7 Cara investasi Untuk Pemula, Yuk Mulai Dari Sekarang

  • December 18, 2021
  • 174 Views
7 cara investasi untuk pemula

Investasi bisa dilakukan sejak dini. Investasi sudah mulai dilirik banyak anak muda sebagai jaminan saat dewasa dan hari tua. Banyak cara dan jenis investasi untuk pemula yang bisa dilakukan. Anda bisa mulai menjalankan investasi sambil belajar. Berikut adalah Cara investasi untuk pemula dan dimulai dengan modal yang kecil.

Cara investasi untuk pemula

7 Jenis Investasi Bagi Pemula Dengan Modal yang Kecil

1. Reksa Dana

Reksa dana adalah jenis investasi bagi pemula yang bisa anda coba. Investasi jenis ini juga sedang populer dipilih masyarakat Indonesia. Kesempatan berinvestasi dengan modal yang minim akan terbuka lebar bagi reksa dana. Bahkan bila anda ingin mencobanya dengan uang Rp 100 ribu pun anda bisa memulainya dari sekarang.

Banyak sekuritas keuangan yang bahkan menawarkan investasi reksa dana dengan modal minimal. Sehingga jenis investasi ini banyak dilirik anak muda sebagai cara untuk belajar berinvestasi bagi pemula. Cara kerja Reksa Dana adalah pengumpulan dana dari sekelompok orang yang kemudian akan dikelola oleh manajer investasi.

Manajer investasi yang akan meng-handle seluruh dana yang terkumpul tersebut adalah seorang yang ahli di bidangnya. Sehingga anda hanya tinggal duduk dan menunggu keuntungan yang akan diberikan dari hasil investasi tersebut. Seluruh proses akan dijalankan oleh seorang manajer terpercaya.

2. Deposito Berjangka

Cara investasi untuk pemula selanjutnya adalah dengan menggunakan deposito berjangka. Jenis investasi ini cukup banyak peminatnya karena resiko kerugian yang mungkin terjadi tergolong kecil daripada jenis investasi lainnya. Deposito merupakan sejumlah uang yang disimpan di bank dan akan dijamin keselamatannya.

Pada dasarnya prinsip yang digunakan adalah sama dengan konsep menabung di bank. Namun yang menjadi perbedaan adalah bahwa uang deposito tidak bisa diambil sewaktu waktu. Bila ingin mengambil uang hasil deposito maka anda harus menunggu jatuh tempo waktu pencairan deposito tersebut.

BACA JUGA  Manfaat Strategi Pemasaran 4P dalam Mengembangkan Bisnis

Untuk jangka waktu pencairannya akan disesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda bisa memilih deposito berjangka tahunan higga puluhan tahun tergantung yang diinginkan. Namun bila uang deposito tersebut harus anda ambil sebelum jatuh tempo maka anda akan terkena denda. Sistem ini akan baik untuk anda karena akan dipaksa untuk belajar menabung.

3. Investasi Saham

Jenis investasi yang berikutnya adalah saham. Banyak yang sudah mengetahui jenis investasi satu ini dan sudah banyak yang mengakui bahwa investasi ini cukup menjanjikan. Namun untuk pengelolaannya memang tidak sembarangan. Hasil yang anda inginkan akan tercapai bila investasi saham anda dilakukan dengan cara yang tepat.

Cara investasi untuk pemula menggunakan saham bisa dimulai dengan modal kecil. Walaupun resiko yang akan anda terima akan lebih besar, namun bila berhasil keuntungan yang akan diterima juga akan sebanding. Resiko investasi saham yang cukup tinggi ini membuat investasi jenis ini sebaiknya dilakukan oleh profesional.

Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi pemula yang ingin belajar dan mengenal pasar saham. Walau di awal hasil yang diterima tidak seperti keinginan, namun jangan menyerah anda bisa belajar kembali membaca pasar saham. Cara ini bisa sangat efektif untuk cara belajar investasi sejak dini.

4. Peer-to-Peer Lending

Peer-to-peer atau disingkat menjadi P2P adalah suatu jenis pembiayaan yang akan melibatkan investor sebagai pemilik modal dan juga peminjam sebagai yang akan membutuhkan modal. Jenis investasi ini cukup menjanjikan keuntungan yang besar bila anda bisa mengolahnya. Jenis investasi ini pun bisa menggunakan modal awal yang kecil.

Sehingga jenis investasi P2P bisa ramah digunakan untuk pemula yang ingin memulai investasi. Dengan modal kecil, anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Waaupun begitu, kegiatan investasi satu ini aman karena langsung dibawah kontrol OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sehingga akan terjamin.

BACA JUGA  Aplikasi Saham Terbaik dan Terpercaya: New 2022

Cara investasi untuk pemula satu ini akan menjembatani pemilik modal dan juga penerima modal yang sama sama membutuhkan. Untuk presentasi pengembalian jenis investasi ini rata rata di angka 14 hingga 20 persen pada tiap tahunnya. Bahkan rata rata keuntungan ini bisa lebih tinggi daripada tabungan atau deposito.

5. Asuransi Jiwa

Jenis investasi yang bisa dilakukan pemula berikutnya adalah terkait asuransi jiwa. Asuransi mempunyai banyak manfaat secara finansial. Selain itu asuransi juga akan memberikan perlindungan berupa premi bila suatu saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Banyak jenis asuransi jiwa yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

Membeli premi asuransi masuk ke dalam salah satu jenis asuransi karena akan membantu anda secara finansial dalam keadaan tertentu. Tak hanya asuransi jiwa, banyak jenis asuransi lainnya yang akan memberi perlindungan pada hidup anda. Namun untuk memilih jenis asuransi yang tepat anda juga harus teliti.

Sama seperti jenis investasi lainnya, premi asuransi seperti ini juga mempunyai untung dan ruginya. Bila anda ingin berinvestasi dengan menggunakan asuransi, maka anda harus pintar memilih jenisnya. Investasi jenis ini juga akan aman dilakukan oleh pemula. Karena akan menguntungkan dan memberi perlindungan sekaligus.

Baca JUga: New: Cara Mulai Usaha Kecil! inilah 12 Tips Suksesnya

6. Emas

Cara investasi untuk pemula berikutnya adalah emas. Emas adalah barang investasi yang cukup menjanjikan. Tak hanya untuk pemula, namun bagi siapa saja. Berinvestasi pada emas akan membuat keuntungan yang besar. Hal ini karena harga emas dipasaran cenderung terus naik dan tidak pernah turun.

Emas adalah logam mulia yang seringkali dijadikan perhiasan. Anda juga bisa berinvestasi dengan perhiasan emas ini. Selain bisa dijual, perhiasan tersebut bisa anda pakai sebagai pelengkap penampilan. Hal yang cukup menguntungkan bukan. Bila tidak ingin perhiasan anda juga bisa berintestasi emas berupa batangan.

BACA JUGA  Wajib Tahu! Freelancing, Strategi Bisnis Terbaik 2022

7. Barang Koleksi

Apakah anda memiliki koleksi barang mahal atau langka? Hobby koleksi barang antik, langka dan mahal ini juga menjadi salah satu cara investasi yang menjanjikan. Barang langka yang dirawat dengan baik, dikemudian hari akan menjanjikan bila anda jual kembali. Harganya akan cenderung naik dengan penawaran terus meninggi setiap tahun.

Beberapa contoh barang koleksi yang bernilai tinggi adalah seperti uang kuno, barang antik yang tradisional, hingga yang sedang trend saat ini adalah lego. Tak hanya itu, bagi anda penggemar action figure juga koleksi ini bisa menjadi investasi menjanjikan. Karena harganya yang terus naik dan barangnya yang langka dan susah didapatkan.

baca juga: Mengenal 5 Jenis Investasi Syariah yang Bebas riba

Semakin tinggi umurnya, maka penawaran yang anda dapatkan bisa semakin mahal. Tentu menjadi kesenangan tersendiri, memiliki koleksi langka yang bisa dipajang namuan juga bisa menjadi aset berharga yang bisa dijual kembali. Cara investasi untuk pemula satu ini bisa anda coba bila memilki hobby koleksi barang yang unik.

Walaupun masih muda, namun jangan ragu untuk mencoba hal baru seperti investasi. Perkembangan dunia digital juga menjadi salah satu faktor banyak anak muda saat ini yang mulai sering memikirkan masa depan seperti berinvestasi. Informasi diatas akan berguna untuk anda yang akan mulai dengan investasi bermodal kecil.

Leave a Reply

x