6 Manfaat Kurma untuk tubuh saat berpuasa

Kurma adalah salah satu makanan favorit dibulan puasa. selain legit rasanya, juga bermanfaat untuk tubuh. berikut ini manfaat kurma untuk tubuh saat berpuasa

Tahun ini Ramadhan bertepatan dengan Bulan April 2022, Memasuki bulan puasa ramadhan kita akan disuguhkan berbagai fakta unik yang tidak jumpai diluar ramadhan.

Ramadhan tahun ini terasa berbeda dari ramadhan 2 tahun sebelumnya. Saat ini sudah tidak diberlakukan Pembatasan aktifitas sebagai dampak dari Pandemi COVID-19. Masyarakat seolah baru lepas dari sangkar bebas beraktifitas. Pandemi Covid-19 telah berlalu, namun  sekarang datang pandemi baru, yang tidak kalah mengerikan. Pandemi harga sembako dan kebutuhan lain yang “meroket”. Namun apapun itu, tetap semangat ya, semoga meskipun mahal kita diberi kemampuan untuk membelinya ya… amiin.

baca juga: Yuk Ketahui Gizi Isian Es Khas Ramadan, Kolang kaling – cincau

Suasana begitu ramai terutama sore hari menjelang waktu buka puasa. Banyak sekali “penjual dadakan” yang menjajakan berbagai menu buka puasa. Disekitar rumah, setiap sore pasti macet, di sepanjang jalan, berjubel interaksi penjual dan pemburu menu buka puasa,

“lebih baik beli lauk pauk tinggal makan, daripada masak sendiri, belanja sayur mayur, bumbu dan menu utama tidak cukup 50rb. Kalau beli begini 50 ribu sudah dapat banyak, dan bisa disimpan untuk sahur. Banyak pilihan, tinggal pilih menyesuaikan budget saja”

Demikian ungkap salah satu emak emak ditengah antrian bersama orang disampingnya.

Selain menu makan buka puasa, juga banyak sekali jajanan makanan ringan, Minuman khas ramadhan (Cao, cincau, kolang kaling dll), tak ketinggalan “icon buka puasa” Kurma.

Tentu anda banyak melihat di sekitar anda orang-orang yang berjualan kurma bahkan memberikan kurma gratis untuk berbuka puasa.

BACA JUGA  Anti Dehidrasi, Cara Mengatur Pola Minum selama berpuasa

Kurma, selain legit dimakan langsung, juga bisa dikreasikan menjadi beberapa olahan. Mulai dari minuman jus kurma original, jus kurma++ dan beberapa menu lain, misalnya brownis kurma, selai kurma.

baca juga: Anti Dehidrasi, Cara Mengatur Pola Minum selama berpuasa

Selain rasanya yang lezat dan legit, kurma juga sangat bermanfaat lho untuk tubuh kita, terutama ketika berpuasa.

Jadi ada beberapa point penting dari kurma, Pertama dari rasa yang enak dan legit, kedua dari kesunahan dalam ibadah puasa, dianjurkan berbuka dengan kurma, dan point terakhir adalah manfaat untuk tubuh kita selama berpuasa.

Yuk simak berikut ini manfaat kurma untuk tubuh kita saat berpuasa.

Selain dianjurkan berbuka puasa dengan kurma dan orang-orang menikmati rasa kurma yang manis dan lezat sehingga sangat enak dijadikan pilihan makanan pembuka saat berbuka puasa. Ternyata kurma memiliki banyak manfaat untuk tubuh anda.

Apa saja manfaat kurma untuk tubuh? Berikut manfaat kurma dilansir dari healthline.com

manfaat kurma untuk tubuh

Bernutrisi tinggi

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Kandungan kalori yang dimiliki kurma, lebih tinggi dari pada kalori yang dimiliki kebanyakan buah segar lainnya. Sebagian besar kandungan kalori kurma mengandung karbohidrat dan sebagian kecil kandung kalori mengandung protein.

Selain itu kurma juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh anda. Berikut kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram kurma:

BACA JUGA  Tips Kesehatan Mental dan Kesejahteraan

         Kalori: 277
         Karbohidrat: 75 gram

Protein: 2 gram
Vitamin B6: 12% dari RDI (Recommended Dietary Intake/ Asupan Referensi Diet)

Besi: 5% dari RDI
Kalium: 20% dari RDI

Tinggi Serat

Kandungan serat yang tinggi pada kurma sangat bermanfaat untuk anda menjaga kesehatan pencernaan anda dan mencegah anda dari sakit sembelit.

Kandungan serat dalam kurma juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah anda. Fungsi serat yang mencegah gula darah naik tinggi setelah makan akan membantu menjaga gula darah anda.

Mengandung Antioksidan Sebagai Penangkal Penyakit

Antioksidan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anda termasuk salah satunya sebagai penangkal penyakit. Antioksidan akan melindungi sel-sel tubuh anda dari zat radikal bebas yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dan menyebabkan penyakit pada tubuh.

Dibandingkan dengan buah sejenis kurma yakni buah ara dan plum kering, kandungan antioksidan yang paling tinggi dimiliki oleh buah kurma.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat kurma selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan fungsi otak. Hasil penelitian laboratorium menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk mengurangi penanda inflamasi pada otak.

Jika kandung inflamasi seperti Interleukin 6 (IL-6) tinggi pada otak, dapat menyebabkan neurodegeneratif yang lebih bahaya dari Alzheimer.

Pemanis Alami Yang Sangat Baik

Kurma memiliki kandungan fruktosa yakni jenis gula alami yang terkandung dalam buah-buahan. Karena mengandung fruktosa, rasa kurma menjadi manis seperti karamel yang halus sehingga kurma dapat menjadi pengganti gula putih yang baik.

Cara untuk membuat kurma menjadi gula putih adalah mengolah kurma menjadi pasta kurma. Dibuat dengan mencampurkan dengan air kemudian diblender. Takaran penyajiannya adalah 1:1 yakni 1 sendok pasta kurma untuk menggantikan 1 sendok gula putih.

BACA JUGA  Balita konsumsi durian, Amankah? Ini penjelasannya

Yang perlu menjadi catatan dalam mengonsumsi kurma adalah jumlahnya, karena kurma memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga paling baik kurma dikonsumsi dengan jumlah sedang saja.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang karena memiliki beberapa kandungan mineral seperti fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Dengan kandungan ini akan menjaga kesehatan tulang anda dan mencegah dari kemungkinan osteoporosis.

Dengan banyaknya manfaat kurma karena kandungan nutrisinya yang baik untuk anda. Ditambah rasanya yang manis dan lezat, tentu sangat nikmat sekali dijadikan cemilan saat berbuka puasa. Namun perlu diingat, konsumsi kurma dalam jumlah sedang saja, supaya anda bisa mendapatkan manfaat kurma dengan baik.

Leave a Reply