Ikuti 5 Tips Menembus Jurnal Internasional Untuk Pemula

Publikasi pada Jurnal penelitian internasional menjadi hal yang penting untuk sebagian orang. Namun, bukan hal mudah sehingga anda perlu tips menembus jurnal internasional

tips ini untuk pemula yang belum pernah lolos publikasi jurnal internasional. bagi anda yang sudah expert mungkin ini kurang cocok.

Tentunya, jurnal internasional menjadi salah satu karya yang penuh dengan ilmu dan fakta untuk mendukung suatu penelitian. Tidak hanya Anda saja yang memang kesulitan untuk menuliskan jurnal sehingga dapat lolos. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang menggunakan tips menembus jurnal internasionaljuga. Cara seperti ini harus dilakukan sehingga dapat menembus persyaratan.

Bagaimana cara lolosnya?  Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan memberikan lsnglah terbaik untuk dimanfaatkan. Dengan begitu, Anda dapat mempelajari penulisan yang sesuai dan menarik perhatian. Walaupun sulit, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Sudah cukup banyak orang yang berhasil menuliskan jurnal internasional dan menarik perhatian orang luar.

5+ Tips menembus Jurnal Internasional untuk Pemula

Tips menembus Jurnal Internasional

Anda dapat menggunakan beberapa langkah sederhana jika ingin menuliskan jurnal yang menarik perhatian banyak orang. Bahkan, ada beberapa syarat yang harus bisa Anda kuasai sehingga dapat bergabung dengan para penulis jurnal lainnya. Ada beberapa koordinasi yang dapat dilakukan jauh lebih dulu. Berikut daftar langkah yang harus Anda lakukan jika ingin artikel anda lolos untuk publikasi pada jurnal internasional.

tips ini dibagi menjadi dua substansi. pertama substasi secara umum anda butuh softskill dalam membaca peluang publikasi pada jurnal internasional. kedua adalah tips teknis, pada bagian ini anda harus memiliki stock of knowledge dalam kepenulisan karya ilmiah, anda harus punya sensitifitas keilmuan dalam melihat fakta dan realita untuk dikonversi menjadi topik baru dalam karya anda.

1.     Melihat peluang

Dalam melakukan penelitian, Anda harus terbiasa melihat daftar peluang pasar yang ada. Sama saja halnya dengan melakukan bisnis.  Ada sisi marketing dimana Anda harus melakukan riset atau target pasaran. Penting halnya untuk melihat yang diminati sekarang ini. Hal ini bahkan dapat membantu Anda menentukan target dalam melakukan penulisan untuk efisiensi waktu.

BACA JUGA  Trik Download jurnal internasional Gratis, PubMed, Citeseer

2.     Buat manuscript

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah membuat manuscript. Tentunya, landasan adalah hal yang penting dalam membuat penulisan. Anda butuh konten dan juga presentasi. Langkah mudah yang harus disiapkan jauh lebih dulu adalah bagaimana untuk membuat konten. Dalam bagian ini, Anda harus fokus pada permasalahan yang akan diangkat,

Anda dapat membuat konten yang menarik perhatian dengan memikirkan manfaat hasil penelitian bagi masyarakat. Kemudian, hasil jurnal juga harus mempunyai isi yang menarik. Dalam tips menembus jurnal internasional,Anda harus melakukan penulisan dengan baik. Jangan asal dalam menulis konten, gunakan bahasa yang menarik dan dapat dipahami dengan mudah.

3.     Latihan menulis artikel standard jurnal

Tidak kalah penting halnya untuk latihan menulis jurnal sehingga dapat memperoleh hasil jurnal yang menarik. Anda harus menggunakan kasus penelitian yang menarik perhatian dan dikemas dengan baik. Cukup latihan saja secara terus menerus dan kerjakan jurnal penelitian terus. Hal seperti ini akan membantu dalam pengasahan skill sehingga Anda dapat menulis dengan baik. Termasuk membiasakan dengan pemanfaatan tools analisis, tools untuk mencari referensi.

4.     Pilih yang dikuasai

Langkah lainnya dalam penulisan adalah mencari tema yang Anda kuasai sebaik mungkin. Jangan mencari ide yang memang sulit ditulis karena dapat menyebabkan kesulitan sendiri. hal yang perlu diperhatikan adalah stock of Knowledge anda dari satu topik penelitian. tugas anda adalah mengembangkan bagaimana topik yang anda kuasai itu dikontekstualisasikan dengan situasi terkini hingga menghadirkan kebaruan. anda bisa mencoba melihatnya dari beberapa sudut pandang yang berbeda, hingga menemukan permasalahan penelitian terkini dari bahan topik lama yang telah anda kuasai. hal ini sebenarnya ada nilai lebihnya bagi anda. ketika anda mampu menyajikan sebagai “track record” kajian keilmuan anda, maka ini akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi reviewer dalam menilai karya tulis anda. sehingga peluang lolos semakin besar.

BACA JUGA  Cara Download Jurnal Ilmiah Gratis-Alternatif SCI-hub

5.     Hindari plagiat

Anda juga dapat menggunakan langkah sederhana lain dengan menghindari plagiat dalam penulisan yang ada. Tentunya, anti plagiarism adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jangan ikut menulis kalimat yang sama dengan referensi atau langsung menyalin dari jurnal internasional bereputasi. anda bisa memanfaatkan tools untuk cek plagiasi tulisan anda. terkadang beberapa statement teoritis, atau konseptual tidak bisa diparafrase, terutama beberapa istilah baku dalam keilmuan. hal ini terkadang membuat tingkat similarity cukup tinggi. anda juga perlu memperhatikan Setting-an tools yang anda pakai, termasuk misalnya Exclude bibliography agar daftar pustaka atau referensi anda tidak dideteksi sebagai kemiripan.

Berikutnya terkait dengan kualitas dari artikel anda. kualitas artikel pada jurnal dapat dilihat dari beberapa sudut pandang. pada umumnya adalah dari sisi kebaruan kajian yang mencakup permasalahan, metode penelitian / analisis, state of the Art (SotA). berikut tips sederhana bagaimana merumuskan dan menemukan kebaruan dalam artikel anda.

jawablah beberapa pertanyaan berikut ini

Apa permasalahan utama yang dibahas. permasalahan penelitian anda harus diungkapkan berdasarkan data. setidaknya merujuka pada 10 sumber data hasil penelitian sebelumnya dari jurnal bereputasi. sebagian reviewer terkadang meminta 20 sumber hanya untuk menunjukkan dasar permasalahan penelitian.

hal ini menunjukkan urgensi dari permasalahan yang anda teliti. dan jangan lupa mengambil referensi dari artikel jurnal yang anda tuju sebagai salah satu rujukan. ini tidak wajib, tapi terkadang juga penting untuk menunjukkan bahwa anda sudah tertarik dan membaca artikel mereka. artinya anda sudah paham tentang scope cakupan topik artikel yang mereka terima.

Teori apa yang dipakai untuk menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sangat cepat, hingga sebuah teori pun terus bertransformasi sering dinamika penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh para teoritisi. pada titik ini, anda harus menunjukkan bahwa teori yang anda pakai adalah baru atau tidak usang, masih kontekstual. hal ini menunjukkan kualitas dari karya dan keluasan bacaan author. tentu saja ini menambah nilai plus bagi anda dimata reviewer. tunjukkan genealogi pengetahuan dari teori yang anda pakai, jika memang teori yang anda pakai jelas terstruktur perkembangannya.

BACA JUGA  127 Jurnal Springer Gratis – Publikasi tanpa biaya, berikut list jurnalnya

Metode Penelitian / pendekatan penelitian salah satu hal terpenting dalam penelitian adalah metode penelitian itu sendiri. setiap persoalan dalam penelitian akan menentukan arah pendekatan dan metode yang relevan dan tepat. apa yang membedakan dengan metode atau pendekatan penelitian anda dengan penelitian sebelumnya. dimana perbedaanya. kenapa memakai pendekatan A, kenapa bukan B, C atau D. perbedaan bukan hanya didasarkan pada lokus, tapi substansi ya… jika anda menggunakan bantuan tools analisis, silahkan diuraikan cara kerjanya.

Apa Kebaruan dan Academic contributionnya

penelitian merupakan upaya untuk menemukan aspek atauu sesuatu yang baru bagi keilmuan. Meskipun dalam disiplin ilmu praktis, penelitian diorientasikan untuk memberikan impact secara langsung kepada masyarakat. nah dalam menulis artikel untuk jurnal internasional, anda harus mampu menunjukkan kontribusi pada bidang keilmuan yang sedang anda geluti. Misalnya sebagai kritik teori atas teori sebelumnya, atau menemukan metode / pendekatan baru, atau bahkan sebagai teori baru. tentunya dengan detail proposisi dan komponen pembentuknya.

Demikian beberapa tips menembus jurnal internasionalyang dapat dilakukan dengan mudah. Anda dapat melakukan penulisan dengan menggunakan beberapa langkah tersebut. Dengan begitu, diharapkan tulisan dapat menarik perhatian dan lolos dalam skala internasional.

Leave a Reply