5+ Manfaat Teknologi Dalam Pendidikan yang perlu kamu tahu

Sejarah penggunaan teknologi sudah ada sejak berabad-abad. Teknologi berkembang dari waktu ke waktu dan tidak terbatas pada aspek kehidupan tertentu. Termasuk di dunia pendidikan. Ada banyak manfaat teknologi dalam pendidikan.

Kehadiran teknologi dalam berbagai aspek kehidupan dapat membantu manusia melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah. Pemanfaatan teknologi juga sangat beragam dan manfaat yang diberikannya melimpah dan dunia pendidikan bukanlah bagian yang mau ketinggalan dalam proses pemanfaatan teknologi agar tetap eksis. 

Penggunaan dan manfaat teknologi dalam pendidikan tentunya membawa banyak kemanfaatan yang dirasakan tidak hanya oleh siswa tetapi juga oleh pengajar. Lalu apa saja manfaat teknologi dalam pendidikan khususnya di Indonesia? Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Teknologi Dalam Pendidikan

Dengan adanya perkembangan zaman yang semakin pesat, manfaat teknologi dalam pendidikan menjadi satu hal yang paling dirasakan saat ini.

Salah satu keuntungan terpenting teknologi dalam pendidikan sejak pandemi Covid-19 telah menyatukan berbagai kelompok siswa dan guru dari seluruh dunia. Tetapi peran penting teknologi dalam pendidikan tidak terbatas pada konferensi video. Peran teknologi dalam pendidikan masih besar.

Meningkatkan Media Pembelajaran

Terdapat banyak macam media pembelajaran yang berkembang saat ini. sebelumnya kami telah membagikan 7 macam media pembelajaran berserta prisnsipnya. Selama ini kegiatan belajar mengajar di Indonesia sebagian besar didukung oleh buku atau media lain, terutama teks. Namun, dengan munculnya teknologi di sektor pendidikan Indonesia, perangkat pembelajaran yang tersedia untuk siswa menjadi lebih beragam. Misalnya dengan munculnya media pembelajaran seperti audio dan video serta munculnya teknologi komputer, smartphone dan tablet. 

Banyak developer atau developer juga semakin tertarik mempelajari teknologi melalui pengembangan software dan mobile app. Dan aplikasi bimbingan belajar online yang menawarkan cara baru untuk belajar kepada siswa. Hal ini memungkinkan komunitas pendidikan untuk menerima dukungan pembelajaran yang lebih baik dan bahkan mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Di masa lalu, satu-satunya sumber utama bahan belajar bagi siswa adalah buku cetak. Tapi sekarang ada teknologi. Anak-anak dapat online dan menemukan penjelasan dari materi pembelajaran baru.

Anak-anak juga tidak perlu repot ke perpustakaan, karena materi yang dijelaskan bisa langsung dicari di internet. Lebih mudah dan lebih nyaman untuk menyampaikan materi.

Manfaat teknologi dalam pendidikan adalah memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Selain penjelasan verbal, guru juga dapat menggunakan teknologi untuk menyajikan materi yang menarik secara visual, seperti menggunakan video 3D atau virtual reality (VR). Selain itu, guru tidak harus berurusan dengan pencetakan formulir ujian atau kursus. Semuanya bisa dilakukan secara online! Guru dapat mengirim kertas kisi dan mengikuti ujian online menggunakan aplikasi Messenger. Saat guru melakukan tes online, hasil tes juga dapat dihitung secara otomatis. Hal ini tentunya berguna bagi guru untuk melihat kemajuan siswanya.

Materi Belajar yang Lebih Menarik

Manfaat teknologi dalam pendidikan adalah tersedianya materi pembelajaran yang lebih menarik. Seringkali ternyata banyak siswa yang malas belajar karena materi pelajaran yang terlalu banyak. Selain itu, penyebaran materi pembelajaran yang tidak menarik juga dapat menurunkan minat siswa. Dengan bantuan teknologi pendidikan, masalah ini perlahan dapat diatasi. Semakin menarik materi pembelajaran, semakin siswa ingin mempelajarinya. Dengan cara ini, masalah rendahnya minat belajar akan teratasi secara bertahap.

Teknologi telah menyatu dengan kehidupan manusia. Perkembangan teknologi juga akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Banyak perusahaan besar mengintegrasikan teknologi ke dalam bisnis mereka. Pentingnya teknologi dalam pendidikan tidak sebatas mendukung proses pembelajaran, tetapi juga dapat membantu mempersiapkan anak untuk karir masa depan. Oleh karena itu, anak-anak harus memiliki pengetahuan dasar tentang teknologi dan membiasakan diri menggunakannya. Berkat teknologi, anak-anak akan lebih terbuka dan lebih banyak berinteraksi secara online dengan guru dan teman sekelas. 

Di masa pandemi, peran teknologi dalam pendidikan sangat penting. Aplikasi atau perangkat lunak konferensi video membantu memfasilitasi proses pembelajaran online. Kini, guru dan siswa tidak harus berada dalam satu ruangan yang sama untuk belajar dan mengajar.

Keunggulan teknologi dalam pendidikan memungkinkan siswa untuk berdiskusi atau bertanya kepada guru online kapan saja, di mana saja. Hal ini menunjukkan pentingnya teknologi dalam memperluas ruang lingkup pendidikan.

BACA JUGA  Simulasi Podcast Anak Jalanan

Kegiatan Belajar yang Lebih Beragam

Selain siswa mendapatkan manfaat teknologi dalam pendidikan, guru atau pendidik juga dapat memperoleh manfaat dari penggunaan teknologi. Bagi pendidik, teknologi pendidikan hadir untuk membantu guru menyiapkan bahan ajar yang anti mainstream atau monoton. Hal ini juga berguna untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran. 

Ketika misalnya dengan menggunakan video atau media interaktif lainnya untuk mengemas materi pembelajaran, guru dapat lebih mudah menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih fokus dalam belajar. Namun dalam hal ini kreativitas guru juga diperlukan untuk memberikan materi pembelajaran yang lebih menarik dan tidak monoton kepada siswa. nah untuk itu, Peran Teknologi era pendidikan Society 5.0 bagi guru merupakan hal yang sangat esensial.

Belajar Lebih Fleksibel

Kemajuan teknologi yang diterapkan di bidang pendidikan dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel. Salah satu bentuk perkembangan teknologi adalah internet yang dapat membantu kegiatan belajar menjadi lebih fleksibel. Pendidik dan siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara online maupun offline, sehingga lebih fleksibel dan tidak lekang oleh waktu. proses pembelajaran menjadi menyenangkan.

Keunggulan teknologi ini juga sangat membantu guru dan siswa di masa pandemi Covid-19. Kegiatan pendidikan selama Covid-19 dapat tetap berjalan, dengan batasan kegiatan pendidikan yang diciptakan oleh teknologi internet. Seperti yang bisa Anda bayangkan, ketika teknologi belum secanggih sekarang, pasti ada hambatan untuk belajar mengajar selama Covid-19. 

Analisis dan pengambilan keputusan membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Kabar baiknya adalah bahwa salah satu manfaat teknologi dalam pendidikan adalah membantu anak-anak mengembangkan pemikiran kritis.

Guru dapat secara kreatif menggunakan teknologi dalam berbagai cara untuk memproses dan menyampaikan materi. Anak-anak akan dapat melihat materi dari perspektif yang berbeda dan belajar menganalisis informasi dari Internet tentang materi ajar. dengan demikian, Teknologi memiliki manfaat dalam pembelajaran yang dirasakan baik oleh siswa maupun guru.

Peluang Tak Terbatas Untuk Ekstraksi Materi

Manfaat teknologi dalam pendidikan ini juga dirasakan karena adanya teknologi berupa internet. Ketika siswa penasaran dan ingin menggali lebih dalam materi pembelajaran, mereka tidak perlu khawatir mencari sumber materi. Hal ini karena segala macam pengetahuan dan pertanyaan dapat dengan mudah dicari melalui mesin pencari seperti Google.

Selain itu, banyak bermunculan website-website pendidikan yang menawarkan banyak pilihan materi untuk diskusi mendalam. Tidak hanya website, tetapi juga pilihan atau panduan aplikasi pembelajaran online bagi siswa yang merasa materi pembelajaran guru masih kurang. Hal ini adalah bukti lebih lanjut bahwa dengan bantuan teknologi seperti Internet, semakin banyak peluang untuk mengeksplorasi materi pembelajaran dan mempelajari pengetahuan baru. meningkatkan kualitas pendidikan

Seberapa baik kualitas pendidikan di suatu negara ditentukan oleh banyak faktor. Dimulai dari aspek metode pengajaran, media pengajaran, Strategi Pembelajaran, sumber daya manusia dan suasana akademik. Di antara banyak faktor, media pembelajaran dan proses pembelajaran merupakan faktor penting yang menentukan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dengan teknologi yang merata di seluruh Indonesia dan banyak inovasi dalam teknologi pendidikan, tentunya akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia secara berkesinambungan. Kualitas pendidikan yang terus meningkat akan berdampak pada bidang kehidupan lainnya. Misalnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, minat yang tinggi pada pendidikan tinggi dan konsekuensi lainnya.

Menggunakan teknologi dalam pembelajaran akan mengurangi biaya pencetakan ujian, kisi-kisi, dan buku. Anak-anak tidak perlu membeli buku cetak dalam bentuk fisik, mereka bisa membeli buku fisik dalam bentuk e-book yang lebih murah.

Pada saat yang sama, guru tidak boleh mencetak tes dan formulir untuk siswa. Mereka dapat menggunakan teknologi dalam pendidikan dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan secara gratis untuk mengajar siswa.

Aplikasi yang Digunakan Dalam Dunia Pendidikan

Perkembangan teknologi tidak jauh dari penggunaan aplikasi di smartphone dalam dunia pendidikan. Sebut saja seperti zoom yang digunakan sebagai media pembelajaran selama pandemi.

Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi dunia pendidikan dan menciptakan banyak perubahan dan pengaturan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, memaksa lembaga pendidikan untuk mencari cara untuk belajar lebih lanjut. Salah satunya adalah menemukan program pendidikan dengan aplikasi.

Menggabungkan dunia pendidikan dengan dunia teknologi dapat menghasilkan hasil yang sangat diinginkan jika diterapkan dengan benar. Oleh karena itu, era harus disesuaikan untuk menerapkannya pada bidang pendidikan dan menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan lebih mudah. Ada beberapa pilihan yang tersedia sebagai alat peraga yang tepat bagi siswa, khususnya siswa sekolah dasar.

BACA JUGA  Tutorial 2 Aplikasi Pendidikan Matematika dan Referensi

Kemampuan seorang siswa dalam menggunakan gadget tidak dapat disangkal lagi dan jika digunakan dengan baik untuk memaksimalkan proses belajar pasti dapat menjadi penolong yang hebat. Selain itu, menggunakan perangkat lunak pendidikan yang lebih menyenangkan dapat mengalihkan perhatian anak dari fitur gadget lain yang tidak memberikan manfaat pendidikan.

Aplikasi Matematika

Matematika, Ketika kita mendengar kata matematika, hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah rumus, angka, grafik, dan sebagainya. Jadi sangat mengesankan bahwa matematika adalah hal yang kompleks. Nah, dengan aplikasi matematika yang sudah ada, tentunya hal ini akan membuat penyelesaian soal yang berhubungan dengan matematika menjadi lebih mudah.

Segala sesuatu di dunia memiliki efeknya, baik positif maupun negatif. Hal yang sama berlaku untuk belajar matematika dengan perangkat lunak. Efek positif penggunaan software untuk pembelajaran matematika tentunya antara lain pembelajaran menjadi lebih mudah dan pemecahan masalah yang lebih cepat dan akurat. Meskipun efek negatifnya termasuk penggunaan aplikasi pendidikan atau perangkat lunak untuk menyelesaikan masalah terkait matematika, hasilnya langsung diketahui, sehingga siswa tidak memahami proses penyelesaian manual.

manfaat teknologi dalam pendidikan I aplikasi matematika I Dunialiterasi.com
Image By Sugiati

Di sisi positifnya, siswa tidak dapat memecahkan masalah matematika tanpa menggunakan perangkat lunak matematika. Jadi akan lebih baik jika kamu memiliki cara belajar matematika menggunakan perangkat lunak tetapi tetap belajar cara menyelesaikannya secara manual. Latihan manual dan teknis harus seimbang agar siswa dapat menggunakan keduanya.

Penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam. Matematika merupakan bidang studi yang menawarkan banyak kesempatan untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu lainnya. Dalam kedokteran, matematika berperan dalam menghitung volume kanker dan koordinatnya dengan aplikasi kalkulus. 

Hal ini karena sel kanker seringkali tidak berbentuk seperti prisma, tabung, kerucut atau piramida, yang volumenya dapat dengan mudah dihitung. Trigonometri sangat berguna dalam astronomi karena dimensi benda langit harus dihitung menggunakan skala dan sudut agar dapat memperkirakan ukurannya secara akurat. Karena sudut non-khusus ini, nilai dimensi sisi menggunakan rumus trigonometri dua sudut. Aplikasi tambahan matematika juga diterapkan dalam ilmu manajemen. Di tingkat universitas, ada cabang ilmu manajemen, riset operasi. Salah satu karir yang menggunakan pengetahuan ini adalah manajer operasi. Manajer operasi bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan operasional. Manajemen operasi adalah cabang dari matematika terapan.

Aplikasi Akuntansi

Software akuntansi adalah seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung aktivitas akuntansi modular yang saling berhubungan, termasuk pembelian (hutang), penjualan (piutang), keuangan, penggajian, dan sebagainya. Perangkat lunak akuntansi seringkali dapat dikembangkan oleh perusahaan itu sendiri atau bermitra dengan penyedia layanan pihak ketiga. 

Tujuan software akuntansi adalah untuk memudahkan penyusunan laporan akuntansi berupa neraca, laporan laba rugi, arus kas dan laporan akhir. Kamu harus melakukan input awal dari data yang akan diproses dalam software akuntansi. Kamu perlu menyusun buku besar dengan kode dan nama yang jelas. 

Oleh karena itu, laporan keuangan nantinya harus memiliki catatan yang jelas tentang posisi setiap laporan keuangan, neraca, laba rugi, biaya produksi dan produksi. Software akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai departemen yang sebelumnya terhubung. 

Jadi, misalnya, kamu tidak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi. Berbagai transaksi yang terjadi di perusahaan seperti penjualan, pembelian, produksi, persediaan, pengeluaran dll secara otomatis dicatat dalam jurnal dan diperbarui setiap saat. Hal ini akan membantu semua proses akuntansi perusahaan dan perhitungan akuntansi menjadi lebih otomatis dan sederhana.

Dengan teknologi yang semakin maju, kamu dapat melakukan semua ini hanya dalam satu menit. Misalnya, jika kamu membutuhkan waktu untuk menyiapkan buku atau mengubah buku menjadi catatan keuangan, kamu sekarang dapat melakukannya dengan memasukkan data transaksi ke dalam sistem informasi manajemen keuangan perguruan tinggi.

Seperti yang kita ketahui bersama, di era modern ini, waktu bisa diibaratkan dengan mata uang baru. Oleh karena itu, setiap proses yang menghemat waktu dianjurkan. Efisiensi meningkat ketika kamu menggunakan lebih sedikit unit sumber daya untuk menghasilkan lebih banyak output. Di sinilah manfaat sebenarnya dari perangkat lunak akuntansi ikut bermain. Dengan software akuntansi, kamu tidak lagi harus menghabiskan banyak waktu untuk menghadapi berbagai masalah yang muncul jika kamu masih menggunakan metode akuntansi tradisional.

Ada juga penghematan biaya di mana mempekerjakan seorang akuntan bisa menjadi kemewahan bagi perguruan tinggi kecil dengan anggaran terbatas. Bahkan di kampus-kampus besar, alternatif membuat sistem akuntansi universitas sendiri dapat dengan cepat menyerap dana.

BACA JUGA  7 Macam Media Pembelajaran, Prinsip dan Contohnya

Dibandingkan dengan manajemen manual, banyak insiden dapat terjadi jika kamu menyimpan bukti fisik transaksi. File-file ini dapat hilang atau rusak karena berbagai alasan. Sangat bermanfaat menggunakan software akuntansi di sebuah universitas, data akan otomatis tersimpan di software financial cloud accounting.

Aplikasi Bahasa

Seiring kemajuan teknologi, semakin banyak hal dapat dilakukan melalui Internet dan ponsel. Kebanyakan orang pasti akan menggunakannya untuk memudahkan aktivitas dalam aplikasi, termasuk belajar bahasa asing. Bukan rahasia lagi bahwa belajar bahasa asing memiliki banyak keuntungan. 

Aplikasi bahasa menawarkan kesempatan untuk belajar bahasa asing, mulai dari membantu  meningkatkan daya ingat hingga lebih memahami negara lain. Jadi tidak mengherankan jika orang berlomba-lomba untuk belajar bahasa asing, bahasa Inggris atau bahasa lainnya, untuk menuai manfaat ini. 

Salah satu metode pengajaran yang banyak orang ajarkan sendiri adalah menggunakan aplikasi pendidikan ini. Beberapa orang merasa lebih efektif untuk belajar bahasa asing menggunakan aplikasi pendidikan tanpa bantuan guru atau ahli. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Michigan State University. Pakar studi mengatakan bahwa peserta yang belajar bahasa asing menggunakan aplikasi dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam tata bahasa, kosa kata, dan komunikasi lisan.

Aplikasi Umum Dalam Pendidikan

Menggunakan aplikasi memperkenalkan metode pembelajaran baru. Dengan metode baru tersebut juga tidak akan mudah bagi siswa untuk bosan dengan materi pelajaran. Permainan yang menyenangkan dapat dikombinasikan dengan materi pendidikan untuk mendorong siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendidikan.

Aplikasi pendidikan seharusnya tidak hanya mendukung ruang kelas, tetapi juga meningkatkan efektivitas seluruh dunia pendidikan. Oleh karena itu, fungsi yang sering digunakan dalam aplikasi pendidikan adalah fungsi komunikasi antara guru dan orang tua. 

Salah satu model yang banyak digunakan oleh para creative developer di Indonesia adalah integrasi fungsi komunikasi tersebut dan fungsi monitoring dan kegiatan pembelajaran. Fitur-fitur ini akan memudahkan orang tua untuk melacak kemajuan siswa mereka. Selain itu, transparansi sistem melalui aplikasi juga membantu memperjelas proses pendidikan di instansi terkait. 

Dapat dikatakan bahwa individualitas setiap siswa sulit untuk diperhatikan oleh lembaga pendidikan atau sekolah. Dengan berbagai fitur pendidikan aplikasi, sekolah dapat memberikan perhatian ekstra kepada semua orang tanpa kecuali. Informasi konseling, acara sosial sekolah, jadwal baru, forum tentang berbagai topik, semua fitur ini meningkatkan aktivitas akademik dan non-akademik siswa. Manfaat teknologi dalam pendidikan saat ini memang terlihat sangat jelas.

Keuntungan yang dapat diperoleh dari teknologi adalah kemudahan akses informasi. Saat mengerjakan pekerjaan rumah atau berjuang untuk mempelajari materi, siswa akan sering mencarinya menggunakan buku teks yang diberikan. Namun, kini ada pilihan lain melalui pemanfaatan mesin pencari melalui kemajuan teknologi.

Hampir semua siswa dan pendidik menggunakan opsi ini secara teratur. Bahkan, tidak sedikit pendidik yang menggunakan teknologi untuk mencari informasi lebih lanjut tentang topik yang akan diajarkan. Seringkali, pendidik dan siswa merujuk ke situs web yang sangat akurat dan andal untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang materi.

Pandemi Covid-19 menyadarkan kita akan pentingnya peran teknologi dalam pendidikan di Indonesia. Saat ini, ada banyak aplikasi dan situs web yang membantu dalam proses pembelajaran online. Dari tahun ke tahun, keunggulan teknologi di bidang pendidikan semakin terasa. Melihat peluang ini, semakin banyak perusahaan yang mulai memasuki industri edtech. Bisnis edtech merupakan salah satu dari lima bidang bisnis yang paling banyak mendapat pendanaan dari investor.

Peran teknologi dalam pendidikan pasti membutuhkan dukungan pedagogis abad ke-21. Guru harus mampu menerapkan teknis dan soft skill yang penting bagi siswa untuk memasuki pasar kerja.

Kamu dapat meningkatkan keterampilan mengajar di zaman modern ini dengan terus belajar yang akan membantu dalam mengintegrasikan teknologi dan pendidikan ke abad ke-21. 

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa teknologi sangat penting di era sekarang ini dengan akses informasi yang semakin mudah dan nyaman serta kita dapat melakukan segala macam hal tanpa harus keluar rumah. Dalam dunia pendidikan, teknologi merupakan bagian yang tidak terpisahkan, karena guru dapat mengembangkan proses belajar mengajar yang lebih menarik. Teknologi menyederhanakan pekerjaan guru atau tutor dan menyediakan cara yang efektif untuk membangun hubungan guru dan murid.

Nah itulah manfaat teknologi dalam pendidikan yang bisa didapat. Jika teknologi dimanfaatkan dengan baik, banyak manfaat yang bisa diraih dan tentunya akan meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakat Indonesia.

Leave a Reply