5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara memutihkan gigi secara alami adalah solusi tepat jika Anda sedang mengalami gigi kuning atau hitam. Simak penjelasannya berikut!

Bagaimana cara memutihkan gigi? Gigi putih dan bersih adalah dambaan setiap orang. Selain baik untuk kesehatan, gigi yang putih bersih dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda saat berinteraksi dengan orang lain.

Ada banyak cara untuk memutihkan gigi, seperti menggunakan bahan-bahan alami  atau mengunjungi dokter. Namun, karena keterbatasan waktu dan biaya, beberapa orang mungkin merasa sulit untuk menemui dokter. Solusinya adalah memutihkan gigi yang menguning secara alami.

Baca Juga: Obat keputihan Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Menguningnya gigi dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Tapi jangan khawatir. Ada banyak cara memutihkan gigi secara alami yang bisa menjadi pilihan untuk Anda coba dengan mudah di rumah.

cara memutihkan gigi secara alami

1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Langkah utama dalam memutihkan gigi secara alami adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Dengan melakukan sikat gigi secara teratur minimal dua kali dalam sehari, Anda dapat mengurangi penumpukan kotoran yang bisa membuat gigi menjadi kuning.

Setelah menyikat gigi, Anda juga disarankan untuk menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Gunakan obat kumur sesuai kebutuhan untuk hasil terbaik.

Dirilis dari rsgm.unhas.ac.id beberapa cara untuk menjaga kesehatan mulut dan Gigi adalah

  • Sikat gigi secara teratur, setidaknya minimal 2 kali sehari, waktu terbaiknya adalah setelah makan pagi dan sebelum tidur malam.
  • Ganti sikat gigi secara rutin. Hal ini kondisional sesuai kondisi sikat gigi anda. Idealnya 3 bulan sekali
  • Rajin menyikat lidah, karena lidah adalah salah satu indra yang secara langsung terpapar makanan
  • Pilih pasta gigi yang aman
  • Hindari makanan yang banyak mengandung Gula
  • Makan buah-buahan yang segar
  • Konsumsi makanan seimbangdan kaya kalsium, yang baik untuk kesehatan gigi. Misalnya: susu, keju, ikan, telor, bayam dan agar agar
  • Hindari Stress dan jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi Vitamin C dan makanan bergizi
  • Periksa ke dokter gigi secara berkala
BACA JUGA  Tips manajemen Stress yang Sering Dialami Remaja

2. Sikat gigi dengan soda kue

Sudah lama dipercaya bahwa menyikat gigi dengan pasta yang terbuat dari baking soda efektif dan menjadi cara memutihkan gigi secara alami. Selain dengan membeli produk pasta gigi yang memang mengandung baking soda, Anda pun sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Lalu pasta bisa digunakan secara langsung dengan menggosok gigi menggunakan penyikat seperti biasanya.

3. Berhenti merokok

Tembakau pada rokok merupakan salah satu penyebab noda gigi yang sulit dibersihkan. Dalam jangka panjang, merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut seperti radang gusi dan kanker mulut.

Selain memutihkan gigi secara alami, berhenti merokok dapat membuat tubuh lebih sehat dan juga membantu Anda terhindar dari resiko penyakit lain akibat merokok, seperti penyakit stroke, jantung, dan kanker paru-paru.

4. Berkumur dengan minyak tumbuhan (nabati)

Berkumur dengan minyak nabati seperti minyak kelapa adalah pilihan yang baik untuk memutihkan gigi kuning secara alami. Hal itu karena asam laurat dalam minyak kelapa mengurangi peradangan di mulut dan membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi.

Jika ingin mencobanya, Anda bisa berkumur minyak tumbuhan atau oil pull dengan 1 sendok makan minyak kelapa selama 15-20 menit setiap hari. Namun, Anda harus berhati-hati untuk tidak menelan minyak kelapa.

Setelah selesai berkumur, buang minyak kelapa ke tempat sampah dan gosok mulut dengan sikat gigi seperti biasa.

5. Makan buah yang mengandung asam malat

Asam malat adalah zat alami yang terdapat dalam buah-buahan yang konon bisa memutihkan gigi dan mengurangi noda. Selain mengonsumsi buah-buahan yang mengandung asam malat, Anda bisa mencoba jeruk, nanas, dan pepaya yang dikatakan ampuh memutihkan gigi.

BACA JUGA  New: kenapa masih merasa lelah? padahal sudah istirahat

Selain beberapa cara di atas, disarankan juga untuk mengurangi konsumsi minuman yang dapat menghitamkan gigi, seperti teh, kopi dan soda agar gigi tetap bersih. Selain itu, menghindari minuman ini juga baik karena memang Anda juga bisa menghindari konsumsi gula berlebih.

Baca Juga: Obat Asam lambung Alami

Penutup

Jika cara memutihkan gigi secara alami di atas tampak tidak efektif atau Anda tidak puas dengan hasilnya, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply