anda mengedit dokumen dan juga membantu mengatur acara.

BACA JUGA  Bagaimana Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Anak 2022 ?

6. Youtube

Kanal media sosial yang didirikan pada tahun 2005 ini menjadi salah satu platform media sosial yang sangat terkenal saat ini. Pengguna youtube di seluruh dunia terus meningkat seiring banyaknya konten berkualitas yang disuguhkan. Konten yang ditayangkan di Youtube pun sangat beragam dan menjangkau berbagai kalangan.

Cara yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk anda adalah dengan mengunggah video terkait produk yang anda jual. Format dan isi video tersebut bisa anda buat dengan ide kreatif sehingga akan menarik perhatian banyak orang. Menggunakan Youtube sebagai media promosi bisa mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis anda.

7. Blog

Walaupun sekilas mirip dengan website, namun media blog ini cukup berbeda penggunaannya. Blog bisa anda gunakan sebagai Media Sosial Bisnis promosi produk yang bagus. Caranya cukup mudah, anda bisa membuat blog secara gratis kemudian anda bisa membuat konten terkait produk anda secara tulisan dan juga dengan foto yang menarik.

Dalam penggunaan media sosial haruslah diiringi dengan kebijaksanaan. Cepatnya informasi menyebar di media sosial harus disikapi dengan positif. Menjadikan media sosial sebagai ajang memperluas bisnis adalah salah sat u cara penggunaannya yang positif. Informasi terkait media sosial bisnis diatas bisa anda jadikan referensi dalam mengembangkan bisnis anda.

Leave a Reply

x