7 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami dan Cepat

Cara menurunkan darah tinggi bisa dilakukan dengan metode alami. Simak informasi dan pembahasan selengkapnya di sini!

Tekanan darah tinggi adalah gangguan yang sering tidak disadari oleh banyak pasien. Kondisi ini seringkali dipandang sebagai hal yang sepele, padahal bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Untuk itu, Anda perlu tahu cara menurunkan darah tinggi secara alami.

Dengan mengetahui cara menurunkan tekanan darah tinggi, bertujuan untuk menjalani hidup yang lebih sehat dan menghindari komplikasi serius lainnya seperti penyakit jantung koroner, gagal Ginjal dan stroke. Ini berarti mempraktikkan gaya hidup sehat untuk mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Obat Asam Lambung Alami

Cara Menurunkan Darah Tinggi

Cara menurunkan darah tinggi

Jika dapat mengontrol tekanan darah Anda dengan menerapkan gaya hidup sehat, Anda mungkin dapat mengurangi kebutuhan akan obat-obatan, yang pada gilirannya menurunkan risiko Anda terkena komplikasi serius dari tekanan darah tinggi. Lalu apa saja cara alami menurunkan tekanan darah?

1. Makan sehat

Cara nomor satu untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan makan makanan yang sehat. Makan makanan sehat tampaknya membantu menurunkan tekanan darah pada beberapa orang, jadi makanlah makanan sehat seperti sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak.

Sangat dianjurkan untuk makan makanan yang kaya kalium seperti wortel, bayam, kentang, pisang, anggur dan jeruk, karena kalium adalah salah satu nutrisi yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan dianjurkan untuk makan kalium setiap hari sekitar 4500-4700 mg.

BACA JUGA  16 Tips Tetap sehat di Musim Hujan dan Pancaroba

2. Berhenti dari alkohol dan merokok

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah dengan berhenti mengonsumsi minum yang mengandung alkohol dan merokok. Kedua kebiasaan ini telah ditemukan sebagai salah satu penyebab paling umum dari orang yang menderita tekanan darah tinggi.

Perokok berat berada pada peningkatan risiko komplikasi dari tekanan darah tinggi. Seperti penyakit jantung atau stroke. Untuk alasan ini, sangat dianjurkan untuk berhenti dari minum alkohol dan kebiasaan merokok. Tujuannya untuk membantu menurunkan tekanan darah.

3. Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan

Batasi asupan makanan tinggi gula dan dibuat dengan karbohidrat olahan. Gula (terutama fruktosa) dapat meningkatkan tekanan darah lebih dari garam. Juga, kurangi asupan karbohidrat olahan. Diet rendah karbohidrat dapat menurunkan tekanan darah diastolik sekitar 5 mmHg serta tekanan darah sistolik sebesar 3 mmHg setelah 6 bulan.

4. Tingkatkan asupan kalium Anda

Cara menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah meningkatkan asupan kalium. Kalium dapat menangkal natrium yang merusak pembuluh darah. Orang yang secara teratur makan makanan kaya kalium lebih cenderung memiliki tekanan darah rendah, seperti kacang polong, susu, kentang panggang, pisang, dan bayam.

5. Berolahraga secara teratur

Berolahraga memperkuat jantung dan membantu mencegah tekanan darah tinggi. Orang sehat harus berolahraga 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Jika Anda sudah lama tidak berolahraga, lakukan secara perlahan untuk mencegah cedera.

6. Kurangi konsumsi natrium

Coba juga untuk mengurangi makanan yang banyak mengandung garam. Orang yang membatasi asupan garam memiliki risiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi garam agar tekanan darah tetap normal.

7. Menjaga berat badan ideal

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat dan alami adalah dengan menurunkan berat badan. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memberi lebih banyak tekanan pada arteri, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA  5+ Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Mudah ditemukan

baca juga: 5 Obat Keputihan Alami yang Ampuh

Penutup

Itulah beberapa cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Pastikan Anda mengikuti semua cara ini agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari tekanan darah tinggi dan komplikasinya, semua ini harus dilakukan secara rutin.

Hetti Mulyaningsih
Hetti Mulyaningsih

Mahasiswa Doktoral Universitas Airlangga (Unair) surabaya. Minat kajian Sosiologi Kesehatan.

Articles: 3

Leave a Reply