6 Tips menjaga kesehatan mental, wajib tahu!

Pentingnya Kesehatan Mental – Orang yang memiliki kesehatan mental yang bagus dapat beraktivitas secara produktif dan memaksimalkan potensi dalam dirinya. Orang-orang tersebut akan mampu berpikir positif dan jernih dalam menghadapi berbagai persoalan. Hal tersebut tentu saja membuat dirinya menjadi lebih baik dalam menghadapi masalah

Apa kesehatan Mental?

Kesehatan mental adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang. World Health Organization (WHO), sebuah organisasi kesehatan dunia mendefinisikan kesehatan berarti keadaan sejahtera baik fisik, sosial, menal dan spiritual.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak boleh dilupakan. Jika kesehatan mental terganggu maka bisa menurunkan kondisi fisik dan kualitas hidup kita. Kesehatan mental memiliki pengaruh dalam tingkat kesejahteraan hidup kita.

WHO menetapkan definisi kesehatan mental sebagai kesejahteraan mental individu yang menyadari kemampuan dirinya, dapat bekerja secara produktif, dapat mengatasi tekanan dalam hidup serta mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Kesehatan mental tak sama dengan gangguan mental. Seseorang yang mengalami kesehatan mental buruk bukan berarti memiliki gangguan mental atau kejiwaan.

Alasan pentingnya kesehatan mental

Pentingnya Kesehatan Mental – Kesehatan penting untuk dijaga, bukan hanya oleh orang dewasa melainkan anak-anak remaja bahkan orang tua pun harus peka dan menyadari kesehatan mental dirinya. Orang yang memiliki kesehatan mental yang bagus dapat beraktivitas secara produktif dan memaksimalkan potensi dalam dirinya.

Orang-orang tersebut akan mampu berpikir positif dan jernih dalam menghadapi berbagai persoalan. Hal tersebut tentu saja membuat dirinya menjadi lebih baik dalam menghadapi masalah.

baca juga: Aplikasi Keluarga Sehat, Mewujudkan Indonesia Sehat

Berikut adalah uraian alasan pentingnya kesehatan mental.

1.     Kesehatan mental berkaitan dengan kesehatan fisik

“Without mental health there can be no true physical health”

Dr. Brock Chisholm

Tanpa kesehatan mental yang baik kita tidak akan mendapatkan kesehatan fisik yang sebenarnya.

Ada istilah yang disebut mind-body connection dimana pikiran, perasaan, keyakinan dan sikap kita mempengaruhi kesehatan fisik secara positif maupun negatif. Misalnya saja saat seseorang yang sedang kehilangan semangat , maka tubuhnya akan terasa lemas dan tidak fit juga. Atau sebaliknya saat seseorang jatuh sakit, untuk berpikir saja pasti sulit.

Penelitian pun membuktikan adanya pengaruh kesehatan mental pada fisik seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Caroline Dermawan (2021) dalam Jurnal Kesehatan dan Aplikasinya, mengemukakan bahwa  Stress dan kecemasan yang berkepanjangan, menyebabkan respon imun tubuh menurun, sehingga membuat tubuh sangat rentan terhadap penyakit. Itulah mengapa penting bagi kita menjaga kesehatan mental karena berkaitan dengan kesehatan fisik.

2.     Kesehatan mental berkaitan dengan kehidupan sosial

Seseorang yang memiliki kesehatan mental buruk cenderung mengalami masalah relasi, perawatan diri, kepekaan, seks dan lain sebagainya. Misalnya saja, seseorang yang mengalami depresi, memiliki gejala seperti kurangnya motivasi hidup sehingga merawat diri saja tidak mau.

Sebaliknya, kehidupan sosial kita juga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Kehidupan sosial yang sehat akan menciptakan pribadi yang sehat serta memiliki pandangan yang positif. Contohnya adalah seseorang yang memiliki support system atau orang-orang yang selalu ada, akan membuat dirinya memiliki pribadi yang kuat dan berpandangan positif terhadap dirinya dan orang lain.

Nah, alasan-alasan tersebut yang mendasari pentingnya kesehatan mental seseorang. Kesehatan mental menjadi keseimbangan dalam hidup. Bagaimana kita mengelola emosi, berpikir, bertindak serta berinteraksi dengan orang lain berkaitan dengan kesehatan mental.

Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan mental. Selain itu, kesehatan mental juga memiliki manfaat untuk diri kita. Apa saja manfaatnya jika kita menjaga kesehatan mental? Berikut uraiannya.

Manfaat menjaga kesehatan mental

1.     Membantu menghadapi kehidupan

Seseorang dengan kesehatan mental yang baik akan lebih mampu mengelola emosi dan mengatasi stress yang mereka alami. Sehingga mereka bisa mengontol tindakan dalam menghadapi berbagai masalah di kehidupan.

2.     Memiliki pandangaan yang positif

Mental yang sehat akan menciptakan sudut pandang yang positif untuk diri sendiri maupun orang lain.

3.     Mendorong sehat secara fisik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kesehatan mental berkaitan dengan kesehatan fisik. Seseorang yangmentalnya sehat akan memiliki fisik yang sehat juga. Pun ketika sedang sakit, seseorang yang memiliki mental yang sehat akan cepat sembuh dari penyakitnya secara fisik karena  memiliki pandangan positif terhadap dirinya.

4.     Membantu fokus dan konsentrasi

Dengan kesehatan mental yang baik, maka seseorang akan dapat berpikir secara baik sehingga fokus dan konsentrasi menjadi lebih terarah. Orang yang memiliki kesehatan mental buruk biasanya sulit untuk fokus dan mudah terdistraksi.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Perhatikan uraian berikut!

Tips menjaga kesehatan mental

tips menjaga kesehatan mental

1.     Menjalin hubungan baik dengan orang lain

Kita sebagai makhluk sosial pasti membutuhkan interaksi dengan orang lain. Kita mempunyai kebutuhan emosional tentang hubungan dengan orang lain. Harus kita sadari juga kita membutuhkan dukungan dari orang lain, seperti misalnya pendengan yang baik. jika itu terpenuhi, makan dapat membantu kesehatan mental kita.

2.     Aktif berkegiatan

Melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga, mefitasi, membaca buku merupakan kegiatan yang bisa mengaktifkan kinnerja otak kita sehingga dapat menstabilkan emosional kita.

  • –          Berolahraga. Olahraga memiliki manfaat sebagai cara yang dapat meningkatkan kondisi fisik dan baik untuk kesehatan. Selain itu, juga termasuk elemen penting untuk menjaga kesehatan mental. Aktifitas fisik seperti berolahraga semakin menjadi terapi dalam memulihkan seseorang yang mengalami depresi atau kecemasan.
  • –          Membaca buku. Aktivitas membaca buku akan merangsang otak untuk bekerja. Karena dengan membaca buku kita dituntut ber imajinasi tentang pengetahuan yang ada dalam buku. Dengan begitu otak kita akan aktif dan dapat membantu menstabilkan emosi kita. Selain itu, dengan membaca buku akan memperoleh banyak insight dan sudut pandang berbeda sehingga kita mempunyai pandangan positif terhadap segala sesuatu yangdi luar kita.

3.     Belajar mengendalikan stress

Stres sangat mempengaruhi kesehatan mental, selain itu, stress juga tidak dapat dihindari. Setiap orang punya cara tersendiri dalam mengatasi stress, penting untuk mengetahui cara mengendalikan stress. Sebagian orang memilih relaksasi atau meditasi untuk mengendalikan stress. Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengelola stress adalah dengan menulis buku harian, ngobrol, atau jalan-jalan.

4.     Makan teratur dan sehat

Apa yang kita konsumsi akan menimbulkan berbagai macam pengaruh untuk tubuh kita. Makanan yang kurang sehat dapat merusak otak serta suasana hati, melemahkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mengganggu tidur. Sebaliknya, makanan yang sehat akan memberikan lebih banyak energi, meningkatkan kualitas tidur serta suasana hati.

5.     Waktu tidur yang cukup

Normalnya, manusia membutuhkan 7-8 jam untuk tidur. Disarankan untuk tidakmengurangi waktutidur meski memiliki banyak tugas dan pekerjaan. Karena tidur memilikiperan penting bagi tubuh. Kualitas tidur akan mempengaruhi kesehatan mental kita.

6.     Temukan tujuan dan makna hidup

Tujuan hidup dan memiliki makna dalam hidup akan memberikan motivasi dan semangat dalam menjalani hidup. Dengan begitu kita akan memiliki arah dan tujuan yang ingin dicapai, sehingga diri kita akan dipenuhi oleh hal-hal yang positif.

Demikian Penjelasan mengenai Pentingnya Kesehatan Mental, tips dan cara menjaga kesehatan mental yang penting bagi kita. Tips tersebut memang tidak dapat langsung diterapkan, butuh proses, dan mungkin belum tentu berjalan lancar.

Selayaknya kehidupan selalu ada tantangan, tetapi hal itu akan menjadikan kita seseorang dengan kesehatan mental yang kuat jika mampu menghadapinya dengan bijaksana.

.

Leave a Reply