Yuk Simak 4 Aplikasi Belajar Untuk membantu belajar kamu!

Aplikasi belajar adalah program yang didesain untuk memudahkan proses pembelajaran. Aplikasi model ini sangat bermanfaat karena juga bisa dimanfaatkan untuk belajar secara mandiri. Aplikasi ini ada yang bersifat spesifik berdasarkan mata pelajaran, ada bersifat umum seperti aplikasi analisis data. Hal ini merupakan salah satu manfaat teknologi bagi Pendidikan, bagi guru dan bagi siswa.

Penggunaan aplikasi belajar belakangan ini semakin gencar, setelah pandemic COVID-19 melanda dunia. Kondisi ini mengharuskan adanya pembatasan aktifitas termasuk dalam Pendidikan dan proses belajar mengajar. Di Indonesia, upaya yang dilakukan agar mengurangi penyebaran COVID-19 ini adalah dengan kebijakan pembatasan interaksi dan kerumunan serta menjaga jarak fisik satu dengan yang lain. Kebijakan ini berdampak pada segala aspek, salah satunya adalah aspek pendidikan berupa berubahnya sistem proses pembelajaran.

Proses pembelajaran  merupakan salah satu aspek penting dari pendidikan di mana merupakan hal terpenting bagi manusia yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Ini karena pendidikan merupakan usaha yang dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas manusia dan pengembangan potensi diri baik secara individual maupun kelompok menjadi manusia yang ideal.

Pandemi COVID-19 memaksa proses pembelajaran untuk dapat dilakukan secara daring sehingga siswa harus lebih banyak belajar secara mandiri. Mulai dari mencari bahan belajar, mengerjakan tugas, membuat esai, sampai menggunakan aplikasi penunjang pendidikan yang membantu.

Aplikasi merupakan program yang dibuat berupa perangkat lunak yang memiliki tujuan tertentu. Dewasa ini, akibat dari adanya pandemi COVID-19, aplikasi menjadi hal yang sangat berguna untuk menunjang segala aktivitas – yang mana di dalamnya termasuk aktivitas penyedia jasa. Penggunaan aplikasi dalam bidang jasa ini dapat digunakan di berbagai bidang antara lain kedokteran, bisnis, ilmu pengetahuan, hingga bahkan jasa pendidikan.

Banyak pengembang perangkat lunak berlomba-lomba untuk membuat aplikasi penunjang pendidikan yang dapat menawarkan suatu kemudahan bagi proses pembelajaran selama sistem pembelajaran daring ini dilaksanakan.

Aplikasi belajar ini merupakan salah satu produk dari teknologi pendidikan yang hadir sebagai solusi untuk membantu masyarakat untuk mencapai proses pembelajaran yang maksimal. Berbagai inovasi terus dilakukan oleh para pencipta aplikasi untuk dapat memfasilitasi masyarakat sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses dan menggunakannya.

Aplikasi belajar sebagai penunjang pendidikan mulai banyak diminati oleh masyarakat. Aplikasi ini membantu masyarakat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, mudah, dan efisien. Terdapat berbagai jenis aplikasi, mulai dari penunjang dalam penulisan, desain grafis, sampai kumpulan beberapa artikel dari jurnal. Aplikasi ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga memberikan hasil yang cukup menarik. Kemudahan yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi ini tidak lain karena permintaan yang tinggi akan dibutuhkannya aplikasi yang dapat menunjang berbagai aktivitas kependidikan.

Mengakses Aplikasi Belajar Penunjang Pendidikan

Selain mudah dan efisien, aplikasi belajar yang sekarang berada dikhalayak umum dapat diakses dengan gratis maupun berlangganan. Fitur berlangganan merupakan fitur berbayar sehingga pengguna merasakan pengalaman penuh untuk menggunakan aplikasi tersebut dan memudahkan masyarakat untuk menggunakannya dengan lebih maksimal. Untuk dapat mengakses aplikasi ini, para pengguna hanya memerlukan perangkat mobile seperti smartphone maupun desktop (komputer atau laptop).

Untuk pengguna desktop, beberapa aplikasi penunjang pendidikan bisa di unduh melalui website resmi dari tiap aplikasi. Untuk pengguna smartphone, aplikasi ini dapat di akses melalui portal penyedia digital yang ada, baik seperti App Store untuk pengguna iOS ataupun Google Play Store bagi platform Android.

aplikasi belajar
Image by Sugiati

Aplikasi yang dapat diakses menggunakan smartphone biasanya mendapatkan lebih banyak umpan balik yang lebih bagus karena lebih mudah digunakan sewaktu-waktu. Banyak aplikasi yang awalnya hanya dapat diakses dengan komputer atau laptop, kemudian muncul untuk dapat digunakan pada smarthphone agar pengguna aplikasi tersebut dapat mengakses lebih mudah di gawainya.

Namun, tidak semua aplikasi penunjang pendidikan dapat membantu proses belajar dengan baik. Banyak aplikasi-aplikasi yang perlu dilakukan perbaikan, pengembangan, sampai peninjauan ulang terhadap proses berjalannya aplikasi tersebut. Para pengguna perlu dengan cermat dan berhati-hati dalam memilih aplikasi sehingga tidak jatuh pada keputusan yang salah.

Untuk bisa mendapatkan aplikasi yang terbaik, tentu akan sangat repot apabila dilakukan dengan cara mencoba satu per satu aplikasi yang tersedia. Oleh karena itu, terdapat fitur ulasan dan komentar mengenai aplikasi tersebut. Dari ulasan para pengguna dapat dilihat apa saja kekurangan dan kelebihan aplikasi tersebut berdasarkan pengalaman pengguna lainnya yang telah lebih dahulu menggunakan.

Fitur ulasan ini memiliki penilaian berdasarkan “bintang” yang diberikan dengan skala 1 sampai dengan 5 bintang, semakin banyak bintang, maka semakin bagus aplikasi tersebut. Aplikasi dengan tampilan paling menarik, mudah digunakan, gratis, dan gampang diakses biasanya akan mendapatkan ulasan dengan kisaran 4-5 bintang. Seperti yang disebutkan di awal, ulasan juga dapat dilengkapi dengan komentar dari para pengguna mengenai detail aplikasi termasuk dengan keluhan terhadap aplikasi yang kemudian dapat ditanggapi oleh pihak developer.

Ulasan ini juga tidak hanya berguna untuk para pengguna yang akan mengunduh, tapi juga berguna untuk mendapatkan masukan bagi pengembang mengenai program-program dan fitur-fitur dari aplikasi yang perlu pembaharuan, perbaikan, maupun saran. Ini berguna agar pihak pengembang bisa mendapatkan umpan balik yang layak mengenai fitur sekiranya perlu ditambahkan pada aplikasi. Harapannya, aplikasi ini bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi kedepannya.

BACA JUGA  Manfaat Teknologi pada Pembelajaran Bagi Siswa dan Guru

Kali ini, kami juga akan merekomendasikan beberapa aplikasi belajar penunjang pendidikan yang mendapatkan ulasan baik karena dapat diakses dengan mudah pada perangkat para pengguna dan juga di website masing-masing. Adapun aplikasi tersebut antara lain Grammarly, Canva, Microsoft Math Solver, dan Academia.edu. Keempat aplikasi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Untuk pengguna yang memerlukan bantuan dalam tata bahasa, dapat menggunakan Grammarly; Canva bisa digunakan sebagai media desain grafis; bagi mereka yang memerlukan bantuan dalam mencari artikel serta mensitasinya, dapat menggunakan Academia.edu; sedangkan bagi yang kesulitan memecahkan soal-soal matematika, bisa berkonsultasi pada Microsoft Math Solver. Berikut penjelasan singkat mengenai setiap aplikasi penunjang pendidikan agar dapat mengetahui lebih jelas mengenai aplikasi tersebut dan tempat untuk mengaksesnya.

4 aplikasi belajar matematika, Bahasa, desain dan referensi

Microsoft Math Solver

Aplikasi belajar yang pertama adalah Microsoft Math Solver. Dari namanya saja, kita pasti sudah bisa mengira dua hal: (1) aplikasi ini merupakan besutan perusahaan Microsoft, sang “punggawa” dari sistem operasi perangkat desktop ternama yaitu Windows; (2) aplikasi ini membantu para penggunanya dalam menyelesaikan berbagai problem matematis. Ya, Microsoft mampu melihat celah pada pangsa pasar aplikasi yang belum terjamah: perangkat lunak pengolah angka.

Tentu banyak orang sudah paham bahwa pada platform desktop, persaingan antara Microsoft Excel dan IBM SPSS sudah begitu masif. Namun, pada industri perangkat lunak mobile, pasar yang ada masih terbilang sangat luas: belum adanya brand besar yang mampu memonopolinya. Karena itulah Microsoft melalui aplikasi Microsoft Excel dan Math Solver-nya hadir untuk mendominasi.

Aplikasi ini sendiri dirancang untuk dapat menyelesaikan berbagai problem matematis sederhana hingga tingkat menengah. Hal-hal seperti Pra-Aljabar (Mean, Modus, Faktor Persekutuan Terbesar, Kelipatan Persekutuan Terkecil, dsb.), Aljabar (Faktorial, Matriks, Persamaan Linear, dll.), Trigonomoteri (Grafik, Evaluasi Trigonometri, dst.), hingga bahkan Kalkulus (Limit, Integral, etc.)

Grammarly

canva dan grammarly di android
image by Sugiati

Grammarly merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengecek penggunaan tata bahasa Inggris secara online dan dapat mengoreksi kesalahan dalam menulis. Grammarly juga dapat memberikan rekomendasi kata yang akan digunakan dalam sebuah tulisan sehingga terdapat variasi kata dalam tulisan tersebut. Grammarly telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta pengguna dan mendapat ulasan sebesar 4.2 bintang dari pengguna Google Play Store dengan ulasan bahwa aplikasi ini sesuai dengan kegunaannya.

Meski begitu terdapat juga beberapa pengguna yang menyatakan bahwa sesekali aplikasi ini kurang cepat dalam memproses. Ada juga yang menyarankan bahwa aplikasi Grammarly tidak memiliki fitur selengkap layanan yang ada di website mereka. Aplikasi ini juga disediakan dalam dua pilihan yakni aplikasi gratis dan berbayar.

Untuk fitur yang didapatkan pada pilihan gratis hanya dapat diakses selama 1 bulan pertama penggunaan, untuk bulan selanjutnya dapat dilanjutkan dengan berlangganan Grammarly Premium. Ini dapat memberikan akses ke seluruh fitur yang ada secara leluasa. Aplikasi Grammarly dapat digunakan melalui desktop (website, komputer, atau laptop) serta mobile (Android dan iOS).

BACA JUGA  Integrasi Indonesia Quotient (IndQ) dalam kurikulum PAI sebagai upaya penanaman nilai moderasi beragama

Canva

Canva merupakan aplikasi penunjang pendidikan yang dapat digunakan untuk mendesain berbagai media grafis agar lebih menarik. Dalam praktiknya, Canva sering digunakan untuk mendesain pamflet, poster, sampai materi presentasi. Terdapat pula beragam contoh desain yang dapat digunakan. Beberapa contoh default yang dapat digunakan sebagai desain awal sangat memudahkan seluruh pengguna yang masih awam tentang dunia desain grafis.

Aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta pengguna dan mendapatkan ulasan sebesar 4.8 bintang dari pengguna Google Play Store. Sebagian besar ulasan berisi kepuasan para pengguna akan aplikasi ini yang berjalan sesuai dengan kegunaannya. Namun juga ada beberapa pengguna yang menyatakan ketidakpuasan mereka terhadap berbagai pembaharuan yang diberikan pihak pengembang. Canva dapat diakses secara gratis namun dengan pilihan desain yang terbatas. Untuk mendapatkan pilihan desain yang lebih banyak, dapat beralih untuk berlangganan Canva Premium.

Academia.edu

Dan aplikasi terakhir adalah Academia edu. Merupakan aplikasi yang bermanfaat bagi civitas academica, Academia.edu ini dapat digunakan untuk mempublikasi dan menyebarkan secara luas dokumen hasil karya tulis ilmiah (KTI) para peneliti secara gratis. Selain menyebarluaskan dokumen KTI, aplikasi ini juga dapat memantau seberapa banyak pengguna yang mengakses dan mengunduh dokumen yang telah di publikasi tersebut.

Aplikasi ini juga dapat dijadikan sebagai sumber referensi gratis. Academia.edu telah di unduh sebanyak lebih dari 1 juta pengguna dan mendapatkan ulasan sebesar 4.8 bintang dari pengguna Google Play Store. Sama halnya dengan Grammarly dan Canva, sebagian besar ulasan mereka berisi kepuasan pengguna karena aplikasi ini sesuai dengan kegunaannya serta memudahkan para pengguna untuk mencari referensi maupun bacaan yang diinginkan.

Aplikasi ini dapat diakses secara gratis untuk mencari sumber referensi, namun pengembang aplikasi ini juga menciptakan fitur premium. Melalui pilihan berlangganan, pengguna bisa mendapatkan berbagai fitur lanjutan seperti analisis data pekerjaan maupun peringkat profesionalitas.

Maka inilah pembahasan mengenai artikel aplikasi penunjang pendidikan yang berjudul “4 Aplikasi Penunjang Pendidikan Yang Dapat Memudahkan Pembelajaran”. Melihat pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sudah banyak bermacam-macam aplikasi penunjang pendidikan yang dibuat oleh berbagai pengembang aplikasi. Mereka secara khusus dirancang untuk mempermudah aktivitas belajar-mengajar yang dilakukan penggunanya. Tentu tak hanya Grammarly, Canva, Microsoft Math Solver, dan Academia.edu saja – masih banyak juga aplikasi penunjang pendidikan lainnya di luar sana. Maka, harus makin semangat belajar ya!

Leave a Reply