4+ Media Pembelajaran Interaktif Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh

  • March 20, 2022
  • 162 Views
4 Media Pembelajaran Interaktif Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh

Media Pembelajaran Interaktif Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh – Kenali berbagai media pembelajaran interaktif untuk menunjang pembelajaran jarak jauh lebih efektif dan tidak membosankan!

Tidak dapat dipungkiri, pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang hingga saat ini masih diterapkan sering kali banyak ditemukan kendala, baik dari sisi guru maupun murid. Tidak adanya komunikasi langsung dua arah secara tatap muka menjadikan pembelajaran jarak jauh dinilai kurang efektif bagi sebagian kalangan.

Murid cenderung bosan dengan materi yang disampaikan oleh guru, ditambah dengan media pembelajaran yang monoton, membuat materi tidak efektif tersampaikan kepada murid. Membuat media pembelajaran yang interaktif merupakan “siasat jitu” yang menjadikan murid akan semakin antusias dan fokus dengan materi yang disampaikan.

PJJ, Tantangan Nyata Bagi Para Guru Saat Ini

Pada masa pandemi saat ini, para guru dituntut untuk dapat memahami dan mengaplikasikan proses pembelajaran jarak jauh melalui media internet. Tentunya saat ini seorang guru perlu memberikan perhatian tambahan kepada murid agar kualitas pengajaran yang diberikan tidak menurun dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya dengan metode tatap muka.

Pengaplikasian metode belajar yang interaktif diyakini dapat meningkatkan antusiasme murid untuk dapat mengambil intisari materi yang disampaikan oleh guru, sekaligus dapat menjadi sebuah hiburan di tengah fokusnya memahami padatnya materi yang disampaikan. Pada akhirnya, guru akan merasa senang dan bangga, di mana murid bisa menyimak dengan penuh fokus pada materi yang disampaikan, sekaligus merasa senang dan tidak bosan dengan penjelasan yang disampaikan.

BACA JUGA  Ikuti 5 Tips Menembus Jurnal Internasional Untuk Pemula

Berbagai Jenis Kombinasi Metode Belajar yang Interaktif

Penggunaan media presentasi dengan berbagai animasi dan ringkasan berbentuk poin adalah salah satu model pembelajaran yang saat ini dipercaya dapat meningkatkan antusiasme murid untuk terus menyimak materi yang disampaikan. Guru juga dapat menyematkan berbagai video penunjang pembelajaran dengan harapan murid dapat mengimajinasikan dalam bentuk visual, sekaligus sebagai sebuah “hiburan” di kala penyampaian materi.

Tak hanya itu, mengadakan kuis interaktif di awal pembelajaran ataupun di akhir penyampaian materi juga dapat menjadikan suasana pembelajaran jarak jauh menjadi semakin menyenangkan. Simak berbagai platform belajar yang bisa digunakan untuk penunjang pembelajaran jarak jauh!

baca juga: 7 Macam Media Pembelajaran, Prinsip dan Contohnya

Media Pembelajaran Interaktif Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh

Ini Dia 4+ Media Pembelajaran Interaktif Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh yang patut dicoba

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, terdapat berbagai langkah jitu untuk memodifikasi model pembelajaran agar penyampaian materi pembelajaran semakin efektif dan mudah diterima. Guru dapat mencoba untuk membuat ringkasan kecil yang dituangkan dalam bentuk presentasi dengan berbagai tambahan animasi, penggunaan template yang unik, menyematkan berbagai video penunjang materi, serta menambahkan berbagai kuis interaktif untuk evaluasi belajar. Berikut berbagai platform model belajar interaktif serta tips mudah yang bisa dicoba:

Microsoft PowerPoint

Tentunya saat ini para guru sudah mulai banyak mengenal tentang platform ini. Ya, Microsoft PowerPoint adalah platform populer untuk membuat dan menampilkan materi dengan bentuk presentasi. Cobalah untuk menggunakan template yang berwarna dan sesuaikan dengan jenjang murid saat ini. Penambahan animasi di setiap elemennya juga menjadi daya tarik murid untuk terus memperhatikan isi poin materi yang disampaikan. Optimalkan pemaparan materi dengan penambahan animasi karakter, penyematan video, penyampaian materi dalam bentuk flowchart, transisi pergantian halaman, dan juga efek suara pendukung.

BACA JUGA  Media Pembelajaran Masa Depan – Guru Vs Teknologi!

Blush Design

Terkadang, ketersediaan animasi karakter yang tersedia pada PowerPoint masih cenderung sedikit. Namun tidak perlu khawatir, platform Blush Design hadir dengan menyediakan berbagai karakter ilustrasi yang menarik untuk memperindah layar presentasi. Tambahkan di beberapa bagian materi yang ditampilkan untuk mengurangi rasa bosan murid ketika membaca sederet materi yang ditampilkan. Jadi, mulai kunjungi https://blush.design/ untuk eksplorasi karakter lebih lanjut!

Canva

Masih dalam bentuk presentasi, guru juga bisa memulai untuk mencoba platform Canva untuk memaparkan materi dengan gaya yang lebih santai dan kasual. Tersedia ribuan template siap pakai dan berbagai karakter ilustrasi yang sangat mudah untuk digunakan. Dengan dukungan template siap pakai, guru dapat mempersiapkan materi dengan sangat cepat dan tentunya dengan tata letak yang ringkas serta perpaduan warna yang memukau.

Kahoot

Ingin memberikan permainan seru yang mendukung proses belajar secara daring? Menggunakan Kahoot adalah jawaban yang tepat, dimana Kahoot merupakan platform kuis pembelajaran yang menyenangkan. Nantinya, guru dapat membuat berbagai soal penunjang materi dan murid mencoba untuk menebaknya sesuai dengan soal yang ditampilkan. Nilai yang didapatkan nantinya akan dihitung seberapa cepat murid menjawab soal dan soal yang dijawab haruslah benar. Rangking keseluruhan akan ditampilkan pada setiap sesi pertanyaan yang membuat murid semakin ingin berlomba mencapai peringkat pertama.

Quizizz

Hampir sama dengan Kahoot, Quizziz juga merupakan platform kuis pembelajaran yang bisa digunakan para guru untuk menunjang pembelajaran murid. Dengan tampilan yang hampir mirip dengan permainan modern di smartphone, menjadikan platform ini banyak disukai oleh para murid dari seluruh negara.

Animasi yang interaktif, adanya fitur-fitur unik seperti penambahan kesempatan ketika salah menjawab soal, dan papan score yang terus bergerak di setiap detiknya, menjadikan platform ini semakin disukai dan dinilai efektif sebagai model pembelajaran yang kekinian. selain itu, anda juga bisa membuat game sederhana berbasis Kuis, misalnya Teka teki Silang (TTS), atau Teka teki Sosial (TTS)

BACA JUGA  4 Ciri Jurnal Internasional Predator yang Perlu Anda Tahu!

baca juga: Cara Membuat Konten Media Pembelajaran yang Menarik

Itulah beberapa platform media pembelajaran yang interaktif yang bisa dicoba untuk memaksimalkan penyampaian materi secara daring. Dengan mengkombinasikan model belajar yang interaktif, diharapkan pembelajaran jarak jauh bukan lagi menjadi sebuah kendala dalam mengajar, namun sebagai wadah belajar yang lebih modern dan menyenangkan.

Leave a Reply

x