10 Macam Layanan Digital Perbankan Di Indonesia

  • May 26, 2022
  • 39 Views
Layanan Digital Perbankan di Indonesia

10 Macam Layanan Digital Perbankan Di Indonesia – Teknologi informasi saat ini sudah memasuki berbagai sisi kehidupan, salah satunya penggunaan teknologi dalam bidang keuangan. Tren ini dikenal dengan nama financial technology (fintech).

Bank-bank di Indonesia pun ikut andil dalam memberikan layanan fintech terbaik seperti meluncurkan berbagai macam layanan digital perbankan di Indonesia dalam menarik calon pengguna dengan masing-masing kelebihan yang dimiliki.

Adapun beberapa layanan digital perbankan di Indonesia adalah sebagai berikut.

10 Macam Layanan Digital Perbankan Di Indonesia

Layanan Digital Perbankan di Indonesia
detik.com

#1 Internet Banking

Internet banking merupakan layanan transaksi perbankan melalui internet dengan cara mengakses website milik bank yang dilengkapi dengan sistem keamanan cukup tinggi.

Saat ini, hampir semua bank telah menyediakan layanan internet banking untuk memudahkan interaksi penerimaan, pengiriman maupun pengecekan mutasi secara fleksibel dimanapun dan kapanpun hanya mengandalkan internet saja.

Contoh Layanan Internet Banking : Mandiri Internet, Internet Banking BRI, BNI Internet Banking, KlikBCA, CIMB Clicks, BTPN Sinaya Online, Danamon Online Banking, PermataNet, Citibank Online, dan semacamnya.

#2 Mobile Banking

Mobil banking merupakan layanan transaksi perbankan melalui aplikasi telepon seluler (smartphone). Untuk menggunakannya, dibutuhkan akses internet dan aplikasi bank yang sudah terinstall.

Hampir semua bank sudah menerapkan layanan mobile banking untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi.

Contoh Layanan Mobile Banking : Mandiri Mobile, Mobile Banking BRI, BNI Mobile Banking, M-BCA, Go Mobile (CIMB), D-Mobile (Danamon), Digibank (DBS), dan lain sebagainya.

#3. SMS Banking

SMS Banking merupakan layanan transaksi perbankan menggunakan fitur SMS atau pulsa. Untuk menggunakan layanan ini, tidak perlu menggunakan akses internet, website maupun aplikasi. Cukup memiliki pulsa yang cukup untuk bisa menggunakannya.

Contoh Layanan SMS Banking : Mandiri SMS, SMS Banking BRI, BNI SMS Banking, Permata SMS Navigator, Citi Mobile SMS, dan lainnya.

#4 ATM (Automatic Teller Machine/Anjungan Tunai Mandiri)

ATM termasuk ke dalam layanan perbankan digital yang biasanya berada di tempat-tempat umum berbentuk sebuah mesin khusus untuk melayani sebuah transaksi perbankan.

Keunggulan ATM dibanding layanan perbankan digital lainnya: ATM bisa untuk tarik tabungan tunai secara mudah dan cepat.

Contoh Layanan ATM : ATM BRI, BNI ATM Drive Thru, Permata Mini ATM, dll.

#5 Uang Elektronik (Berbasis Chip & Server)

Uang elektronik atau uang digital (e-money) adalah uang yang digunakan dalam transaksi elektronik.

Nah, “berbasis chip” di sini maksudnya adalah transaksi elektronik menggunakan kartu khusus yang telah ditanamkan chip.

Sebelum melakukan transaksi, pemakai kartu ini harus menyimpan uang digital dulu ke dalam chip kartu tersebut.

Cara pembayaran dengan menggunakan kartu ini, nasabah cukup tap atau meletakan kartunya ke mesin transaksi khusus, otomatis saldo uang digital dalam kartu itu akan berkurang.

Contoh Layanan Uang Elektronik : Mandiri e-Money, BRIZZI, Tap Cash (BNI), Flazz (BCA)

Sementara itu, “berbasis server” artinya uang elektroniknya disimpan ke server. Nasabah bisa mengakses uang digitalnya menggunakan aplikasi telepon selular khusus, jadi transaksinya harus online.

Contoh Layanan Uang Elektronik Berbasis Server : UnikQu (BNI), Sakuku (BCA)

#6 Phone Banking

Phone Banking adalah suatu layanan transaksi perbankan melalui telepon. Disini untuk melakukan transaksi, nasabah perlu menghubungi nomor telepon tertentu dari bank untuk melakukan transaksi ataupun terkait permasalahan yang dialami.

Contoh Layanan Phone Banking : Mandiri Call, BNI Phone Banking, BCA by Phone, PermataTel, Halo Bukopin

#7 Rekening Ponsel

Nasabah dapat melakukan transaksi perbankan dengan nomor teleponnya. Nomor telepon ini yang akan berfungsi sebagai rekening bank. Pada beberapa bank tertentu, nasabah bahkan tidak perlu melakukan pembukaan rekening di kantor cabang bank, cukup dengan menggunakan teknologi USSD.

Contoh Layanan Rekening Ponsel : Mandiri e-Cash, T-Bank (BRI), DUITT (BCA), dan lainnya.

#8 Payment Gateway

Fintech Payment Gateway adalah layanan dalam dunia e-commerce atau belanja online. Nasabah menggunakan layanan ini untuk bertransaksi jual-beli secara online yang dilengkapi dengan otorisasi khusus agar antara penjual dan pembeli bisa saling percaya.

Contoh Layanan Payment Gateway : E-Pay BRI, BCA Klikpay

#9 Branchless Banking atau Laku Pandai

LAyanan KeUangan tanPA kaNtor Dalam rangkA keuangan Inklusif (Laku Pandai) adalah program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Jadi, masyarakat di pedesaan bisa bertransaksi melalui si agen bank ini tanpa harus jauh-jauh pergi ke kantor cabang bank.

Contoh Branchless Banking : Mandiri Branchless Banking, BRILink, Agen46 (BNI), LAKU (BCA), dan lainnya.

#10 EDC

Mesin Electronic Data Caputre (EDC) merupakan mesin kecil yang digunakan untuk melakukan transaksi NON-TUNAI melalui kartu ATM dengan cara menggesek ataupun menancapkannya ke dalam mesin tersebut.

Mesin ini umumnya bisa ditemui di pusat perbelanjaan, seperti minimarket yang digunakan pada kasir.

Contoh Layanan EDC : Mandiri EDC, Smart EDC (BRI), EDC Bizz (BCA), dan lainnya.

Leave a Reply