2 Trik Sulap Matematika – cara mudah belajar matematika

  • April 9, 2022
  • 57 Views
trik sulap matematika

Trik sulap matematika selain sebagai metode belajar matematika, juga bisa menjadi solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran matematika.

Bermain sambil belajar, atau belajar sambil bermain kira kira demikian ungkapan persuasif untuk menarik minat belajar anak anak. Begitu pentingnya belajar hingga saat ini berkembang berbagai media pembelajaran, teori pembelajaran dan metode pembelajaran.

Berbagai inovasi pembelajaran dikembangkan tujuannya untuk memberikan kemudahan bagi pendidik dan pelajar. Termasuk media pembelajaran melalui permainan yang dikenal dengan istilah game edukatif. Misalnya game edukatif Teki teki silang, game role playing. Selain itu, media pembelajaran juga berkembang pesat mengikuti inovasi teknologi saat ini.

Berbagai media pembelajaran tercipta dalam rangka meningkatkan kemudahan akses pembelajaran dalam berbagai kondisi. Learning management system (LMS) mutlak dibutuhkan untuk memberikan “pelayanan” maksimal pelajar atau mahasiswa dalam akses sumber belajar.

Metode pembelajaran juga dikembangkan sedemikian rupa dalam rangka memenuhi capaian pembelajaran baik dalam aspek kognitif, psikomotorik dan Afektif. Namun, belajar sesungguhnya tidak melulu soal teori belajar, tidak hanya soal media pembelajaran modern padat teknologi, tidak berkutat pada teori yang terkadang membosankan bahkan menurunkan minat belajar. Beberapa mata pelajaran banyak diminati oleh siswa, sementara beberapa mata pelajaran sangat “dibenci”.

Salah satu pelajaran yang banyak di sukai sekaligus tidak sedikit yang “benci” adalah matematika. Bahkan, untuk pelajaran matematika sudah terkonstruksi sebagaimana mata pelajaran yang susah dan menakutkan (Sirait, 2016; Sriyanto, 2017; Patahuddin & Rokhim, 2009),. Matematika juga dianggap  membosankan, jawabannya terlalu pasti tidak bisa berkreasi, Soalnya jauh lebih sulit dari materi yang diberikan.

Daftar Isi

Game edukatif: Trik Sulap Matematika sebagai alternatif model pembelajaran

Menumbuhkan minat pada pelajaran bukanlah hal mudah, secara teoritis banyak sekali faktor yang berpengaruh pada kepeminatan siswa pada mata pelajaran. Misalnya menurut Khairani  (2017) terdapat tiga faktor, inner urge factor berupa stimulus yang datang dari lingkungan atau ruang lingkup yang matching dengan keinginan dan kebutuhan siswa. Kedua the factor of social motive yaitu faktor eksternal yang datang dari pengaruh motif sosial. Ketiga adalah emosional factor yang lebih subyektif berupa perasaan atau emosi siswa terhadap objek (mata pelajaran).

Pemilihan metode yang tepat, dapat mendorong inner urge factor dalam mendorong minat siswa pada mata pelajaran matematika. Nah untuk itu dalam artikel ini akan diuraikan trik sulap sederhana untuk menghidupkan suasana belajar yang interaktif.

Manfaat dari metode trik sulap matematika sederhana ini adalah:

  • Melatih kemampuan berhitung cepat, penjumlahan, perkalian, pembagian
  • Memper erat emosional antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa
  • Merangsang kemampuan berfikir analitik kritis karena metodenya dapat dikembangkan dan dikreasikan dalam praktiknya

Berikut triknya: Membaca hati dengan matematika

Memanfaatkan rumus dasar matematis penjumlahan, perkalian dan pembagian.

Permainan ini dimainkan minimal 2 orang, beramai ramai satu kelas juga bisa dan lebih seru bak pertunjukan sulap profesional.

Rumus yang harus dikuasai adalah :

  1. A X B + A : A = B+1 ini rumus dasar 1
  2. A + A X B : A = 2B    ini rumus dasar 2

Dari kedua rumus ini bisa dikembangkan menjadi banyak sekali, misalnya:

A x B + A+A+A : A = B+3 . jika ditambah A sebanyak 3 kali, maka hasilnya B+3 dst

A + A x B + A: A = 2B+1 . Jika ditambah A sebanyak 1 kali maka hasilnya 2B+1 DST

Bagaimana cara bermainnya?

  1. Pilihlah satu siswa atau teman anda (random) untuk maju kedepan. Misalnya namanya Rudi
  2. Mintalah Rudi untuk memilih satu angka antara 1 – 9 di dalam hati. Cara ini anda bisa menggunakan kartu angka 1 – 9. Tunjukkan kartunya minta si Rudi memilih salah satu dan menyimpannya “Dihati” tidak usah diungkapkan. Angka ini kita anggap sebagai “Angka pertama”
  3. Kemudian minta ke Rudi untuk mengalikan angka pertama tadi dengan angka (terserah anda, atau anda minta audiens untuk menyebutkan satu angka pengali). Angka pengali ini adalah B (dalam rumus diatas).
  4. Setelah rudi sudah selesai menghitung, minta rudi untuk menambahkan dengan angka pertama
  5. Seelah minta lagi untuk di bagi dengan angka Pertama. Maka hasilnya adalah B+1. Yuk kita visualisasikan:
BACA JUGA  Globalisasi, Siapa Untung Siapa Buntung

Misalnya rudi memilih angka 7 (angka pertama)

Kemudian dikalikan dengan angka 8 (B dalam rumus). Maka hasilnya adalah 8+1 atau 9.

7 x 8 + 7 : 7 = 9

Nah anda sudah tahu bahwa hasilnya adalah 9. Meskipun anda tidak tahu berapa angka pertama yang dipilih oleh rudi.

Saatnya anda memainkan trik yang sesungguhnya.

Mintalah Rudi untuk menambah angka misalnya 10 maka = 19. Minta mengalikan dengan angka 3, = 57. Minta lagi ditambah dengan angka 3, = 60. Minta membagi dengan angka 10, = 6. Dan seterusnya sepuas anda. Sesekali anda minta kepada audiens untuk ikut berpartisipasi menyebutkan angka pengali, penambah atau pembagi. Catatan pentingnya adalah anda harus ikut berhitung juga. Setelah puas bermain trik, saatnya anda seolah menebak hasil akhirnya.

Untuk menyampaikan hasil akhirnya anda bisa berkreasi, misalnya mengkaitkan dengan sesuatu. Misal hasil akhirnya adalah 20, anda bisa menanyakan kepada siswa yang muslim berapa sifat wajib Allah jawabannya adalah 20. Sesuai dengan hasil akhir dari permainan tadi. Anda bisa menentukan hasil akhirnya dengan memainkan angka pengali, penjumlah ataupun pembagi sesuai keinginan anda.

Trik ini juga berlaku untuk rumus ke 2 ( A + A X B : A = 2B).

trik sulap matematika

Bagaimana mudah bukan…..

Trik kedua adalah memanfaatkan rumus magic mathematics penjumlahan 5 digit angka sebanyak 5 baris.

Rumus dasar yang harus dikuasasi adalah pada baris ke 3 dan 5 . baris ke 3 dan 5 ini nanti anda yang menuliskan.

Rumus menebak hasil penjumlahan:

  1. Digit ke lima anda kurangi dengan angka 2
  2. Tambahkan angka 2 sebagai digit pertama. Misalnya : 3 7 5 2 8 . kurangi angka 8 – 2 = 6. Tambahkan angka 2 di depan. Maka hasilnya adalah  2 3 7 5 2 6.
trik sulap matematika, magic mathematics

Cara bermainnya:

  1. Minta salah satu siswa atau teman anda untuk menulis 5 digit angka bebas asal tidak nol semua.
  2. Tulislah jawaban pada secarik kertas dengan mengikuti rumus diatas. Simpan atau berikan kertas tersebut kepada audiens untuk disimpan dan dibuka nanti setelah permainan selesai untuk mencocokkan tebakan jawaban anda.
  3. Kemudian minta siswa atau teman anda yang lain untuk menulis 5 digit angka dibawah angka yang tadi ditulis oleh siswa pertama.
  4. Baris ketiga adalah tugas anda untuk menuliskan angka. Pedomannya: perhatikan angka pada baris kedua yang ditulis oleh siswa kedua. Rumusnya anda harus menuliskan angka yang jika dijumlahkan dengan angka diatasnya hasilnya adalah 9.
  5. Minta satu lagi siswa atau teman anda untuk menulis 5 digit di baris ke empat
  6. Baris kelima tugas anda yang menulis angka 5 digitnya. Pedomannya sama dengan baris ketiga diatas.
trik sulap matematika

Berikut contohnya:

BACA JUGA  New: Landasan Epistemologis dalam filsafat Ilmu

Misalnya siswa pertama menuliskan angka :  7 3 9 6 7 maka hasil akhir penjumlahan adalah 2 7 3 9 6 5

trik sulap matematika

Kemudian minta salah satu siswa untuk menghitung hasil penjumlahan 5 baris angka tersebut. Maka ajaib hasilnya adalah 2 7 3 9 6 5 sama dengan angka yang anda tulis pertama kali disecarik kertas. Padahal angka baris ke 2, 3, 4 dan 5 belum dituliskan. Mudah bukan….

Itulah trik sulat matematis sederhana yang mungkin bisa anda pakai untuk belajar matematika dengan menyenangkan. Sebenarnya untuk trik sulap pertama diatas masih bisa di kreasikan lagi. Anda bisa berkreasi dengan sentuhan trik sederhana bisa transfer angka Pertama (Yang di pilih Rudi diatas) kepada teman yang lain. Jadi justeru teman anda yang lain yang tahu angka pertama dari Rudi. Next time insyaAllah akan saya share.

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

x