5+ TIPS SUKSES FINANSIAL, YUK DICOBA!

Sukses secara finansial adalah harapan setiap individu dalam hidupnya. Bagaimana caranya? Yuk simak tips sukses finansial berikut ini.

Peluang Mewujudkan hidup sukses

Banyak orang menganggap bahwa salah satu indikator utama kesuksesan dalam hidup adalah kekayaan materi. Meskipun banyak perdebatan dan perbedaan pendapat memgenai hal ini. Menurut saya, hal ini tidak perlu diperdebatkan, yang terpenting adalah bagaimana kekayaan anda memberikan manfaat untuk orang disekitar anda.

Sekarang renungkan, menurut anda apa indikator sukses dalam hidup? Dalam agamapun terdapat petunjuk bagaimana seseorang harus sukses dalam hidupnya salah satunya dengan beramal, bersedekah dan menafkahkan hartanya untuk kebaikan. Modalnya adalah kekayaan finansial.

Semua pasti sepakat, bahwa dalam hidup ini kita harus memberikan manfaat untuk sekitar kita. Salah satunya adalah dengan berkontribusi untuk membantu sesama. Jadikan kekayaan finansial anda untuk meraih hakekat hidup sukses.

Menurut Max Weber, bahwa agama memiliki peran yang signifikan dalam menumbuhkan semangat kerja pemeluknya. Dalam buku Protestant Ethic: Spirit of capitalism, munculnya kapitalisme di eropa barat salah satunya adalah dipicu ajaran sekte Calvinism yang mengajarkan bahwa setiap manusia setelah meninggal tempatnya kalua tidak di surga ya di neraka. Salah satu tanda bahwa seseorang akan masuk surga adalah sukses didunia dalam hal kekayaan.

Menurut Weber, ajaran ini menjadikan semangat kerja keras, menambahkan kekayaan untuk mewujudkan hidup sukses. Yah sukses didunia dan diyakini sebagai indikator sukses di akherat kelak.

Sementara itu, dalam agama islam juga demikian, diajarkan dalam doa sapujagat permintaan Sukses di dunia dan sukses di akherat. Diajarkan banyak keutamaan bersedekah, keutamaan berinfaq dijalan kebaikan. Bahkan didalam surat Al munafiqun ayat 10, digambarkan seandainya orang yang telah mati dibangkitkan Kembali, maka dia akan bersedekah. Kenapa bukan yang lain?

وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian) ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS Al Munafiqun ayat 10).

Setidaknya, anda membutuhkan modal untuk bersedekah, yaitu kekayaan finansial. Jadi, tidak ada salahnya bagi kit ajika memaknai kesuksesan hidup salah satunya adalah sukses secara finansial.

Oke, cukup pengantarnya. Bagaimana tips sukses finansial ?

Tips sukses finansial = hidup sukses

Tips sukses finansial

Jika anda pernah mendengar kata motivasi, bahwa semua yang terjadi dalam hidup anda tergantung dari keyakinan dan harapan anda. Maka mulailah dengan membentuk keyakinan yang sekiranya mengantarkan anda mewujudkan harapan dalam hidup ini.

Dalam artikel kali ini akan kami sajikan tips sukses finansial sebagai representasi hidup sukses. Untuk memudahkan kami bagi tips ini menjadi dua bagian. Pertama tips sukses finansial yang sifatnya transcendental. Kedua tips yang sifatnya rasional logis

Bagian pertama tips sukses finansial. Jika anda orang yang percaya bahwa dalam kehidupan ini terdapat kekuatan transcendental yang mempengaruhi pola kehidupan, maka lanjutkan membaca artikel ini.

Tips sukses finansial bagian pertama

  1. Afirmasi positif – tawakkal

tips sukses finansial pertama adalah afirmasi positif plus tawakkal. Artinya anda harus menanamkan keyakinan bahwa anda adalah orang yang sukses. Keyakinan yang kuat akan mengantarkan kita untuk menggapai apa yang kita Yakini. Namun, anda juga harus menyadari bahwa keyakinan tersebut harus kita sandarkan pada “kekuatan maha super” yaitu takdir Tuhan.

Jika kamu mempunyai tujuan, maksud dan harapan maka bertwakkal lah Kepada Allah. Untuk menunjang keyakinan ini, anda harus memahami bahwa harapan yang anda tanamkan harus disertai usaha. “tuhan tidak akan merubah suatu kaum (Masyarakat), hingga mereka merubah dirinya sendiri (berusaha).

  • Niat yang baik

tips sukses finansial kedua adalah Niat yang baik. Banyak orang beranggapan bahwa mencari kekayaan adalah nomor sekian, ibadah yang nomor satu. Memang benar demikian. Namun tahukah anda, bahwa mencari risqi halal adalah ibadah yang utama juga. Maka niatkanlah usaha, kerja keras anda untuk mencari kekayaan sebagai ibadah kepada Tuhan.

“ banyak amalan yang kelihatannya amal perbuatan “Duniawi”, dan menjadi amal akherat (Berpahala) sebab karena niat yang baik. Dan sebaliknya, banyak sekali amalan yang kelihatannya amalan Akherat, akan tetapi menjadi amalan duniawi (Tidak berpahala), sebab buruknya niat”.

Jadi mulailah mengupgrade niat anda dalam bekerja keras untuk mewujudkan sukses finansial = hidup sukses.

  • Memperbanyak Bersyukur

tips sukses finansial Berikutnya adalah bersyukur. Mungkin point ini adalah point paling sering dijadikan motivasi dan semangat dalam kehidupan ini. Tahukah anda apa makna bersyukur? Bersyukur bukan sekedar ucapan, bersyukur bukan sekedar ungkapan Bahasa pujian kepada tuhan.

Bersyukur adalah menggunakan anugerah yang diberikan kepada kita sesuai dengan keinginan sang pemberi. Jika anda diberikan Kesehatan, maka kira kira apa yang harus anda lakukan dengan modal Kesehatan anda? Beribadah? Berbuat baik? Menolong orang lain? Yah kira2 itulah representasi dari bersyukur.

Makna definitif bersyukur sebagaimana diungkapkan Sayyidina Abbas RA adalah menggerakkan anggota tubuh dalam rangka menggapai ridho Allah. Apa kira kira makna yang terkandung dalam bersykur dan kenapa ini penting?

Pertama sesuai dengan janji Allah “jika kamu sekalian bersyukur, maka aku (Allah) akan menambah (kenikmatan) kepada kalian….. “

Kedua bersyukur adalah Ziinatun Ni’am (perhiasan nikmat yang telah diberikan kepada kita).

Ketiga bersyukur adalah sarana menjaga eksistensi anugerah yang telah diberikan kepada kita, dan sebagai sarana menarik-mewujudkan anugerah / nikmat yang belum kita dapatkan.

Itulah tips sukses finansial bagian pertama yang bersifat transcendental.

Tips sukses finansial

Tips sukses finansial bagian dua

Tips sukses finansial bagian kedua ini bersifat rasional logis. Dari sekian banyak tips kami rangkum secara substansial menjadi 4 point substantif.

  1. Menerapkan prinsip hemat

Berbicara prinsip sama halnya membangun pedoman hidup. Prinsip hemat dalam hidup anda wajib anda tanamkan. Hemat berarti Irit, berhati hati dalam membelanjakan uang. Ketika anda berbelanja maka rumus hemat adalah belilah barang barang yang memang anda butuhkan. Bukan barang yang anda inginkan.

Hemat memang satu hal yang sukar dilakakukan pada awalnya. Cobalah anda berfikir untuk apa anda membeli beberapa barang  sekaligus yang memiliki fungsi sama. Apa sebenarnya yang anda butuhkan? Apakah manfaat atau tanda atau gengsi?

Hemat bukan berarti pelit, karena hemat adalah membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan, bukan berlebihan. Meskipun mahal, kalua itu memang anda butuhkan, maka itu tidak masalah, dan tidak berarti anda tidak hemat. Kuncinya adalah belanjakan uang anda untuk barang dan sesuatu yang memang anda butuhkan.

Dalam banyak analisis modern, bahwa saat ini masyarakat Ketika berbelanja adalah tidak lagi membeli fungsi dan manfaat. Melainkan membeli tanda, symbol dari barang. Artinya, bukan didasarkan pada kebutuhan akan fungsi dan manfaat barang, akan tetapi pada nilai tanda dan symbol diluar fungsi primer.

Misalnya, membeli kebutuhan alat komunikasi, smartphone misalnya, jika ponsel harga 5 juta sudah cukup memadai untuk kebutuhan anda, maka tidak perlu membeli yang puluhan juta demi kelihatan kaya.

Hindari membeli barang karena citra yang dibentuk, tapi fokuslah pada fungsi dan manfaatnya. Sisanya silahkan ditabung, dan alokasikan Sebagian sebagai dana untuk “bersyukur”.

  • Diversifikasi sumber penghasilan

tips sukses finansial berikutnya ada menambah sumber penghasilan. Seiring dengan perjalanan waktu, mungkin anggota keluarga anda bertambah, harga harga juga semakin mahal, belum lagi persoalan inflasi.  Selain menerapkan prinsip Hemat dalam hidup, anda juga perlu berfikir untuk menciptakan penghasilan tambahan. Diversifikasi sumberpenghasilan, berarti memperbanyak sumber penghasilan yang berbeda beda. Jika anda, selama ini hanya memiliki satu sumber penghasilan, maka sebaiknya mulai berfikir untuk menambah sumber penghasilan anda.

Ada banyak sumberdaya yang bisa anda manfaatkan untuk menambah penghasilan, terlebih di era internet dan digital saat ini. Jika selama ini anda memiliki usaha offline, maka cobalah merambah dunia online untuk memperluas pasar dan memperbesar peluang mendapatkan penghasilan tambahan. dengan kata lain, cobalah masuk pada bisnis online. ini hanyalah salah satu contoh.

“Wah saya tidak punya banyak modal”, modal bukanlah masalah utama dalam bisnis online. Saat ini banyak sekali cara usaha online tanpa modal. Misalnya dengan Affiliasi, dropshipping, menjadi freelancer, reseller dan sumber passive income lainnya

Jika memiliki hoby yang anda geluti selama ini, mulailah berfikir, bagaimana menjadikan hobi anda menjadi sumber penghasilan. Banyak sekali informasi bagaimana “menukar” hobi anda dengan uang. Ketika musim hobi batu permata dan akik ramai sekitar tahun 2012 – 2016 an, kebetulan saya agak suka dengan batu. Awalnya iseng iseng buka situs ebay, ikut lelang batu dari seller Thailand. Setting harga di 0.99 dolar. Beberapa item saya dapatkan, dan beberapa item lainnya ada yang bid diatas 0.99 dolar.

Barang dari Thailand tersebut, iseng iseng saya upload di media sosial, dari satu batu yang saya beli seharga 0.99 dolar tersebut, di Indonesia bisa terjual antara 100.000 – 200.000. dan satu bulan keuntungan tidak kurang dari 20juta. Lumayan untuk pelajar seperti saya waktu itu.

Manfaatkan internet untuk mencari informasi dipasar internasional, barang apa yang harganya murah diluar negeri namun mahal di dalam negeri, atau sebaliknya. Dan berusahalah untuk memasarkannya.

Dengan menambah sumber penghasilan ini, anda bisa menyisihkan lebih banyak uang anda. Dan andapun akan sukses secara finansial jika anda juga menerapkan prinsip hidup hemat.

  • Perbaiki gaya hidup

Tips sukses finansial berikutnya adalah memperbaiki gaya hidup. Untuk mewujudkan prinsip hemat hal utama yang harus anda lakukan adalah memperbaiki gaya hidup. Banyak sekali orang yang mendahulukan gaya hidup agar kelihatan “Wah” hingga terpuruk secara finansial. Demi gaya hidupnya rela gali lubang tutup lubang. Hutang disana sini hanya demi kelihat mewah dan wah didepan tetangga dan teman temannya

Saat ini, banyak sekali iklan yang menawarkan nilai citra dan symbol yang “menipu”. Mengaburkan nilai guna dan mafaat dari barang yang sesungguhnya. Ditambah lagi media sosial sebagai sarana “pamer” kemewahan dan gaya hidup yang relative mahal.

Konstruksi sosial media telah membentuk citra dan symbol prestise gaya hidup seseorang. Inilah yang kemudian membentuk konsumerisme atau consumer society , mistisisme dimana Ketika barang tidak lagi dinilai dari manfaat, melainkan dinilai dari symbol dan citra yang membentuk gaya hidup.

Jika anda memiliki gaya hidup suka berganti ganti model ponsel, rutin makan diluar, update fashion kekinian, mulailah berfikir untuk merubah gaya hidup tersebut jika anda ingin sukses finansial.

Tips sukses finansial terakhir adalah Financial planning adalah cara mengatur keuangan dengan tujuan memperbaiki penggunaan keuangan. Pada umumnya finansial planning didasarkan pada evaluasi sumberpendapatan, besaran pendapatan, menentukan tujuan finansial dimasa depan. Dengan finansial planning kita akan sadar dalam menggunakan dan mengontrol uang yang kita miliki.

Kuncinya adalah memahami dan menyadi skala prioritas dalam membelanjakan uang anda. Lalu bagaimana merencanakan keuangan yang baik?

Pertama tetapkan tujuan finansial anda. Setiap orang pastinya memiliki tujuan finansial yang berbeda beda. Mulailah berfikir, apa sih sebenarnya tujuan saya dalam hal finansial dimasa depan? “catat” dengan tebal tujuan anda. Misalnya menambah investasi rumah atau tanah dalam 5 tahun kedepan.

Kedua membuat skala prioritas pengeluaran. Anda dapat membuat daftar pengeluaran rutin yang memang sebagai kebutuhan dan kewajiban utama. Misalnya living cost atau biaya hidup, tetapkan sekian persen dari penghasilan anda. Dana rekreasi, namun tetap proporsional. Cicilan atau kewajiban lainnya, jika anda punya kewajiban cicilan. Saving tabungan, sisihkan beberapa persen dari penghasilan anda, dana darurat-kesehatan, sisihkan sekian persen sebagai antisipasi.

ketiga evaluasi, catat secara konsisten pengeluaran anda. Bagian mana yang tidak sesuai dengan rencana, maka segera diperbaiki.

Dengan menerapkan tips sukses finansial diatas m

Kesimpulan

Itulah tips sukses finansial yang bisa anda coba terapkan. Tips diatas bukan satu satunya kunci sukses finansial anda, tapi setidaknya bisa anda jadika pertimbangan untuk dikembangkan lebih lanjut. Manakah yang sudah anda lakukan? Selamat mencoba. Salam literasi

Leave a Reply