16 Tips Tetap sehat di Musim Hujan dan Pancaroba

  • April 7, 2022
  • 43 Views
IMG 20170214 WA0004 e1649298494386

Tips Tetap sehat di Musim Hujan – Cuaca dingin karena hujan ini biasanya mudah menurunkan kekebalan tubuh manusia dan mempercepat perkembangan penyakit.

Musim penghujan, iklim di Indonesia biasanya terasa dingin disebabkan hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam. Cuaca dingin karena hujan ini biasanya mudah menurunkan kekebalan tubuh manusia dan mempercepat perkembangan penyakit. Maka tak heran jika musim hujan, cuaca dingin banyak sekali orang yang sakit.

Untuk itu, kita perlu waspada penyakit saat musim Hujan, terlebih saat berpuasa. Kondisi tubuh harus beradaptasi dengan pola makan dan pola tidur baru. Disertai kondisi cuaca dingin dan terkadang berubah secara drastis. Atau masa masa menjelang pergantian musim.

Pergantian Musim Kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya, kemarau ke musim penghujan ini biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan, hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya.

Hal ini semakin mempengaruhi stabilitas kekebalan tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu referensi literasi kesehatan khususnya tips musim hujan agar terhindar dari penyakit.

Tips Tips Tetap sehat di Musim Hujan

Kondisi setiap porang berbeda beda – Terkdang untuk beberapa orang, kehujanan beberapa kali tidak berpengaruh pada tubuh mereka, namun ada pula sebagian orang yang hanya sekali terkena hujan, langsung terkena demam esok harinya. Nah, agar tetap sehat, yuk ikuti tips musim hujan berikut ini:

Selalu membawa payung atau jas hujan

Sedia payung sebelum hujan, nampaknya ini bukan sekedar peribahasa. Tips musim hujan yang pertama adalah membawa payung atau jas hujan. Saat musim hujan dan musim peralihan, Kedua benda ini penting sekali dibawa ke mana pun Anda pergi apalagi saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, namun, Anda tidak akan tahu cuaca pada siang atau sore hari. Bisa jadi Anda akan terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

Konsumsi makanan sehat

Kondisi tubuh seseorang dipengaruhi oleh suhu disekitarnya, Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Jadi, terapkanlah tips musim hujan ini dengan perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

BACA JUGA  6 Manfaat Kurma Bagi tubuh saat berpuasa

Cuci tangan dengan sabun atau handsanitiser

Makanan sehat dapat memperkuat imunitas tubuh. Jadi ketika musim dingin, kondisi tubuh anda akan mampu menyesuaikan diri dan lebih kebal terhadap seerangan penyakit.

Kebersihan sangat penting untuk kesehatan. Bahkan dalam satu hadits disebutkan “Kebersihan adalah bagian dari Iman”. Tentu saja ini adalah fakta dan realita tak terbantahkan. Kebersihan mencakup lingkungan dan tubuh, anggota badan. Salah satu anggota badan yang paling sering digunakan dan bersentuhan dengan benda adalah Tangan. Jadi tangan adalah anggota paling beresiko terhadap masalah kebersihan.

Tips Tetap sehat di Musim hujan

Tips kesehatan musim hujan yang satu ini tak kalah penting. Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah. Tangan adalah tempat yang sangat berpotensi menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

Minum air mineral dan sesekali teh herbal

Bapak filsuf Modern, Thales pernah bertanya “apa sebenarnya unsur materi yang tersusun mewujudkan cakrawala dan kehidupannya ini”?, ia jawab sendiri dengan satu “Air”. Iya, air adalah unsur penting dalam kehidupan manusia. Bahkan manusia bisa mati jika tidak mendapatkan asupan air dalam kurun waktu tertentu. Ini lebih penting dari asupan makanan, karena manusia masih bisa bertahan hidup meskipun tidak makan, asalkan ia terus minum air.

Dalam ilmu kedokteran, Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Tidak hanya itu, dalam tips kesehatan musim hujan ini penting juga untuk memastikan bahwa air yang Anda minum adalah bersih dan matang.

Selain air putih, Minum teh herbal juga baik sekali untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi diminum dalam kondisi hangat.

Jaga kebersihan lingkungan

Lingkungan yang sehat akan membantu anda menjaga kesehatan. Sebersih apapun tubuh dan diri anda, namun ketika lingkungan anda tidak bersih, maka anda beresiko besar terserang penyakit. Jadi, tips ini harus anda terapkan selain menjaga kebersihan diri sendiri.

Musim hujan membuat badan anda rawan sekali terhadap segala macam penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang mengendap di halaman rumah, ini bisa membawa penyakit. Jadi, sangat penting untuk menjalani tips menjaga kesehatan di musim hujan dengan membersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyakit bersarang.

BACA JUGA  Yuk Ketahui Gizi Isian Es Khas Ramadan, Kolang kaling - cincau

Menambah Asupan Vitamin C

Tingkatkan asupan Vitamin C dalam suplemen dan bahkan bentuk alami untuk mencegah virus flu bisa menjadi tips musim hujan yang sangat musah. Mendapatkan vitamin C yang baik seperti jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, dan bawang putih dikenal sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi buah kering alami dengan kandungan Vitamin C juga membantu mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, tekanan darah tinggi, dan masalah mata terkait usia. Makanan tersebut dapat dimakan setelah dimasak, mentah, atau bahkan dikeringkan dan biasa digunakan dalam smoothie, teh herbal, obat-obatan, dan jus.

Mandi setelah kehujanan

Malas Mandi? Terlebih ketika musim Hujan. Jangankan setelah kehujanan, bangun tidur saja malas mandi ketika musim hujan. Nah anda harus merubah kebiasaan ini. Karena dengan mandi ini akan membersihkan tubuh lebih maksimal. Bagian dari tubuh manusia terlebih dibagian lipatan-lipatan tubuh atau bagian yang tersembunyi dan lembab sangat rentan menjadi sarang bakteri. Oleh karena itu mandi adalah salah satu solusinya.

Mandi setelah kehujanan juga sangat penting. Mungkin tips menjaga kesehatan di musim hujan ini terdengar konyol tetapi mandi setelah kehujanan dapat membantu mengusir banyak infeksi. Saat mandi, tambahkan beberapa tetes Dettol atau Savlon ke dalam bak air untuk menghilangkan kuman.

Kelola stress dengan baik

kerjaan menumpuk, atau cucian banyak sementara cuaca mendung dan hujan terus. hal sepele tapi kadang memicu terjadinya stress. kondisi stress ini dapat menurunkan kekebalan tubuh anda. mempengaruhi selera makan yang akhirnya juga rentan terhadap penyakit. oleh karena itu, anda harus mampu mengendalikan emosi, mengelolanya dengan baik. alihkan pada beberapa hal positif ketika anda mulai stress dengan keadaan. misalnya sekedar nonton video lucu, bermain dengan anak, ataupun menulis jika anda hoby menulis.

Kurangi makan di luar

Tips musim hujan ini memang agak sulit bagi Anda yang suka makan di pinggir jalan. Mulai sekarang cobalah menghindari makan makanan di pinggir jalan, terutama saat musim hujan. Musim penghujan menyebabkan lingkungan lembab dan menyuburkan bibit bibit penyakin. Dan mungkin saja bertebaran ke sekitarnya, termasuk ke makanan yang dijajakan dipinggir jalan. Terlebih ketika tidak dilindungi atau tidak dibungkus dengan baik, dibiarkan terbuka begitu saja.  

Selain mengurangi atau bahkan menghindari makan di Luar, Anda juga harus menambahkan lebih banyak makanan bergizi dalam menu makan Anda untuk menghindari kontaminasi. Selain itu, makan makanan yang dimasak di rumah dalam keadaan masih panas sangat dianjurkan selama musim hujan untuk mencegah batuk, pilek atau penyakit lainnya.

Hindari dinding basah atau lembab

Mungkin Anda baru mendengar tips musim hujan ini. Perlu Anda ketahui, dinding basah adalah tempat berkembang biaknya jamur yang menyebabkan banyak alergi dan juga memicu asma. Oleh karena itu hindari mendekati dinding yang basah atau menyingkirkannya jika Anda memilikinya di rumah.

BACA JUGA  Tips mengatasi sakit kepala saat berpuasa

Penolak serangga

Jumlah nyamuk dan serangga biasanya akan meningkat saat musim hujan. Untuk mencegah gigitan nyamuk dan tetap aman dari gigitan serangga lainnya, disarankan untuk menggunakan penolak serangga ringan.

Selain menggunakan produk penolak seranggga ringan,  Manfaatkan kelambu jika anda memilikinya untuk mencegah malaria yang merupakan penyakit paling umum selama musim hujan. Juga jauhi air yang tergenang yang dikenal sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk.

Gunakan pakaian hangat

Saat dingin karena hujan, kenakanlah pakaian hangat atau pakaian tebal untuk menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah tubuh kedinginan. Agar kondisi tetap stabil dan tidak mudah sakit. Menerapkan tips musim hujan ini juga penting jika Anda ke luar rumah.

Hindari menyentuh wajah Anda

Menyentuh mata dan wajah Anda ternyata akan meningkatkan risiko infeksi, karena tangan Anda mungkin telah terkontaminasi oleh bakteri atau virus saat musim hujan. Jadi, usahakan untuk tidak menyentuh wajah, sekalipun bagia wajah sedang gatal. Bila ingin menyentuh wajah, cucilah tangan hingga bersih terlebih dahulu. Tips ini juga berlaku jika anda ingin menyentuh bagian tubuh lain yang sensitif dan rentan akan infeksi.

Konsumsi makanan berserat tinggi

Urusan makan ini agaknya menyenangkan. Namun anda harus memperhatikan asupan gizi dari makananan anda selama musing penghujan. Makanan berserat tinggi juga dapat membantu mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan melindungi tubuh dari infeksi flu dan pencernaan. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti alpukat, apel, pisang, pir, wortel, brokoli, bayam dan makanan berserat tinggi lainnya.

Kenakan alas kaki dengan baik

Cacing dan jamur dapat masuk ke tubuh melalui kaki, jadi selalu pakai alas kaki dengan benar saat keluar rumah. Pastikan juga kaki Anda selalu dalam keadaan bersih dan menggunakan sepeti atau sandal yang bersih. Tips kesehatan musim hujan yang perlu Anda perhatikan adalah jika sepatu basah karena kehujanan, selalu siapkan sandal di kantor. Pakailah sandal jika keluar rumah di saat hujan.

Tutup mulut Anda saat bersin

Jika disekitar Anda banyak orang atau sedang di kantor, tutupi mulut dan hidung Anda dengan kertas tisu, sapu tangan, atau bagian dari pakaian Anda saat bersin atau batuk. Tips menjaga kesehatan di musim hujan ini dapat mengurangi penyebaran virus atau bakteri.

Itulah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Selamat mencoba.

Source: doktersehat.com

Leave a Reply

x