6 Cara Menulis Proposal Penelitian Untuk Skripsi

  • June 4, 2022
  • 21 Views
cara menulis proposal penelitian skripsi

Cara Menulis Proposal Penelitian – Menulis Proposal penelitian adalah wajib bagi mahasiswa yang sedang menempuh tugas tugas akhir atau skripsi. Namun tidak sedikit yang masih kesulitan untuk memulai, bahkan sekedar identifikasi topik yang menarik untuk dijadikan tema skripsinya. Berikut ini akan kami uraikan bagaimana menulis proposal penelitian.

Bagi kamu yang akan berada di semester akhir pasti sudah dipusingkan dengan berbagai macam tuntutan syarat kelulusan. Salah satunya yaitu menyiapkan skripsi tenang!, persiapan skripsi bisa kamu mulai dengan cara menulis proposal penelitian terlebih dahulu. Kira-kira bagaimana caranya yuk simak dengan seksama !

Untuk mendapatkan update dan memudahkan membaca artikel dari web ini tanpa membuka browser internet, anda dapat mengunduh Aplikasi dunialiterasi.com di Play Store.

Pengertian Proposal Penelitian

Sebelum mengetahui cara menulis proposal penelitian kamu harus paham terlebih dahulu definisi dari proposal penelitian. Apa itu proposal penelitian ?

Proposal penelitian adalah bentuk dokumen penelitian yang dipersiapkan mahasiswa sebagai rencana awal penelitian akhir dan berisi pengusulan dari proyek penelitian yang akan di teliti sebagai penelitian skripsi.

Sebagai mahasiswa tujuan pembuatan proposal penelitian sebagai bagian mendapatkan persetujuan dari pihak jurusan maupun kampus agar mahasiswa bisa melakukan penelitian yang telah direncanakannya.

Selain itu proposal penelitian juga memberikan masukan kepada pihak lain untuk menerima dan memahami lebih jelas apa urgensi dalam meneliti. Buat kamu yang ingin melakukan penelitian pastikan menemukan kepentingan dan masalah yang kuat dan menarik untuk diteliti agar dosen lebih mudah untuk menerima proposalmu.

Kesimpulannya adalah proposal penelitian adalah dokument awal penelitian yang berisi informasi latar belakang penelitian yang menggambarkan urgensi penelitian, teori yang dipakai untuk analisis dan metode penelitian yang dipakai.

Dengan proposal ini pembaca akan memahami arah penelitian, maksud dan tujuan penelitian.

baca juga: Cara download jurnal internasional gratis 2022

Komponen proposal Penelitian

cara menulis proposal penelitian

Secara umum komponen proposal penelitian adalah bab dan sub bab yang menggambarkan secara komprehensif tentang penelitian yang akan dilakukan. Tidak ada patokan baku dalam penulisannya, masing masing institusi memiliki panduan standrad yang berbeda beda.

Meskipun berbeda beda, namun secara substantif isi proposal penelitian tetap memiliki kesamaan maksud dan tujuan sebagaimana standard metode penelitian.

Dalam sub pembahasan artikel ini, akan disajikan mengenai komponen proposal penelitian secara umum.

Judul Penelitian

Judul penelitian harus menggambarkan isi penelitian, menggunakan bahasa baku sesuai kaidah ilmiah. Maksimal 14 kata. Judul penelitian dapat dibagi menjadi judul utama dan sub judul.

Latar belakang penelitian

Latar belakang penelitian biasanya adalah bagian dari BAB I dalam proposal penelitian. Dalam sub ini dijelaskan gap antara realita dan idealita, atau das solen dan das sein. Kenapa ada gap itulah yang menjadi permasalahan dalam penelitian.

Pada umumnya latar belakang penelitian ditulis berdasarkan filosofi Piramida terbalik. Artinya, dari uraian – penjelasan umum kemudian mengerucut pada penjelasan yang lebih spesifik sesuai topik penelitian.

Latar belakang harus mampu menyajikan persoalan krusial yang menjadi argumentasi peneliti untuk melakukan penelitian pada topik tersebut. Urgensi argumentatif ini dapat didukung dari beberapa sumber, misalnya data observasi awal, infromasi dari media kredibel, data dari situs resmi pemerintah dan yang paling penting adalah data penelitian yang sudah pernah dilakukan.

baca juga: Wajib Ketahui 7 Website Jurnal Internasional Terbaik

Posisi penelitian yang sudah pernah dilakukan dalam bab I atau latar belakang ini adalah sebagai argumentasi peneliti dalam menyajikan urgensi penelitian.

Dalam latar belakang biasanya juga diuraikan rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Terkadang juga disertakan rencana output dari penelitian.

Teori yang digunakan untuk analisis

Sub ini menjelaskan teori apa yang akan dipakai dalam analisis penelitian. Penulisan teori dalam proposal penelitian tidak hanya cut and glue teori dari buku ke proposal. Akan tetapi harus dilakukan teoritisasi, artinya peneliti harus menjelaskan relevansi teori dengan fokus penelitian, bagaimana teori digunakan dalam analisis topik tersebut.

Teori ini pada umumnya secara sistematis berada pada Bab 2. Selain teori pada bab 2 juga disajikan penejelasan konseptual. Penjelasan konseptual pada umumnya adalah berisi penjelasan judul penelitian.

Penulisan penjelasan konseptual mengacu pada model etimologi – terminologi substantif. Artinya dijelaskan secara etimologi (makna bahasa) kemudian diperdalam dengan penjelasan secara substantif sesuai keilmuan peneliti. Hal ini untuk mengantisipasi beberapa kata yang secara substantif memiliki makna berbeda dalam dua disiplin keilmuan, terutama jika bandingkan dengan makna common sense.

Pada bab 2 juga disajikan penelitian terdahulu atau penelitian yang sudah pernah dilakukan. Hal ini ditujukan untuk menunjukkan kebaruan penelitian yang akan dilakukan. Cara penulisan sub ini adalah dengan menguraikan hasil penelitian terdahulu dengan menunjukkan persamaan dan perbedaannya dengan penelitian yang akan dilakukan.

Metode Penelitian

Bagian ini pada umumnya berada pada Bab 3, pada bab ini berisi metode penelitian sesuai standard metodologis penelitian. Biasanya berisi metode penelitian yang dipakai, misalnya kualitatif atau kuantitatif.

Uraian berisi argumentasi kenapa memakai metode A atau metode B. selain itu, juga diuraikan mengenai pendekatan penelitian yang digunakan.

Pada sub ini juga diuraikan subjek, informan atau responden, sample, populasi (istilah yang dipakai tergantung metode yang dipakai), siapa subjeknya, kriterianya (jika ada). Model atau teknis analisis data dan validitas data / triangulasi data.

Cara menulis proposal penelitian yang baik dan benar

cara menulis proposal penelitian

Untuk menulis proposal penelitian ada langkah-langkah yang harus di lewati para mahasiswa diantaranya adalah :

  1. Tentukan judul penelitian

Cara menulis proposal penelitian pertama yaitu menentukan topik dan judul dari proposal yang akan kamu teliti. Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu. Carilah berbagai masalah yang ada di sekitar kamu ataupun topik yang kamu tertarik untuk menelitinya.

Pemilihan topik penelitian dapat kamu dasarkan pada penguasaan masalah, misalnya tentang sesuatu yang kamu geluti dalam keseharian, hal ini akan memudahkan dalam penulisan lebih lanjut. Selain itu, dapat kamu pertimbangkan juga stock of knowledge dalam pemilihan topik.

Sesudah mendapat rencana judul penelitian. Kemudian susunlah sinopsis dari penelitian yang akan kamu teliti. Pastikan sinopsis berisi berbagai masalah dan alasan mengapa judul kamu itu menarik untuk diteliti.

Sinopsis penelitian berisi latar belakang penelitian, yang juga bisa termasuk dengan tujuan dan rumusan masalah. Kamu juga bisa mencantumkan manfaat penelitian keuntungan jika penelitian tersebut dilakukan. Impact penelitian juga perlu disajikan jika memang memungkinkan.

  • Mulailah Susun Kerangka Proposal

Setelah sinopsis selesai dibuat, cara menulis proposal penelitian selanjutnya belum dilakukan sebelum judul kamu di ACC oleh pembimbing jurusan. Pastikan judul kamu di setujui olehnya. Untuk itu pastikan tidak memikirkan satu judul saja, persiapkan judul-judul alternatif agar saat judulmu di tolak, kamu bisa langsung mengganti dengan pengajuan judul alternatif lain.

Lalu pahami kerangka proposal, lihat strukturnya. Proposal penelitian berjumlah tiga bab, berbeda dengan skripsi yang sudah sampai lima bab.

Isi dari kerangka proposal penelitian meliputi :

– cover atau halaman judul

– daftar isi

– lanjut ke bab I yang berisi pendahuluan

– bab 2 berisi tinjauan pustaka atau kajian teori

– bab 3 berisi metodologi penelitian

  • Menulis Bab I Pendahuluan

Setelah mengetahui kerangka proposal penelitian, cara menulis proposal penelitian selanjutnya adalah menulis bab I  Pendahuluan. Pada bab I berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.

  • Menulis Bab II Tinjauan Pustaka atau kajian teori

Pada Bab II Tinjauan Pustaka menulis berbagai kajian teori, atau teori-teori pustaka dari penelitian yang kita buat.

  • Membuat Bab III Metodologi Penelitian

Dalam Bab III membahas metodologi penelitian, yang berisi bagaimana metode kamu melakukan penelitian nanti. Metode penelitian meliputi jenis penelitian, sumber penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, informan penelitian, populasi dan sampel dan juga bisa memasukkan sistematika penelitian.

Terakhir masukkan daftar pustaka, ataupun menambah lampiran. Lalu proposal penelitian kamu pun selesai. Nah itulah cara menulis proposal penelitian, bagaimana cukup mudah bukan!. Sekarang cobalah praktekkan dan semoga berhasil.

Leave a Reply