5 Hal Menarik Tentang Sosmed yang Mengubah Pandangan Dunia

  • December 27, 2021
  • 106 Views
social media users

5 Hal Menarik Tentang Sosmed – Pengguna sosial media semakin hari semakin banyak. Pilihan media sosial yang digunakan juga tak hanya satu namun beragam pilihan lainnya. Anggapan bahwa penggunaan sosmed mengubah pandangan dunia sepertinya benar karena banyak hal positif yang terjadi seiiring dengan perkembangan sosial media. Berikut beberapa ulasannya.

image 9

5 Hal Menarik Tentang SosMed

1. Hal yang Wajib Dimiliki

Mau tak mau perkembangan dunia digital saat ini akan mendorong masyarakat untuk menggunakan media sosial. Medsos tak hanya bisa digunakan untuk berbagi status atau foto menarik saja namun penggunaannya saat ini bisa lebih luas. Sosmed bisa juga digunakan untuk keperluan bisnis marketing dan juga sebagai pelayanan masyarakat.

Tak hanya itu, sosial media pribadi seseorang juga seringkali dijadikan acuan mengenal latar belakang. Teknik ini sudah banyak digunakan berbagai lini bisnis untuk mengenali calon pelamar kerjanya. Sehingga sosial media saat ini bisa menjadi gambaran profil penggunanya. Maka hati hati dan bijaksana dalam bersosial media ya.

2. Medsos Dalam Aktivitas Perbankan

Aktvitas perbankan juga tak luput dari penggunaan media sosial. Media sosial sangat membantu kinerja bank saat ini. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara online seperti transaksi. Terlebih lagi disaat masa pandemi yang mengharuskan masyarakat tidak berkontak langsung dengan lainnya.

Aktivitas ekonomi tentu tidak boleh serta merta ditinggalkan. Karena akan menyangkut hajat hidup orang banyak. Sehingga banyak bank yang mulai menggunakan bantuan digital seperti sosial media untuk melancarkan transaksi masyarakat. Layanan perbankan mulai terupdate dengan sistem digital yang baru sehingga akan lebih efektif dan efisien.

BACA JUGA  New: 23 Game online web Terbaik, Wajib di Coba

Beberapa contoh transaksi bank yang bisa dilakukan secara online saat ini adalah seperti, transfer uang, membuka rekening bahkan hingga proses mendapatkan pinjaman. Platform media sosial saat ini memang berperan penting dalam menjaga sektor ekonomi tetap berkembang di masa pandemi yang serba terbatas.

3. Medsos Dalam Membantu Layanan Kesehatan

5 Hal Menarik Tentang Sosmed
wartakota.tribunnews.com

Salah satu bidang masyarakat yang sangat terbantu dengan adanya media sosial adalah kesehatan. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti ini, yang mengharuskan masyarakat untuk lebih banyak tinggal dirumah. Sehingga informasi terkait kesehatan akan bisa tersampaikan dengan baik melalu media sosial.

Selain itu, penyuluhan dan anjuran tenaga kesehatan selama masa pandemi juga sangat efektif dilakukan di media sosial. Keluhan terhadap penyakit atau konsultasi dengan dokter bahkan saat ini bisa dilakukan melalui media sosial. Kunjungan dokter rutin bisa dilakukan secara efektif dengan bantuan layanan Skype misalnya.

Namun, masyarakaut tetap harus waspada terhadap maraknya berita hoax ya. Sehingga tak semua informasi atau berita yang tersebar bisa dipercaya begitu saja. Perlu adanya riset atau dasar pengetahuan terlebih dahulu untuk menyaring informasi yang didapat. Mencari kebenaran informasi sebelum menyebarkannya adalah langkah wajib yang harus dilakukan.

4. Medsos Dan Komunikasi Pemerintah

Cepatnya informasi yang menyebar di sosial media ini juga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah dan lembaga pemerintahan lainnya. Penyebaran informasi publik yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat seperti sosialisasi akan sangat efektif bila disampaikan di media sosial. Sehingga saat ini sudah banyak lembaga pemerintah yang mempunyai akun sosmed.

Lembaga pemerintahan sata ini sepertinya sudah wajib mempunyai akun sosial media. Hal ini bertujuan agar komunikasi yang dijalin antara pemerintah dengan masyarakat bisa lebih lancar. Tanggap terhadap keluhan masyarakat dan juga akan memberikan solusi yang tepat juga bisa dilakukan melalui sosial media.

BACA JUGA  Aku Bisa Karena Aku Percaya: Motivasi Kehidupan

Saat ini keluhan dan saran masyarakat dirasa kurang efektif bila dilakukan secara konvensional. Oleh karena itu, jembatan komunikasi berupa media sosial ini sangatlah tepat sebagai ajang keterbukaan informasi pemerintah. Anjuran dan larangan dari pemerintah untuk masyarakatnya akan tersampaikan dengan baik hingga ke masyarakat yang sulit terjangkau.

5. Penggunaan Medsos Tanggap Bencana

Hal positif yang bisa dilakukan lewat media sosial salah satunya adalah tanggap bencana. Informasi yang disebarkan lewat sosial media bisa menyebar sangat cepat. Sehingga bila terjadi bencana di suatu daerah, maka respon cepat masyarakat dan juga bantuan pemerintah akan tersampaikan dengan cara yangcepat juga.

Hal ini tentu adalah suatu yang positif karena korban bencana bisa mendapatkan bantuan dengan cepat. Sehingga efek bencana yang dialami juga tidak akan semakin panjang. Salah satu platform media sosial yang mengakomodir hal ini adalah Facebook. Facebook mempunyai fitur tanggap bencana yang bisa membantu dalam kondisi genting yaitu Safety Check.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna Facebook bisa dengan cepat mengabarkan dimana lokasi bencana dan bagiamana kondisi saat ini. Sehingga pemerintah dan bantuan masyarakat bisa cepat tersalurkan. Fitur dari Facebook ini bisa menjadi salah satu contoh bahwa Sosmed Mengubah Pandangan Dunia.

Menggunaakan sosial media tak hanya mempunyai dampak negatif namun juga banyak dampak positif yang bisa dirasakan. Penyebaran informasi lebih cepat juga akan membantu tersampainya pesan yang baik untuk masyarakat. Walaupun begitu selalu waspada dan hati hati ya saat menggunakan sosmed, karena masih banyak berita hoax yang seringkali mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x